banner ad Startup UIN

FDIK UIN Suska Riau Launching Radio Suska FM

Yang nulis on di UIN Pekanbaru | Jun 25, 2013 | 0 Komentar

Rektor UIN Suska Riau dalam sambutannya mengatakan, keberadaan radio sangat penting untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan kampus agar diketahui oleh khalayak. Dengan adanya radio kampus, maka informasi-informasi berkaitan dengan UIN Suska juga dapat disampaikan kepada khalayak. Ia juga berharap radio tersebut menjadi radio dakwah yang bermanfaat bagi umat.

“Kita menyambut baik launching Radio Suska FM, dengan harapan dapat memberikan sesuatu yang lebih kepada masyarakat. Dengan informasi-informasi akademik, wawasan keislaman dan kegiatan-kegiatan kampus yang disiarkan di radio diharapkan dapat mencitrakan UIN Suska sebagai kampus islami madani,” ujarnya.

Di tempat yang sama Dekan FDIK UIN Suska Riau Prof Dr Amril M MA mengungkapkan, Radio Suska FM memiliki dua fungsi sekaligus. Selain sebagai media dakwah dan corong informasi kampus UIN juga sebagai media praktikum mahasiswa.

 

Amril juga mengatakan, untuk mendapatkan izin siaran sudah melewati proses panjang di lembaga-lembaga terkait. Seperti di komisi penyiaran, balai monitoring siaran, dinas informasi dan sebagainya. “Alhamdulilah dengan kerja keras dan komitmen kita bersama untuk melahirkan radio kampus, hari ini dapat kita launching dan siap mengudara dengan program-program andalan,” paparnya.

Selain launching, acara yang dihadiri ratusan mahasiswa dan dosen UIN Suska tersebut juga diisi dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara UIN Suska Riau dengan RRI Pekanbaru dan STAIN Batusangkar. MoU tersebut berkaitan dengan kegiatan radio dan akademik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog “Radio Publik dan Komunitas di Era Persaingan Global” menghadirkan narasumber Kepala RRI Pekanbaru Drs Agung Susatyo, Ketua KPID Riau Zainul Ikhwan SP, Pejabat Pengawasan dan Minitoring Balmon Pekanbaru Salman ST MT, serta praktisi radio Yudi Daherman MIKom.

Dialog yang dipandu Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FDIK UIN Suska Musfialdy MSi tersebut membincangkan banyak hal terkait radio komunitas. Seperti perlunya positioning radio komunitas yang notabene hanya bisa siaran dalam jarak 2,5 kilometer, merancang program-program siaran yang dibutuhkan komunitas, semangat untuk menyiarkan informasi dan kegiatan yang ada di lingkungan kampus serta kejelasan perizinan dan monitoring radio komunitas.

Source: UIN Suska Riau

Tags: , , , , , ,

About the Author

Tentang admin:
Forum Komunitas Online UIN yang di dirikan agar terciptanya komunikasi tanpa batasan ruang dan waktu untuk seluruh mahasiswa, mahasiswi dan dosen UIN yang ada di seluruh Indonesia.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: