banner ad Startup UIN

IAIN Sunan Ampel Surabaya Akan Konversi Jadi UIN

Yang nulis on di News | Sep 6, 2013 | 2 Comments

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya, tak lama lagi akan berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Kekinian, draf perubahan status sudah ada di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk ditandatangani.

Perubahan status ini tak hanya melibatkan Kementerian agama, tapi juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Pendayaguan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan).

Wakil Rektor Bagian Akademik IAIN Sunan Ampel M Syamsul Huda mengatakan, Kemendikbud terlibat, karena setelah jadi UIN, tidak hanya program studi agama, tapi juga prodi umum.

“Sementara Kemenkeu dilibatkan kaitannya dengan pembiayaan. Begitu juga kemenpan yang akan mengurus perubahan status para pegawainya,” kata M Syamsul Huda, Jumat (16/08/2013).

IAIN Sunan Ampel Surabaya

Menurut Syamsul, sebenarnya ada beberapa IAIN yang mengajukan diri untuk alih status, tapi yang dikabulkan hanya dua perguruan tinggi saja. Selain IAIN Sunan Ampel Surabaya, satu lagi adalah IAIN Ar-raniry Darussalam Banda Aceh. “Alih status menjadi UIN sudah lama kami sejak 2010 UIN,” katanya.

Jika draf itu disetujui surat itu sudah ditandatangani predisen, maka IAIN Sunan Ampel Surabaya resmi berganti nama menjadi UIN Sunan Ampel (UINAS).

Diperkirakan kampus yang berada di Kecamatan Wonocolo resmi beralih status pada Oktober atau November mendatang. “Semua proses sudah rampung,” tegas Mantan Ketua Jurusan Aqidah Filsafat.

Tags: , , , , , , , , ,

About the Author

Tentang admin:
Forum Komunitas Online UIN yang di dirikan agar terciptanya komunikasi tanpa batasan ruang dan waktu untuk seluruh mahasiswa, mahasiswi dan dosen UIN yang ada di seluruh Indonesia.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top