banner ad Startup UIN

Shadow Teacher, apa sih itu ?

Yang nulis on di Full Time | Sep 20, 2013 | 1 Komentar

Pernah lihat anak TK aktifitas disekolah?
.. ada yang sibuk bicara, sibuk gerak sana, gerak sini,
…bahkan ada yang hanya mengamati saja teman-teman disekitarnya.
Iya… pada Anak Usia Dini cara belajar mereka sangat berbeda dengan jenjang pendidikan diatasnya (SD s/d SMA).

Ajang bermain adalah salah satu pedoman belajar anak usia dini. Dengan menggunakan media satu saja,
bisa dijadikan sumber belajar dalam seharian.

Misalkan hari ini temanya BOLA,
maka mereka akan belajar:
menangkap bola (olahraga),..
menyanyi ole..ole..bola (bahasa)…
atau membuat dan mewarnai bola (motorik tangan). Seru kan?..

Seperti diungkapkan diatas, beberapa anak memiliki ‘kekhasan’ dalam belajar. Perlu diakui tahun-tahun belakangan ini ada sebagian anak yang membutuhkan perhatian lebih dari pengajar, utamanya dalam memusatkan konsentrasi dan pengolahan bahasa (lambat berbicara). Namun cara pandang pendidik haruslah memiliki pola yang lebih jauh kedepan ketika menghadapi tantangan ini.

Mengapa?.. Karena pada dasarnya mereka hanya membutuhkan ‘teman’, khususnya orang dewasa dalam mendampingi masa perkembangannya yang sedikit dibelakang rekan-rekan seusia.

aku ingin didengarkan

artwork by: @andri_alkhazini

Siapa saja itu…?

Bisa orang tua, guru, atau para pemerhati anak (seperti kamu, misalkan).
Ya, kamu… kamu bisa kok menjadi pendamping mereka dalam meniti masa-masa belajar disekolah.
Mereka ini biasa disebut dengan Shadow Teacher.
Apa bisa?… | ya, bisa!
Apa modalnya?… | modalnya hanya 1…
Banyak akal. | Ya… selain kamu suka dengan dunia anak, kamu juga harus memiliki konsep berpikir banyak akal, yaitu mencari hati anak tersebut agar bisa melalui proses belajarnya sesuai dengan tahap kemampuan mereka.

Tahukah kamu,… jika Einstein itu waktu kecil memiliki kesulitan belajar dalam mengeja.

Kemudian Thomas Edison, pernah dikatakan ‘terlalu bodoh’ (maaf) oleh gurunya.

Begitu pula dengan Newton yang keluar dari sekolah, karena sering sakit-sakitan.

Dan tahukah kamu,… siapa yang pada akhirnya berhasil membimbing mereka keluar dari kesulitan itu?…

ya betul!..ibunya.

artinya apa?

mereka butuh orang dewasa disekitarnya yang secara konsisten membimbing.

Untuk itulah, kebutuhan guru pendamping dari hari kehari sangat dicari oleh para orangtua yang memiliki anak spesial ini dikelas, akibat keterbatasan waktu atau tenaga yang dimiliki.

Guru Pendamping atau sering dikenal dengan istilah shadow teacher, adalah seorang pendamping di bidang pendidikan pra-sekolah (pendidikan usia dini) dan sekolah dasar yang bekerja secara langsung dengan seorang anak berkebutuhan khusus selama masa tahun-tahun pra-sekolah dan sekolah dasar. Salah satu dari kriteria utama seorang Guru Pendamping (shadow teacher) adalah memahami karakteristik dan keanekaragaman dari anak-anak dengan kondisi kekhususan dan bagaimana menanganinya dengan baik dan benar.

Menyediakan seorang Guru Pendamping yang berkualitas dan berkompeten sangat membantu anak berkebutuhan khusus dapat mengikuti kelas dengan maksimal ketika perhatian penuh dan fokus diperlukan bagi seorang anak untuk menerima dan memproses informasi yang disampaikan ketika kegiatan belajar dan mengajar sedang berlangsung di dalam kelas. Para Guru Pendamping sudah seharusnya memiliki pendidikan dan pelatihan secara berkesinambungan agar dapat membantu siswanya berinteraksi dengan siswa lainnya, serta membantu siswa tersebut dengan pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas sekolahnya. Guru Pendamping seharusnya dapat mengendailkan dan mampu mengantisipasi perilaku yang tidak diinginkan dari anak berkebutuhan khusus di dalam kelas.

Pelayanan seorang guru pendamping sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas belajar anak di kelas secara keseluruhan. Tentu saja dibutuhkan keterampilan khusus untuk dapat menjadi guru pendamping. Dengan keterampilan tersebut, seorang guru pendamping dapat membantu menangani kondisi kekhususan yang seringkali menjadi gangguan pada kegiatan belajar anak. Seorang guru pendamping diharapkan mampu membantu anak dalam banyak hal, seperti konsentrasi (focus), komunikasi, partisipasi dalam kelas, sosilisasi, bersopan santun dan mengendalikan perilakunya.

Walaupun wali atau guru kelasnya mampu melayani dan mengajar dengan baik dengan tujuan dan arah yang jelas, namun tetap mereka tidak memiliki keterampilan dan pelatihan khusus seperti yang dimiliki oleh seorang Guru Pendamping. Seorang Guru Pendamping harus mampu memudahkan penyampaian pelajaran-pelajaran di kelas kepada anak berkebutuhan khusus dengan tujuan untuk memaksimalkan pemahaman sang anak.

Melihat pentingnya peran guru pendamping bagi tumbuh kembang dan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus, baik di tingkat pendidikan usia dini hingga sekolah dasar, Bunda (Lembaga Pendamping Belajar Anak Usia Dini) menyelenggarakan program pendidikan pelatihan bagi individu yang memiliki gairah dan semangat menjadi seorang guru pendamping (shadow teacher).

Nah, itulah tujuan Lembaga Bunda ini :Merekrut dan membina para calon shadow teacher untuk mendampingi belajar mereka dikelas, khususnya di Taman Kanak-Kanak.

Apakah para calon shadow teacher ini wajib berlatar belakang pendidikan?

tidak juga. Bagi kami, dengan semangat yang baik, siapapun bisa mendampingi anak dengan ciri khusus tersebut, asalkan bersedia untuk kami bina.

Persyaratannya?

sangat mudah:

Senang dengan Dunia Anak Usia Dini

Latar belakang pendidikan tidak terbatas

Siap bekerja dipagi hari / di utamakan Mahasiswa/i Semester Akhir

Mengikuti proses perekrutan: sosialisasi, wawancara, ujipraktek dan pelatihan

Siap mengikuti aturan yang berlaku dilembaga kami

 

Motto kami:

Mutiara itu terlahir dari sebongkah kerang yang teramat sulit untuk dibuka,..perlu perjuangan memang…Namun dengan ketangguhan dan konsistensi, maka keindahanlah yang akan kita dapat dikemudian hari…amiiin. (saduran :@jamilazzaini)

Perlu diketahui:

Kami bukan lembaga terapi khusus psikologi, namun kami hanya mendidik PARA CALON shadow teacher dari aspek  PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (khusus Taman Kanak-Kanak),  dengan menggunakan sarana KB/TK ANAK SHALEH di kawasan BSD Serpong sebagai wadah pembinaannya. Karenanya orangtua ananda  tetap WAJIB mengikuti terapi psikologi  tertentu dilembaga luar, agar tujuan perkembangan dan pendidikan anak dapat berkesinambungan dengan tujuan kami.

Bagaimana?…penasaran?Langsung aja kirim CV kamu ke alamat email ibundaku13@gmail.com atau kontak kami di 0812-915-37260

Ditunggu ya…Wassalamu’alaikum wr. Wb

BUNDA

(Lembaga Pendampingan Belajar Anak Usia Dini)

-Mengasihi Anugerah Ilahi-

 

 

Lembaga Pendamping Anak Kebutuhan Khusus

Tags: , , , , , , , ,

About the Author

Tentang admin:
Forum Komunitas Online UIN yang di dirikan agar terciptanya komunikasi tanpa batasan ruang dan waktu untuk seluruh mahasiswa, mahasiswi dan dosen UIN yang ada di seluruh Indonesia.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: