banner ad Startup UIN

Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost

Yang nulis on di Pojok Kosan | Okt 1, 2013 | 6 Comments

Menjadi Mahasiswa adalah pilihan. Pilihan untuk melanjutkan perjuangan mendapatkan cita-cita setinggi-tingginya. Namun ada yang harus ingat, menjadi mahasiswa terutama mahasiswa yang biayanya pas-pasan jadi harus kerja keras ekstra, biar kuliahnya ga berhenti di tengah jalan. Ibarat seorang ibu rumah tangga “Walau pendapatan sedikit, tapi dapur harus tetap ngebul”.

 

anak kosan pict by: Norhadiansyah

anak kosan

anak kosan pict by: Norhadiansyah

anak kosan

Langsung aja disimak baik-baik Tips Hemat buat anak kost:

Cara Hidup Hemat bagi Mahasiswa Kost

Cari Kostan Yang Murah

Ini salah satu faktor yang sangat menentukan nasib lembar demi lembar Rupiah di dalam dompet kamu, kalo salah-salah pilih tempat kost bisa dipastikan bakal bernasib gak baik kalau mau hidup hemat selama kuliah. selain itu cari juga teman kost yang baik juga dermawan, karena mereka akan berbaik hati untuk selalu berbagi makanan. Ibu kost juga kudu diperhatiin, kudu jeli dalam memilih ibu kost, yang minimal setiap beberapa hari berbagi makanan. Itu lumayan mengirit jatah makan lah :p

Tapi kalo kamu laki-laki lebih baik tinggal di mesjid kampus atau sekretariat UKM dan ORMEK sekitar kampus, selain lebih efisien juga akan terjamin nilai gizi perutmu, apalagi di mesjid Insya Allah kamu akan lebih dekat dengan-Nya. Sekalian perbaiki diri juga sob!.

Masak Nasi Sendiri

Dan ini salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam misi hemat kita, coba bayangkan.

1 hari = 3 x makan Kalo beli : 1 x makan = 2000 (harga nasi) x 3 = 6000/hari 6000 x 30 = 120.000/bulan

lumayan ga tuh?
kalo masak sendiri paling modal beras aja. Apalagi kalo yang dirumahnya punya sawah, kita bekal beras untuk sebulan aja hemat. Dan keuntungannya masak nasi sendiri juga supaya sekalian bisa belajar jadi ibu rumah tangga.

Cuma GW!

Maksudnya, belajar mandiri. Kita uda mahasiswa, masa nyuci masih ke loundry? Itu salah salah satunya ya. Pastiah sesibuk-sibuknya mahasiswa pasti ada waktu buat nyuci. Atau ketika kita akan mengeprint tugas, kita bisa print di teman yang memiliki printer, jadi kita bisa menghemat pengeluaran dengan mengprint tugas dengan harga lebih murah atau mungkin geratis

Sedia Mie Instan

Ya jaga-jaga aja, kalo kita uangnya emang bener-bener ga ada udah berusaha hemat tetep ga bisa ya untuk tanggal tua makannya mie instan aja sob.

Aktif di Kampus

Kenapa ? biasa kalo kita aktif di beberapa UKM atau organisasi pintu rezeki akan terbuka lebar dan hemat pun bisa berjalan. Seperti ketika di UKM A kumpul pasti pada bawa makanan, dan senior selalu menyempatkan mentraktir nah disana kita bisa berbaikan gizi. Hari selanjutnya misalkan ada UKM B kumpul untuk menghadiri seminar nah kita ikut aja, pasti disana akan ada makanan gertais, lumayan kan. Intinya, kita aktif pasti akan ada saja rezekinya Allah itu membuka pintu rezeki asal kita berusaha dan berdoa tentunya. Tapi tetap tujuan kita adalah bermanfaat untuk orang lain, sisanya adalah bonus hehe.

Berwirausaha

Nah ini yang menjadi favorit banyak mahasiswa, berjualan dikelas seperti keripik atau produk handmate. Selain kita bisa dapat penghasilan tambahan bisa juga belajar berwirausaha.

Aktif di Masyarakat sekitar Kostan

Nah, disini selain kita melatih sosialisasi kita juga sebagai ajang memperlancar berhemat kita. Misalnya ketika ada tetangga di sekitaran kostan yang lagi syukuran kita datang, atau ketika ada pengajian di mesjid ikutan, dan ada yang tahlilan kita datang. Nah selain perut terisi karena pasti ada makanan disana, kita juga belajar bermanfaat untuk orang lain. Tapi tetep luruskan niat kita untuk ikhlas bermanfaat.

Menyimpan uang Di Bank

Ini saran dari senior saya juga nih, kita nabung di Bank tetapi tidak di simpan di ATM juga. Jadi ketika kita akan mengambil uang itu harus ke Bank langsung. Dan fikiran mahasiswa yang sibuk pasti tidak akan sering ke bank hanya sekedar ngambil uang goceng kan.

Banyakin istigfar

Ini penting, karena hasrat kita boros pasti akan selalu ada dalam godaan syaiton. Untuk menghindari dan menjaga hasrat boros itu kita banyak-banyaklah beristigfar. Insya Allah.

Rajin Puasa Sunnah

Sudah jelas, dengan puasa selain kita mendapat pahaa dan terhindar dari nafsu yang berlebih kita juga bisa berhemat. Karena selama puasa kita bisa menekan uang pengeluaran untuk makan. Tapi tetep dijaga aga kita tidak membeli makanan yang berlebih untuk buka nanti.

Pesan Pengingat

Maksudnya usahakan adakan pesan pengingat agar kita berhemat. Seperti catatan kecil “Ingat dompet, hemat, hemat” yang ditempel disetiap sudut kostan seperti cermin, pintu, lemari. Atau pada background laptop, walpapper HP, Catatan di binder kuliahmu, yang pasti dimanapun agar kamu diingatkan berhemat.

Sedia Obat Maag

Ga perlu dijelasin lagi ya, udah tau kan kenapa harus sedia obat maag? kalau belum tau, nanti juga ngerasain sendiri~

Tags: , , , , , ,

About the Author

Tentang administrators:


rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
  • Buat pencerahan :p @khairiahfajrin “@uincommunity: #BulletinUINers: Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost http://t.co/7K9aQj2tzb

  • Banyakin puasaaa… RT @uincommunity: #BulletinUINers: Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost http://t.co/kcyRWev0m1

  • siapin obat maag 🙂

  • naya

    pr*mag sm aer hahhaha

  • Sedia Mie Instan & Aktif di Kampus. Dua ini yang biasa gue lakuin buat hemat. Haha.

    Pernah juga, sedia nutrijell. Pernah hampir dua hari, makanin nutrijell doank malah curhat

  • ldksyahid

    Sering-sering ikutan agenda UKM kak (misal: LDK Syahid /promosi /eh)

    Suka banyak yang nyediain snack gratis 😀 Hihihi

Top
%d blogger menyukai ini: