banner ad Startup UIN

Universitas Islam Negeri: Islami Juga Melek Teknologi

Yang nulis on di Mahasiswa | Nov 16, 2013 | 1 Komentar

Universitas Islam Melek Teknologi

Siapa yang gak tau UIN? yap, Universitas Islam Negeri yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya ada di Jakarta yaitu kampus saya tercinta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Eitss jangan geer dulu, ternyata banyak juga loh warga Jakarta yang gak tau UIN dimana dan isinya ada apa aja.

Berdasarkan pengalaman saya baru-baru masuk kuliah dulu dan ditanya sama orang-orang:

orang-orang: ” kuliah dimana de? ”

saya: ” di UIN, Universitas Islam Negeri Jakarta ”

orang-orang: ” ohh,, ngambil apa? Teknik agama ya?”

saya sejenak terdiam sambil mikir, what? emang ada teknik agama?

Dan lanjut jawab

“saya ngambil biologi, fakutlas Science and Technology”

saya jawab tegas pake bahasa inggris biar kedengeran keren, dan emang keren, haha. Yap, seperti itulah pemikiran segelintir orang-orang di luar UIN, beberapa kadang memandang UIN di dalamnya hanya berkonsetrasi dalam ilmu agama Islam. Padahal namanya Universitas sudah pasti didalamnya sudah tercakup ilmu-ilmu umum termasuk teknologi. bahkan dalam waktu dekat (Agustus 2014) di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan berdiri fakultas baru yaitu fakultas sumber daya alam dan lingkungan yang terdiri dari program studi geologi,  geofisika, teknik perminyakan, teknik pertambangan dan  teknik lingkungan. Wow, UIN bakalan bisa setara dengan Universitas2 kece di Indonesia . (oh my GOD, keren banget!! kenapa gak dari 2010 pas saya masuk sini,, -_- )

UIN diciptakan untuk menghasilkan muslim yang berintelektual dan mampu membangun bangsa dalam berbagai bidang, bukan cuma dibidang agama saja loh, tapi juga dibidang Sains, teknologi, social, hukum, ekonomi, kedokteran, dll  yang nantinya bisa membangun bangsa ini :D.

nah,, lalu gimana caranya supaya masyarakat tau kalo kita juga mampu bersaing dengan kampus lain dalam perkembangan ilmu pengetahuan juga teknologi?

Salah satunya dengan cara show up”  ya, tunjukin karya-karya berkualitas juga kegiatan positif, yang dilakukan mahasiswa/I UIN ke masyarakat luas. Tujuannya bukan hanya show up, tapi untuk membuka jalan agar ilmu yang kita dapat bisa bermanfaat buat masyarakat juga (asik kan).  sudah banyak banget karya-karya mahasiswa/i kita dibidang teknologi yang sudah tercipta, contohnya aplikasi-aplikasi komputer, karya ilmiah dan lain-lain, juga masih banyak potensi-potensi menciptakan karya-karya yg gak kalah bersaing dan bisa bermanfaat bagi Indonesia.

Bicara tentang Teknologi, yap, teknologi terus berkembang dan tidak bisa lepas dari kehidupan kita sekarang ini. Jangan salah,, mahasiswa/I UIN juga ikut berkembang dalam bidang teknologi ini (harus dong), termasuk bioteknologi yang sedang trend di kalangan scientist .

Sekilas tentang bioteknologi : Bioteknologi adalah ilmu yang menggunakan prinsip-prinsip kehidupan maupun sistem kehidupan organisme untuk menghasilkan produk yang berguna dan ramah lingkungan, contoh sederhananya pembuatan yogurt yang suka kita makan. Bioteknologi yang lebih modern juga banyak,, ada di bidang kesehatan yaitu cloning, rekayasa genetika untuk penyembuhan penyakit, bidang pangan ada GM Food (Genetically Modified Food) untuk perbaikan kualitas pangan, bidang kelautan dan lingkungan juga bioteknologi ini terus berkembang. Intinya semua bioteknologi harus help the world” “heal the world” and “save the world”.

Universitas Islam Melek Teknologi

 

Salah satu kegiatan yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO) Oryza sativa fakultas Sains dan Teknologi yaitu ngadain SEMINAR NASIONAL “Bioteknologi Pertanian”. Gak cuma SEMNAS loh, rangkaian acara yang bertemakan BONE “Biologi Oentoek Negeri” ini ada olimpiade biologi yang diikuti oleh siswa/I SMA sederajat se-JABODETABEK, ini kali kedua diadakan. Ada juga SPC singkatan dari Science Project Competition, nah ini lomba karya ilmiah di bidang bioteknologi untuk mahasiswa/I perguruan tinggi se-Indonesia. Gak cuma itu kami juga mempublikasikan hasil-hasil penelitian kami agar bisa menambah informasi dan inspirasi buat para peserta seminar nasional ini. Nah dengan adanya kegiatan seperti ini terbukti kan kalo UIN gak cuma tentang agama, tapi juga melek di bidang bioteknologi dan kami menjalankan perintah agama yang salah satunya menjadi insan yang bermanfaat bagi orang lain terutama dalam hal berbagi ilmu. Dan yang terpenting UIN terbukti melek teknologi, sekali lagi, UIN berkembang dan turut mengembangkan teknologi saat ini dan kami akan terus berkembang, (Yeahh,, 😀 )

Semoga bisa membuka pemikiran kita tentang kampus UIN Syarif Hidayatullah  tercinta, dan mengispirasi temen-temen supaya bisa terus berkarya dan tunjukin ke masyarakat kalau kita bisa ikut serta membangun bangsa ini jadi lebih baik (amin ya,, amiinn). Salah satu pepatah dari Yunani favorit saya yaitu “verba volant scripta manent” atau “spoken words fly away, written words remain” yang artinya Bila suatu perkataan mudah dilupakan, tidak begitu halnya dengan tulisan. So tuliskanlah karya-karyamu supaya bisa dikenang.

 

 

Semoga bermanfaat ^_^

 

 

 

 

Tags: , , , , , ,

About the Author

Tentang sara:
scientist, microbiologist, and environmentalist wanna be, interested in photography, design, writing, dan suka jalan-jalan

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top