banner ad Startup UIN

Kena Tilang? gimana sih prosedurnya?

Yang nulis on di Umum | Des 16, 2013 | 0 Komentar

Suatu hari di kala lagi iseng buka pesbuk, tiba-tiba seorang teman yang sedang galau akut memulai percakapan melalui chat pesbuk, sebut saja namanya amay karena alias bunga sudah terlalu mainstream. beginilah isi chatnya:

amay: pernah sidang tilang bang ?

gw: ga pernah… lo kena tilang dimana ?

amay: d deket rm
besok gw mau ke sana
kaga tau caranya gw
wakakak

gw: rm ?
eh bukannya bisa bayar langsung

amay:kmren gw kaga nembak

gw:transper ke rekening BRI polisi
bukan bayar buat nyogok
tapi buat denda tilang

amay:oh iya lupa gw
sial

 

Percakapan diatas bukanlah percakapan yang sebenarnya tapi emang beneran kejadian hehe. Untuk para pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, mungkin pernah mengalami kejadian yang di sengaja atau pun tidak sengaja saat berkendaraan melanggar lalu lintas kemudian kena tilang (tindakan langsung). Baik saat kedapatan razia maupun pada saat melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kena Tilang? gimana sih prosedurnya?

Kini jika Anda kena tilang, siapapun anda bagaimana pun kondisi saat kena tilang, anda berhak meminta slip berwarna biru. Selain ikut sidang dan membayar ke BRI, dengan slip biru pelanggar dapat memberikan uang titipan ke petugas (polisi). Melalui cara ini, pelanggar secara langsung memberi kuasa kepada polisi untuk hadir disidang dan perkaranya akan disidangkan secara verstek.

kamen rider kena tilang

Jika di beri slip merah, berarti anda menyangkal telah melanggar aturan dan hendak membela diri secara hukum. Jikalau anda mendapatkan slip merah, berarti anda wajib mengikuti sidang pelanggaran lalu lintas dan SIM/STNK kita harus kita ambil di pengadilan setempat.

Penegasan Kepala Direktorat Lalu lintas ini dituangkan dalam bentuk Surat telegram No. Pol: ST / 86/X/2008 dan ditujukan kepada seluruh para Kapolres dan para Kasat Lantas Jajaran Polda Metro Jaya.

Dengan klarifikasi ini memungkinkan pelanggar lalu lintas yang ditilang polisi dapat meminta kepada petugas di lapangan untuk ditilang dengan menggunakan blanko warna biru atau bisa juga blanko warna merah, seperti dikutip dari situs Polda Metro Jaya, Selasa (21/2/2012).

polisi busway tilang pelanggar

Berikut ini prosedur proses penilangan:

Slip tilang biru ?

Bila anda tidak mengerti slip biru itu apa. Artinya kita mengakui kesalahan dan bersedia membayar denda atas kesalahan yang kita lakukan. pelanggar yang langsung mengakui perbuatannya akan diberi slip biru oleh polisi lalu lintas dan dapat menyetor denda ke BRI. Bukti setoran lalu dibawa ke kantor polisi untuk mengambil SIM/STNK.

Slip tilang merah ?

Kalau slip merah artinya kita tidak mengakui kesalahan kita, dan diberikan kesempatan untuk membela di sidang. Besar denda sesuai dengan keputusan hakim. Untuk setiap kesalahan berbeda ancaman dendanya. Dan kalau kita meminta slip biru berarti kita bersedia pula membayar denda maksimal.

Bila memang kita tidak mau memberi langsung ke polisi. Istilah mereka adalah “titipan” supaya tidak perlu sidang. Tentu konsekwensinya kita harus meluangkan waktu agar hadir di kemudian hari untuk sidang atau menebus SIM kita. Pertimbangkan juga lokasi sidang. Apalagi kalau kita dari luar kota, ya kale harus balik lagi ke kota lain cuma buat nebus SIM/STNK.

 

 

Kamu ku tilang

lebih baik taat berkendara biar ga kena tilang, dari pada kena tilang :p

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang sam:
non-technical founder, blogger newbie, social engineering enthusiast, rider. gak nyasar gak berpetualang.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top