banner ad Startup UIN

Jaga Kesehatan Yuk!

Yang nulis on di Artikel, Kesehatan | Jan 7, 2014 | 0 Komentar

Sakit di kalangan mahasiswa di akhir semester itu banyak macam rupanya, nah berdasarkan pengalaman sakit yang bakalan sering menjangkit itu seperti demam, flue dan batuk, radang. Usut punya usut penyakit itu ga datang tiba-tiba sih, pasti ada faktor human error-nya juga. Maksudnya?

Mahasiswa itu biasanya cuek sama makanan apalagi yang ngekos, makan berdasarkan biaya yang tersedia saja kan. Mahasiswa jadi sering ngelupain unsur-unsur penting yang dibutuhin sama tubuh seperti, nutrisi, vitamin, protein, dll.

Kalau lagi banyak duit alias awal bulan, mulai deh songong makan fast food atau makanan yang mahal-mahal. Tapi semahal atau sekece apapun itu makanan kalau endingnya ga ngasih manfaat ya buat apa. Mulai sekarang coba perhatikan makanan yang masuk ke perut kita deh. Jangan cuma mie instan, bakso, es teh manis, ditambah rokok pula. Ambruk itu badan.

Balik lagi ke soal makanan, ingat jangan pernah melupakan sayur atau buah buat dimakan. Kurangi setia pada tukang bakso, emang ini masakan surga banget tapi coba kurangin dan cari makanan alternatif sedikit yang bisa memberikan asupan sayuran yang cukup. Gado-gado atau coba ke warteg, cari yang namanya sayur.

Kenapa harus sayur?

Vitamin-vitamin yang ada di dalam sayur itu ga bisa disepelein ternyata. Contoh vitamin C, yang paling banget disepelein. Ternyata kekurangan Vitamin ini ga cuma bikin sariawan tapi juga bisa bikin radang. Bisa radang gusi, langit-langit mulut luka, gusi berdarah walaupun lagi ga sikatan gigi. Itu perih banget loh, sampai ga bisa makan dan bahkan minum saja perih. Dan ternyata itu karena kekurangan Vitamin C, sayuran dan buah.

Ga cuma asupan makanan saja yang harus diperhatikan tapi waktu tidur juga harus diperhatikan. Okelah tuntutan tugas kuliah memang terkadang mengharuskan kita untuk bergadang, tapi kalau ga ada hal yang penting STOP lah bergadang cuma karena temen kosan belum tidur masih pada ON. Hal yang membawa sakit kadang memang lebih enak untuk dijalani sih. Nah daya tahan tubuh yang kurang tidur itu yang paling rentan kena penyakit sih. Jadi demam, flue dan batuk yah gampang banget masuk ke tubuh.

Makanya mulai sekarang bisa memperhatikan tubuh sendiri, ga cuma masalah hati saja yang jadi prioritas tapi kesehatan juga. Kalau sudah sehat masalah hati bisa diatasi kok. Yuk, mulai jadi mahasiswa pecinta sayuran dan tidur yang cukup.

Tahun baru, pola pikir baru 🙂

 

Depok, 2 Januari 2014

Silvia Ratna Juwita

Tags: , , ,

About the Author

Tentang Silvia Ratna Juwita:
Indonesian Language and Literature Education at UIN Jakarta '08; Master of Language Education at Universitas Negeri Jakarta (UNJ) '13

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: