banner ad Startup UIN

Al-Qur’an Sudah Cukup, Mengapa ada Hadits ?

Yang nulis on di Pojok Motivasi | Mar 4, 2014 | 0 Komentar

Baca Al-Qur’an

Assalamu ‘alaikum

Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan menjadi dasar hukum umat manusia ini sudah kita tahu bersama bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci kita sebagai manusia khususnya Ummat Islam yang diturunkan oleh Allah swt kepada nabi Muhammad saw sebagai penutup para Nabi dan ditugaskan oleh Allah swt untuk menyampaikan kepada Ummat Manusia di Bumi Allah swt. Dan kita tahu bahwa Al-Qur’an itu benar adanya, dan benar segala isi atau firman Allah yang dibukukan sehingga menjadi kitab Suci Ummat Islam.

Namun, ” Mengapa ada Hadits ? yang mana banyak manusia yang tak mempercayai kebenarannya, dikarenakan 300 tahun setelah nabi wafat Hadits baru dibukukan. Padahal ada Al-Qur’an dimana sudah jelas kebenaran isi dan sumbernya ” . Timbul pertanyaan yang sempat saya ajukan ke dosen Ilmu Hadits kami tadi pagi.

Lalu dosen kami menjawab “Kalau begitu saya beri kamu pertanyaan, Bagaimana anda bisa naik Haji dan Umroh ? Bagaimana cara menyempurnakan Haji dan Umroh ? “, Saya terdiam dan berpikir, lalu mengerti maksud dosen ahli Hadits Sarjana lulusan Mesir itu.

Lalu ia kembali melanjutkan, ” Ya, Al-Qur’an memang sudah jelas kebenarannya, dijelaskan di AL-Qur’an وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ” لِلَّهِ”
yang artinya : “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah. “

Allah menurunkan ayat itu, tetapi timbul pertanyaan tentang ayat itu, ” Bagaimana cara menyempurnakan ibadah haji dan umroh karena Allah ? “.

Aku tetap diam dan mengerti maksud dari jawaban dan pertanyaan itu. ” Nah, disinilah salah satu fungsi adanya Hadits, yakni menjelaskan secara detail bagaimana cara untuk menyempurnakan Ibadah haji dan umroh. ” Wah bener juga, kataku dalam hati. Ia melanjutkan ” didalam Al-Qur’an terdapat perintah untuk memberi zakat, nah, bagaimana cara untuk berzakat ?, hitungan dalam zakat ? Maka hadits ada untuk menjawab sekaligus menjelaskan maksud dari Al-Qur’an itu.”.

” Memang hadits itu banyak yang palsu, bahkan ada zaman dimana pemalsuan hadits itu sedang marak, tetapi ada beberapa langkah-langkah yang harus dilewati hadits itu agar kebenarannya itu dijamin ” Namun itu akan dijelaskan di pertemuan selanjutnya.

Dan kini kami, (khususnya saya mungkin) lebih sadar akan pentingnya Hadits itu harus ada dimasa kita, namun kita harus teliti untuk mengenal apakah hadits yang kita dengar itu benar atau tidak benar (palsu).
Al-Qur’an ada, maka Hadits pun ada

Terimakasih
Wassalamu ‘alaikum.

 

 

 

Tags: , , ,

About the Author

Tentang aboutThree:


rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top