banner ad Startup UIN

Nordic Mythology Part II : The Realms

Yang nulis on di Artikel, Umum | Mar 26, 2014 | 0 Komentar

Dalam mitologi Nordik, bumi ini digambarkan sebagai sebuah cakram datar yang bertumpu pada cabang-cabang pohon dunia yang dinamakan Yggdrassil. Yggradssil merupakan Pohon yang Tumbuh dari Ginnungagap.

Yggdrasil

Yggdrasil

Bumi itu sendiri terbagi menjadi beberapa wilayah khusus. Untuk lebih jelasnya, inilah cabang-cabang dan akar-akarnya pohon Yggdrasil (pusat dunia) yang terdapat di 9 dunia yang berbeda, yaitu:

1. Asgard, dunia para Aesir atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Asgard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh Mata air Urd.

Asgard

 

Penghubung antara Asgard dan dunia di bawahnya yaitu sebuah jembatan berwarna pelangi, Bifrost. Jembatan ini dibuat dengan menggunakan 3 elemen yaitu air, api, dan udara sehingga berwarna warni seperti pelangi. Jembatan Bifrost dijaga oleh dewa Heimdall, yang tugasnya mengawasi kesembilan dunia yang ada.

Heimdall

 

2. Vanaheim ,dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa. beberapa dewa/dewi Vanir dapat menjadi AEsir, seperti Njord, Freya dan Freyr. Asgard dan Vanaheim sendiri dipisahkan oleh sebuah dinding besar yang dibuat oleh manusia bernama Blast.

Vanaheim

3. Alfheim, dunia para Light elf atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.

Alfheim

4. Midgard, dunia tempat tinggal manusia, sebagai dunia makhluk yang tidak abadi.

Midgard

5. Svartálfheim, dunia para Svartálfar (bahasa Inggris: Swart elfs/elves) atau Dökkálfar (bahasa Inggris: Dark elfs/elves) yaitu kaum elf dari kegelapan. selain itu Svartálfheim juga menjadi tempat tinggal para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam.

Svartalfheim

6. Jötunheim, dunia para Jotun atau para raksasa yang dikuasai oleh Loki. Antara Midgard, dunia tempat tinggal manusia, dengan Jotunheim terdapat pemisah berupa sungai besar yang airnya tidak pernah membeku.

7. Niflheim, dunia bawah tanah yang dingin, rumah para Jotun (raksasa) es, dikuasai oleh Hel, Anak perempuan Loki. Niflheim ini disamakan dengan Tartarus, dunia neraka yang dikuasai oleh Hades di dalam mitologi Yunani kuno.

 

8. Muspelheim, adalah dunia api dan rumah bagi Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api.

9. Helheim, dunia ini diperintah oleh Hel, putri dari Loki dan istrinya Angrboða. Dia tinggal di tempat yang dingin, gelap dan berkabut orang mati berada dalam dunia Niflheim, pada tingkat terendah dari alam semesta Norse. Tidak ada yang pernah bisa meninggalkan tempat ini, karena Gjoll sungai dilalui yang mengalir dari musim semi Hvergelmir dan mengelilingi Helheim. Setelah mereka masuk Helheim, bahkan para dewa bisa pergi. Mereka yang mati karena usia tua atau penyakit, dan mereka yang tidak terbunuh dalam pertempuran, pergi ke Helheim sementara mereka yang meninggal dengan berani di medan perang pergi ke Valhalla. Pintu masuk ke Helheim dijaga oleh Garm, anjing yang mengerikan, dan Modgud. Raksasa Hraesvelg (pemakan mayat) duduk di ujung dunia, menghadap Helheim. Dalam bentuk elang dengan mengepakkan sayap ia membuat angin bertiup.

to be continued …

Tags: , ,

About the Author

Tentang mincol:
suka ngetweet seenaknya via @dimsumon. punya cita-cita kerja di NASA, lagi berdoa buat naik gaji biar cepet naik haji.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top