banner ad Startup UIN

Pengertian LOGO dan BRAND

Yang nulis on di Pojok Kreatif | Mar 28, 2014 | 1 Komentar

Pengertian LOGO dan BRAND

UINers, banyak diantara kita yang masih beranggapan bahwa Logo dan Brand adalah satu hal yang sama, terutama di dalam lingkungan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) yang tidak memiliki pendidikan dasar tentang desain komunikasi visual. Untuk itulah artikel ini dibuat, yang fungsinya untuk menjelaskan pengertian bahwa Logo dan Brand adalah dua hal yang berbeda namun tidak terpisahkan, dan artikel ini dibuat juga untuk menunjukkan bahwa ternyata kampus UIN  memang memerlukan pendidikan tentang desain komunikasi visual 🙂

Selamat Membaca.

LOGO

Kata Logo berasal dari bahasa Yunani Logos, yang berarti kata, pikiran, pembicaraan & akal budi. Logo sebenarnya merupakan penyingkatan dari Logotype, namun kini istilah logo lah yang lebih populer. Tidak ada keseragaman istilah dalam mengartikan logo. Mengutip ‘Design Dictionary dari ‘Board of International Research in Design (BIRD)’, Logo biasanya mengandung teks, gambar atau kombinasi keduanya. Elemen teks/tulisan pada logo biasanya disebut dengan logotype, sedangkan simbol/gambar yang mewakili sebuah kata/makna disebuat logogram.  Secara garis besar, Logo adalah bentuk simbol visual dari suatu perusahaan, produk, tempat, servis, kampus dan lain sebagainya yang dilihat oleh setiap orang, yang di dalamnya terkandung unsur warna, garis, bentuk, dan elemen desain lain nya, yang sengaja dibuat untuk memberikan suatu arti tertentu terhadap objek yang diwakilkan.

 A Logo is the point of entry to the brand ~Milton Glaser

BRAND

Nah selanjutnya, apa itu Brand?

Secara populer, brand dianggap sama dengan logo, semua bersifat fisik semata, padahal tidak seperti itu. Brand juga memiliki sudut pandangnya masing-masing dari segi Marketing, bisnis, advertising, design, dan lain-lain. Karena itulah makna brand menjadi sangat luas. Brand memiliki makna yang jauh lebih dalam dan luas dari pada logo. Logo berbentuk benda fisik yang dapat dilihat, sedangkan brand mencakup keseluruhannya, baik yang fisik, non-fisik, maupun rangkuman pengalaman terhadap sebuah entitas. Ibarat seorang manusia, logo adalah wajahnya. Sedangkan brand adalah keseluruhan dari manusia tersebut, baik jiwa maupun raganya (termasuk logo juga didalamnya)

Kegiatan membangun sebuah brand disebut dengan branding. membuat identitas, termasuk logo, merupakan salah satu kegiatan branding.

 Products are created in the factory. Brands are created in the mind ~Walter Landor

Supaya lebih paham, Mari Kita ambil contoh. UIN Jakarta adalah sebuah Brand, sebuah kampus yang didalamnya terdapat kegiatan belajar mengajar, terdapat mahasiswa, dosen dan sebagainya. Dan gambar dibawah ini adalah Logonya. Sudah mengerti? 🙂

Logo UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

 

Sekarang, Apa pendapatmu tentang Logo UIN Jakarta??

Apakah Kamu mengetahui maknanya??

Bagaimana pendapatmu tentang Brand UIN ??

share pendapatmu tentang LOGO dan BRAND yah 🙂

 

Tags: , , , , ,

About the Author

Tentang irach:
A Fighter & Risk Taker | Logo & Brand Designer | passionate about UI/UX | Co Founder @startupuin | Former @pandorasquad

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: