banner ad Startup UIN

Apa pentingnya himpunan mahasiswa? penting!

Yang nulis on di Pojok UKM & Organisasi | Apr 5, 2014 | 0 Komentar

Buat mahasiswa/i yang individualis, egoistis, selfis, atau apalah itu namanya hehe, sebelum memutuskan buat serius pake banget akan hidup 4 tahun dikampus cuma untuk belajar dibangku kelas, mending buka pemikiran dulu mengenai apa itu himpunan.

himpunan

Himpunan atau perkumpulan itu berarti sekeompok orang yang punya tujuan sama dan membuat visi misi supaya tujuan bersama itu tercapai. Himpunan tak lepas dari visi misi, ketua, struktur organisasi, divisi-divisi dll, yaa namanya juga organisasi musti terorganisir biar berjalan dengan baik. Setiap jurusan di UIN pasti punya Himpunan masing2 (iya gak sih semua punya?) dan punya nama masing2. Misalnya jurusan Biologi punya nama himpunan HIMBIO Oryza sativa yang punya filosofi “semakin merunduk semakin berisi”. Tentunya setiap himpunan punya tujuan masing2, tp over all tujuannya adalah untuk ‘mengguritakan’ nilai-nilai dari masing-masing jurusan.

Pasti ada kan diantara kamu yang bilang ‘ah ngapain ikut himpunan ribet, ah ngapain ikutan organisasi-organisasi, ngabisin waktu, bisa jadi ngabisin duit juga, ngabisin waktu gue buat pacaran *loh’ itu yang saya bilang juga di waktu smster 1 (zaman culun culunnya :p)

Yakin mau belajar doang 4 tahun ngejar IPK 4 dengan ngorbanin pengalaman luar biasa di organisasi?  Abis lulus kuliah itu butuh kerjaan kan pastinya. Kerjaan itu gak cuma modal IPK tinggi, tapi perlu soft skill seperti interpersonal skill, groups skill, intellectual skill, communication skill, dll dan itu hanya dapat dilatih jika kita terbiasa berorganisasi. Kampus itu ngadain himpunan, organisasi, maupun ukm, sebagai wadah supaya mahasiswa bisa berpikir kritis, kreatif dan inovatif juga bisa praktek di masyarakat. Kalo udah punya skills2 itu, bisa dipastiin berhasil menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter, berkepribadian, kompetitif dan inovatif (aseekdah).

Morris (2013) bilang faktor yang mendukung pentingnya kegiatan berorganisasi mahasiswa.

  • kepribadian yang self awareness, terbuka, peduli sosial, dewasa dan bersedia untuk berubah menjadi lebih baik
  • kemampuan berpikir kritis, analitis dan logis
  • integritas diri dan kemampuan memimpin orang lain
  • pengembangan ilmu pengetahuan dengan tindakan nyata
  • mampu menyesuaikan diri, bekerjasama dengan orang lain dalam team work
  • Dapat menyelesaikan dan memberikan kontribusi bagi pemecahan masalah
  • Mampu bersaing secara inovatif dan kreatif lewat perkembangan teknologi dan informasi
  • kejujuran, kedisiplinan, keingintahuan, kepercayaan diri, kematangan emosi, kooperatif, dapat dipercaya dan empatik.

Naah gimana? Berminat ikutan himpunan? Yakin deh ikutan kegiatan himpunan, organisasi maupun kegiatan non akademik gak akan pernah sia-sia dan gak buang waktu, malah ngelatih kita buat manajemen waktu, bisa buat diri kita lebih siap dalam dunia kerja nantinya. Asalkan himpunan yang diikuti punya visi misi dan kegiatan potitif dan jelas ya guys,, sekian dulu,, ^^

Salam Mahasiswa!! see you next next,,

Tags: , , , , ,

About the Author

Tentang sara:
scientist, microbiologist, and environmentalist wanna be, interested in photography, design, writing, dan suka jalan-jalan

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top