banner ad Startup UIN

IJAZAH BERBUAH MANIS

Yang nulis on di Mahasiswa | Apr 5, 2014 | 2 Comments

Assalamualaikum

SALAM MAHASISWA!!

meskipun sudah Alumni tapi saya hanya ingin berbagi cerita manis nih sama teman- teman UINers. Tanggal 2 maret lalu saya Wisuda, saya lulusan Perbankan Syariah, dapet Gelar S.E Sy (Sarjana Eknomi Syariah), awalnya sih saya berfikir banyak orang di luar sana yang tidak tahu apa itu S.E. Sy dan pastinya mereka akan mudah menolak lamaran kerja saya dikarenakan gelar asing yang baru mereka temui.

graduation hats

nyatanya gelar itu tidak berpengaruh kok dalam mencari kerja. banyak hal yang akan saya bagikan dan ceritakan di sini kawan, bukan soal Gelar saja diantaranya soal Ijazah, IPK, Penampilan Kerja dan Jurusan Kuliah yang teman- teman ambil.

diawali dengan lamaran saya ke Salah satu Bank Syariah karena saya lulusan Perbankan Syariah maka saya mengambil pekerjaan dengan Bidang yang memang pernah saya pelajari. tips dari saya, alangkah lebih bijak jika teman -teman mencari pekerjaan yang
” sesuai” dengan Jurusan Study yang diambil, karena ketika menyerahkan Lamaran, CV dan IJAZAH Jurusan Kuliah  menjadi Hal pertama yang Perusahaan Liat. ketika Tim HRD perusahaan melihat Background Pendidikan serta gelar dan Jurusan. jika jurusan yang tertera sedikit atau bahkan sangat menyimpang dari bidang Pekerjaan itu tidak sedikit yang ditolak bahkan sampai tidak dihubungi sampai berbulan-bulan.

Nah, Rabu kemarin tepatnya tanggal  2 April 2014 saya menghadiri acara Jobfair yang diadakan di Univesitas Gundarma (kampus D), di sana saya melihat salah satu Bank Syariah, itu membuat saya tertarik untuk mendaftar. ketika saya mulai menuliskan biodata seorang Laki-laki berpakaian rapi yang saya duga sebagai pimpinan HRD di Bank Syariah itu menanyakan Gelar S1 saya. saya dengan tanggap menjawab “Ekonomi  Perbankan Syariah Pak”. lalu Bapak itu kembali menanggapi jawaban saya dengan mengatakan “Setelah isi biodata tolong ke belakang stand ini mba, saya ingin langsung Interview Mba” , begitu senangnya hati saya, karena jika kita mendapatkan interview langsung di tempat itu setelah menyerahkan berkas lamaran merupakan hal yang sangat diharapakan setiap Jobseeker.

Pergilah saya ke belakang stand tersebut dan berhadapan langsung dengan Bapak Manager tersebut. sebelum menginterview saya, beliau melihat berkas Lamaran saya yang terdiri dari CV, Surat Lamaran, Ijazah, TOEFL, Transkip IPK terakhir dan Sertifikat Praktek Bank Mini. Nah tips buat kalian yang akan segera lulus agar teliti dalam melengkapi setiap persyaratan berkas lamaran kerja yaah, karena ada saja perusahaan yang langsung menolak lamaran jika salah satu berkas tidak lengkap loh.

Lanjut hal tadi, Beliau melihat lama ke Ijazah dan Transkip IPK saya. bapak itu berpikir bahwa UIN hanya Universitas yang membahas soal Islam saja, saya menjelaskan bahwa UIN tidak hanya Universitas yang isinya hanya membahas soal Islam saja. Bapak Ini tertarik dengan kata Islam NEGRI, ia yakin bahwa Universitas Negri akan menghasilkan lulusan yang intelek dan dibutuhkan Masyarakat.  maka dari  itu beliau yakin Bahwa saya Lulusan UIN bisa menjadi pegawai bagi Bank Syariah yang Baik. saya mendapatkan undangan untuk langsung menjalani tahap  Interview user Bank Syariah tersebut. tahapan ini merupakan tahapan yang akan dilalui setelah tes Psikotes teman, tapi saya tanpa tes Psikotes bisa langsung menuju tahap Interview User.

Nah itulah hal manis yang saya rasakan, UIN tidak akan dipandang sebelah mata Jika teman-teman mampu memberikan penjelasan yang baik  dan santun. Masyarakat harus tau bahwa UIN itu luas. mulai lah promosikan kampus kita dari diri kita sendiri.

lalu saya juga ingin berbagi cerita lagi nih kawan, ketika melamar kerja kenakanlah Pakaian yang RAPI, yang sesuai dengan kondisi yang sedang kita jalani, jika sedang melamar kerja bagi wanita gunakan Blezer (lebih baik berwarna Gelap) boleh Pake Rok atau celana panjang yang sesuai dengan warna Blezer, gunakan Wedges atau High Hell agar terlihat semampai, Kenakan Warna Kerudung yang cerah karena Warna cerah akan memberikan pantulan yang Fresh dan cantik dari Wajah kita loh, dan yang paling penting jangan lupakan MAKE UP!! ini penting banget buat kaum Hawa.

Ketika saya melakukan Interview User saya mengenakan blezer dan rok Hitam berkerudung, memakai Wedges dan menggunakan make Up, saya mendapatkan Pujian yang amat sangat BAIK dari Bapak Manajer Bank Syariah tersebut belia mengatakan “Saya suka dengan Penampilan Kamu,Kamu Rapih sekali, seperti inilah penampilan pegawai yang baik, ini tandanya kamu sudah siap jika dituntut harus selalu rapih.” naah kalau teman-teman ingin juga mendapatkan pujian maka belajar RAPIH lah dari sekarang yah!! kalau buat laki usahakan WANGI, rambut Klimis Rapih ya bro bang, kenakan Kemeja atau Blezer yang berwarna Soft,Dasi dan kenakan  sepatu pantofel Hitam yah.

IPK menjadi Hal yang amat sangat penting teman. jadi bagi kalian yang masih kuliah jangan siakan-siakan waktu kuliahnya yaaah, jangan cuma dipake nongkrong aja hihihi. penyesalan itu diakhir kawan, saya saja merasa tidak puas dengan Nilai IPK yang saya miliki, walaupun memang IPK saya sudah di atas 3.00 tapi saya merasa kurang tinggi aja sih hehe. jadi ada cerita dari teman sekelas saya. ia melamar di Bank Syariah yang dimiliki oleh PEMDA Jakarta, ia pergi bersama kawan sekelasnya juga. ada tahap pertama yang akan dilalui oleh Calon Pegawai Bank yaitu TEST PERFORMANCE pada tahap test ini setiap orang memperkenalkan diri menceritakan riawayat hidup. semua teman sekelas saya sudah menampilkan yang terbaik tapi yang terpilih untuk melanjutkan tahap berikutnya adalah teman saya yang memiliki IPK  4. 4 meen, ini menjadi bukti bahwa Perusahaan menilai calon Pegawainya dengan Nilai IPK yang diperoleh. lalu teman saya yang lainnya tidak dapat lolos ke tahapan selanjutnya ya mungkin dikarenakan Nilai IPK yang dimiliki lebih rendah.

soal Jurusan kuliah sudah saya paparkan di atas, usahakan pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang teman-teman kuasai yah. karena perusahaan memerlukan kriteria pegawai yang memenuhi kualifikasi yang mereka butuhkan.

buat teman teman yang masih menjalani masa kuliah ayo semangat. Kebahagiaan Wisuda itu hanya berlangsung selama 1-2 Hari  sisanya kalian akan dibikin pusing dengan DUNIA KERJA , kehidupan yang sebenarnya akan kalian lalui setelah LULUS nanti.

hanya ini yang bisa saya paparkan teman-teman, mohon maaf jika ada kekurangan yah.

Salam MAHASISWA.

Tags: , , , , , , ,

About the Author

Tentang FeraRehan:


rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top