banner ad Startup UIN

kamu mahasiswa tipe apa?

Yang nulis on di Artikel, UIN Jakarta, Umum | Apr 8, 2014 | 0 Komentar

mahasiswa

Banyak yang bilang “mahasiswa adalah agen perubahan, di tangan mahasiswa perubahan-perubahan dari berbagai bidang tercipta”. Tapi apakah benar semua mahasiswa dapat membawa perubahan?

Menjadi mahasiswa adalah sesuatu pencapaian yang luar biasa. Karena tidak ada level atau tingkat yang berlabel “maha” selain seorang mahasiswa itu sendiri. Tapi sebenarnya apa sih yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa agar Ia layak disebut jadi Agent of Change? Apakah semua mahasiswa bisa jadi Agent of Change?

Beberapa orang fokus pada kegiatan akademik saat kuliah, dan mereka disebut mahasiswa. Beberapa di antaranya juga ada yang tidak (begitu) memedulikan pelajaran dan malah melakukan kegiatan-kegiatan non-akademik di kampus bersama teman-temannya, merekapun masih disebut sebagai mahasiswa. Jadi, mahasiswa itu seperti apa? Apa yang diajarkan universitas pada mereka?

Jika melihat mahasiswa dewasa ini, saya melihat dari kacamata pribadi bahwa mahasiswa ini terbagi menjadi empat golongan. Berikut klasifikasinya:

  1. Mahasiswa Kupu-kupu (Kuliah Pulang- Kuliah Pulang). Merupakan jenis mahasiswa yang langsung pulang ke rumah (atau ke rumah pacarnya) ketika kelas sudah berakhir. Mahasiswa dalam kelompok ini umumnya tidak memiliki kesibukan yang berarti di kampus. Mereka bukan mahasiswa aktifis maupun organisatoris. Mereka lebih senang menghabiskan waktu di rumah. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa yang sangat mengejar nilai akademis. Mereka menjalankan pola hidup mereka sama seperti saat sekolah dahulu. Mereka segera pulang guna mengatur pola istirahat serta jadwal belajar mereka. Motto mereka adalah: “pulang-belajar-dan berprestasi”. Biasanya mahasiswa kupu-kupu ini adalah mahasiswa yang bersifat pendiam dan patuh pada orang tua.
  2. Mahasiswa Kura-kura (Kuliah Rapat-Kuliah Rapat). Mahasiswa golongan ini ialah mahasiswa yang banyak menghabiskan waktu di sekret, baik di sekret BEM, jurusan, prodi, ataupun organisasi lain yang masih berhubungan dengan kampus. Kerjaaannya tidak lain dan tidak bukan adalah (kebanyakan) rapat. Biasanya sih yang dibahas kalau tidak event yang akan direncanakan, ya progress organisasi ke depannya. Mahasiswa tipe ini berjiwa aktifis. Senang menjadi bagian penting di antara banyak orang.
  3. Mahasiswa Kunang-kunang (Kuliah Nangkring- Kuliah Nangkring). Mahasiswa golongan inilah yang biasa kita sebut para mahasiswa gaul. Kerjaannya adalah menghabiskan waktu dengan ngobrol-ngobrol, ngopi-ngopi, ngegame, ataupun internetan dengan wifi kampus teman-teman mereka yang sejenis. Selalu ada keceriaan dan gelak tawa yang terdengar di antara mereka. Bisa dibilang, mereka adalah tipe mahasiswa yang paling nyantai di kampus. Namun selain kegiatan mereka di atas, tidak sedikit pula yang ngumpul guna mengerjakan tugas bersama. Mereka cukup kreatif dan kompak dalam memanfaatkan teman-teman yang mempunyai kesenangan yang sama.
  4. Mahasiswa Kukang (KUliah-KerjA-pulaNG). Tipe mahasiswa ini tidak terlalu banyak berkeliaran di kampus. Mereka sibuk dengan pekerjaan paruh waktu yang mereka kerjakan di tempat lain. Entah ngajar, jadi SPG/SPB, data entry, punya bisnis sendiri, atau apalah.  Mereka merupakan pekerja keras dan pebisnis yang handal pula. Motto hidup mereka: “gak kerja, gak bisa bayar kuliah/gak bisa jajan”.

Lalu, jika memang mahasiswa bisa diklasifikasikan menjadi empat golongan seperti di atas, apa peran universitas dalam membentuk mereka menjadi Agent of Change? Pada dasarnya, universitas hanyalah sebuah wadah bagi mahasiswa untuk “bermain”. Dan kampus adalah area bermainnya. Bagi kalian yang ingin mengasah kemampuan berorganisasi, jadilah mahasiswa kura-kura. Bagi yang senang bersosialisasi dan ingin mendapat banyak teman (dan link), jadilah mahasiswa kunang-kunang. Bagi yang ingin mengasah skill enterpreunernya, jadilah mahasiswa kukang. Dan bagi kalian yang ingin berprestasi dalam hal akademis, silahkan menjadi mahasiswa kupu-kupu. Apapun dan dimanapun kalian berada, seharusnya mahasiswa adalah pembelajar bebas yang aktif. Mempelajari apapun dan dari manapun kalian berada.

“Setiap hari belajarlah sesuatu hal berharga. Baik itu di mata kuliah anda, di organisasi anda, maupun di tempat nongkrong anda. Mahasiswa adalah seorang pembelajar bebas yang aktif. Kelak, yang anda pelajari akan membawa perubahan, baik bagi diri anda, lingkungan, atau bahkan bangsa”.

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang Fadhiel Van Rese:
I am is @fadhiel_vr. Just Un-Special One. Part of @uinjakarta @racanauinjkt @umatmuhammadcom & @dkcjees. -- BE what you want to BE --

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top