banner ad Startup UIN

Insomnia? Ini Tipsnya

Yang nulis on di Kesehatan | Mei 4, 2014 | 4 Comments

Insomnia bukanlah hal baru, menurut survey sok tau gw, 80% mahasiswa zaman sekarang mengalaminya. Ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti terlalu sering begadang mengerjakan tugas/skripsi hingga larut malam, scroll-scroll timeline mantan/gebetan, terlalu lama menonton tayangan YKS, nungguin acara Standup Comedy di metro tv, buka situs “yang enggak-enggak” pada tengah malam, yah banyaklah pokoknya. Yang jelas, gw yakin insomnia ngeganggu lu banget, apalagi buat lu yang selalu kebagian kuliah kelas pagi + aktivitas di kampus selalu seharian. Nah, di kesempatan ini, gw bakal share tips cara ngurangin/ngilangin insomnia.

way-to-resolved-insomnia

Gambar diambil dari sini

1. Atur Jadwal Kegiatan

Sesibuk apapun kalian, sehebat apapun jabatan kalian di luar rumah, entah ketua BEM, ketua himpunan, ketua karang taruna, ketua perkumpulan pembantu rumah tangga teladan, atau apalah, usahakan untuk selalu mengatur jadwal kegiatan kalian. Ini bertujuan untuk menyiasati waktu-waktu kosong sehingga waktu-waktu kosong tersebut bisa dipakai untuk beristirahat.

2. Olahraga Teratur

Kebanyakan mahasiswa tidak mampu menyempatkan waktunya untuk berolahraga, padahal olahraga juga merupakan sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur. Kalo lu emang gak sempet olahraga karena kegiatan di kampus lu terlalu padat, jalan santai saat pergi/pulang kampus atau berhenti menggunakan lift dan mulai menggunakan tangga fakultas bisa menjadi alternatif olahraga ringan.

3. Kurangi Kafein dan Rokok

Kafein dan Nikotin merupakan zat yang mampu membuat lu tetap terjaga, tapi kalo emang lu udah punya kebiasaan ngopi n ngerokok yang gak bisa diberhentikan, usahakan minum kopi/merokok 4 atau 5 jam sebelum tidur malam.

4. Move On and Let It Go!

Gw yakin kebanyakan lu semua rela tidur tengah malam hanya untuk stalking timeline mantan/gebetan. Gaes, pliss, udah gak jaman stalking-stalking begitu. Kalo lu bener-bener khawatir dengannya, tanyakan kabar dia melalui SMS/chat (eh ini mah ujung-ujungnya malah bikin gak bisa tidur)

5. Gunakan Fasilitas WIFI Kampus

Kok makin gak nyambung yah? eit tunggu dulu, ini kalo dirunut-runut bisa nyambung lho. Gw yakin juga kebanyakan lu pasti sengaja bela-belain tidur cuma buat nonton film-film seru di TV/nonton standup comedy. Gaes, pliiss, semua tayangan itu bisa kalian tonton via youtube/download via ganool  saat di kampus “dengan menggunakan wifi kampus” (nah, jadi nyambung kan? :p), so, gak usah bela-belain bangun tengah malem cuma buat nonton acara yang udah pasti bakalan ada di internet. Tapi untuk para penggila bola, gw rasa point kelima ini gak berpengaruh. Karena pasalnya mereka akan terasa bodoh jika esok harinya tidak bisa mengikuti perbincangan masalah bola dengan teman-temannya.

6. Hilangkan Segala Beban Pikiran Sebelum Tidur

Yang galau, stress, sedih,  marah, ataupun gundah gulana, coba hilangkan itu semua dari pikiran saat menjelang tidur.

7. Jauhkan Handphone dari Jangkauan

Gak semua orang bisa melakukan point keenam 6 di atas, dan saat mereka gak bisa menahannya, mereka biasanya mengambil handphone mereka dan membuat status/tweet yang berisikan perasaan yang sedang mereka alami. Nah, dengan menjauhkan handphone dari jangkauan, minimal keinginan untuk menulis status/tweet bisa dihindari, kalo perlu, silahkan titipkan handphone lu sama tetangga, jadi lu bakalan bener-bener males banget gerak buat ngambil handphone demi nulis status/tweet.

8. Atur Kamar Tidur Senyaman Mungkin

Ini penting, karena kamar tidur yang nyaman akan menimbulkan perasaan untuk pengen rebahan/pengen tidur terus. Kalo perlu, setiap mau tidur, atur kembali tata letak barang-barang + cat ulang tembok kamarnya.

9. Matikan Lampu dan Hal-hal Yang Menimbulkan Suara Yang Mengganggu

Tidur dengan lampu padam dan keadaan sepi bisa membawa lu cepat terlelap. Kalo lu tidur sekamar sama temen lu/anggota keluarga lu yang hobby ngorok, matiin sekalian (hehehe becanda 😀 ) minimal lu tidur berjauhan dengannya agar suara ngoroknya gak mengganggu lu.

Ok, segitu aja tips dari gw, mungkin keliatan agak ngaco, tapi gw yakin itu bener (-bener ngaco).

 

 

Tags: , ,

About the Author

Tentang qmjoy:
Love Me, Stalk Me

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
  • nambahin berdasarkan pengalaman.

    • Atur jadwal makan,
    • ruang tidur jangan di jadikan ruang kerja juga
    • kalau udah ngantuk langsung tidur aja jangan dipaksain melek terus.
  • Phram

    olah raga ringan sebelum tidur..seperti ngangkat botol minuman ringan 1 liter yang isinya full sama ngangkat makanan ringan tapi 1 dus..

  • ismi tiara sari

    Kayanya udah ngelakuin itu deh min, tpi ttep aja engga bisa tidur.

    • cari tau terlebih dahulu penyebab susah tidurnya. apa saja kebiasaan/aktivitas yang sering dilakukan sebelum tidur ?

Top
%d blogger menyukai ini: