banner ad Startup UIN

Cowok juga bisa PMS, gaes !

Yang nulis on di Kesehatan | Jul 19, 2014 | 0 Komentar

COWO PMS???? MASA SIH????

PMS atau singkatan dari Pegawai Megeri Sipil (okeh, gak lucu), eh yang bener Premenstrual Syndrom adalah masa-masa yang biasa dialami oleh para cewek-cewek saat menjelang menstruasi. Namun, istilah PMS sepertinya menjadi alasan yang sering digunakan para cewek  saat mereka sedang uring-uringan. Sekitar 80 hingga 95 persen cewek yang berumur antara 16-45 tahun mengalami gejala pramenstruasi yang dapat mengganggu, berupa pusing, depresi, perasaan sensitif yang berlebihan, muntah-muntah, kejang-kejang, mulut berbusa (eh, maaf bohong, pokoknya yang bener cuma sampe “perasaan sensitif yang berlebihan” :p) . Emang sih  sakit, tapi bukan berarti yang cewek-cewek ini boleh ngejadiin PMS sebagai alasan buat ngomel-ngomelin kaum cowok kan? (setuju kan yang cowok? udah setuju aja biar cepet.

Pasalnya, nih PMS gak cuma dialami oleh cewek-cewek saja lho, Sis. Meskipun beda dengan para cewek, yang cowok-cowok ini  juga mengalami masa-masa “PMS”. Dilansir dari laman BoldSky.com, berikut penyebabnya dan bagaimana kita mengatasinya jika “PMS” sedang menyerangnya.

 

susah bangun pagi

Gangguan emosional

Gangguan emosional juga sering dialami sama cowok-cowok kok, entah itu karena trauma atau karena kejadian tertentu. Dan di saat ini, sikap cowok bisa gak terkendali dan gak terduga. Kalo biasanya ia sangat ramah dan baik, kini ia bisa jadi dingin dan masang muka asem. Yah pokoknya sikapnya bisa berubah 540 derajat deh. Iya, kayak kamu pas PMS girls.

Hormon yang gak seimbang

Ketidakseimbangan hormon pada cowok dapat menyebabkan mood swing dan uring-uringan. Kalau yang cewek-cewek ngerasain PMS tiap sebulan sekali, kabar baiknya, yang cowok-cowok  gak mengalaminya setiap bulan (ya bisa aja sebulan dua kali atau lebih :p). Umumnya, mereka mengalami “PMS” ini setiap 2-3 bulan sekali. Perubahan hormon memengaruhi pemikiran, sensitivitas, dan pengendalian api (eh, pengendalian emosi maksudnya). Jadi, jangan kaget jika pacarmu tiba-tiba lepas kendali, uring-uringan karena hal inilah yang akan dialami oleh mereka.

Stres

Stres adalah faktor terbesar buat para cowok untuk ngalamin “PMS”. Entah itu karena stres pekerjaan, stres karena percintaan, keluarga, nilai IPK anjlok, duit bulanan tipis, pokoknya macem-macem deh, yang akhirnya bisa memengaruhi sikap dan prilakunya.

Sama seperti para cewek, saat “PMS” menyerang, cowok juga ada yang memilih diam dan mengendalikan, tetapi ada juga yang uring-uringan ke orang terdekat saat bad mood menyerang. Nah, kalau si dia sedang “PMS”,terus apa yang bisa kalian lakukan girls?

Salah satu cara yang paling tepat adalah dengan memberikan waktu ‘me time’ untuknya. Beda dengan para cewek saat PMS yang maunya ditemenin dan dingertiin sama si cowok. Nah, Kalo cowok yang lagi PMS  umumnya membutuhkan waktu untuk sendiri.

Dia emang lagi pengen sendiri, tapi bukan berarti kamu ngediemin dia girls. Kamu bisa tetap memberikan perhatian untuknya, misalnya dengan pesan teks yang tak perlu dia balas. Seperti, “Sayang, jangan lupa jaga kesehatan ya”, atau “beb jangan lupa sholat jum’at ya, biar tetep ganteng”.  Kalimat seperti itu menunjukkan kalau kamu tetap perhatian dan tak ada tekanan bahwa si dia harus membalas pesan kamu.

Nah, girls, sekarang udah pada tau kan kalo bukan cuma kalian doang yang bisa PMS?

Tags: , , , , ,

About the Author

Tentang qmjoy:
Love Me, Stalk Me

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: