banner ad Startup UIN

Stiker sebagai media publikasi kampus

Yang nulis on di Pojok Kreatif | Agu 28, 2014 | 2 Comments

Stiker sebagai media publikasi kampus

Ada banyak sekali media & tools yang tersedia yang dapat digunakan dalam memasarkan sebuah produk atau layanan. Beberapa diantaranya mencakup sebuah website, kartu nama, booklet, katalog produk, amplop, sertifikat hadiah, brosur, label, kop surat, kartu ucapan, kalender dll. kegiatan pemasaran ini biasa disebut dengan branding.

Baca Juga: Pengertian LOGO dan BRAND

Media yang kita butuhkan akan tergantung pada tujuan serta strategi pemasaran perusahaan atau kampus dan jenis produk/jasa nya, Semuanya memiliki peran yang sangat penting. namun, saat ini kita akan membahas tentang Stiker sebagai media publikasi kampus. Cukup Efektif kah?

Setiap kampus pasti mempunyai Logo nya masing-masing, dan Logo kampus inilah yang biasanya dijadikan Stiker. namun, tidak semua logo yang dijadikan stiker ini berhasil mencuri perhatian. well, dalam penelurusan saya, terdapat tiga design stiker kampus yang cukup sering kita lihat dijalan-jalan (wilayah jabodetabek). bisa dibilang, tiga kampus ini sukses dalam mempromosikan kampusnya melalui media Stiker. Mereka adalah:

1. Universitas Indonesia – Depok

Hampir semua kita tahu bahwa Campaign ‘We are the yellow jacket’ ini sukses menjadi pioneer dalam media publikasi kampus melalui stiker. yang menarik, awal mula design campaign ini justru bukan berasal dari para mahasiswa, melainkan dari pengusaha tukang cetak di sekitar kampus tersebut. tentu saja, logo kampus yang satu ini juga sering ditemui dalam bentuk stiker.

Stiker Universitas IndonesiaSumber Gambar 

2.The London School of Public Relations – Jakarta

Stiker kampus yang satu ini justru banyak dijumpai dengan tanpa Logo & tulisan STIK nya. Design Stiker hanya menampilkan typeface ‘The London School of Public Relations Jakarta’ berwarna putih. melihat ukuran nya yang besar, stiker ini biasa dijumpai dibelakang kendaraan roda empat.

Stiker London School

3.Universitas Pamulang – Tangerang

tidak seperti kampus no 1 & 2, stiker no 3 ini tidak beridentitas resmi. tidak ada design logo resmi di stikernya, hanya tulisan ‘universitas pamulang’ dengan style text silinder. saya cukup terkejut dengan stiker ini, pasalnya ini saya temukan tidak hanya di daerah Ciputat-Pamulang saja,namun di Bekasi pun saya pernah lihat stiker ini di belakang motor. sungguh viral :)

untuk gambar stikernya sayang sekali saya tidak bisa menemukannya. pasti kalian ada yang pernah lihat, klo ada share yah ke twitternya @uincommunity

Stiker UIN Jakarta?

Sebelumnya, Familiar dengan percakapan dibawah ini?  🙂

‘You: Tau UIN Jakarta??’

‘They: Gak tau,daerah mananya Jakarta?’

You: Hhmm, daerah Ciputat sih deket Lebak Bulus.. kalo IAIN tau?

They: ooh deket Lebak bulus.. IAIN pernah denger sih yg belajar agama itu yah, lw jurusan apa disana?

You: Jurusan IT (Teknik Informatika)

They: jadi di IAIN ada IT nya, Ooohhh..

You: F!@#$%^

pernah kaya gitu?? you’re not alone,haha.. memang kita tidak bisa menyalahkan mereka yang tidak tahu dengan kampus kita UIN Jakarta. menurut saya, selain media publikasi dari pihak kampus yang kurang,pemberitaan diluar sana juga ikut mempengaruhi. perbaikan harus melibatkan seluruh elemen kampus, termasuk mahasiswa yang jumlahnya paling besar.

untuk meningkatkan Brand Awareness kampus kita banyak hal yang bisa dilakukan. mulai saja dari yang terkecil, seperti membuat sebuah Campaign melalui media Stiker ini yang cukup efektif dan terbukti sudah beberapa kampus yang melakukannya & berhasil :)

Nah, Bagaimana jika kita buat sendiri Stiker nya? Stiker design dari mahasiswa & untuk mahasiswa. klo kalian percaya bahwa UIN Jakarta itu baik, kenapa tidak kita sebarkan? sudah saatnya kita bangga dengan almamater sendiri. WE LOVE UIN JAKARTA.

 

 

 

 

Tags: , , , , , ,

About the Author

Tentang irach:
A Fighter & Risk Taker | Logo & Brand Designer | passionate about UI/UX | Co Founder @startupuin | Former @pandorasquad

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
  • hayuk dimulai 😀

    • Bagi ya stikernya ntar mbak vanchaaaa

Top
%d blogger menyukai ini: