banner ad Startup UIN

Pandorasquad: “Visual Arts Are Everywhere Even In Islamic University”

Yang nulis on di Pojok Komunitas | Sep 10, 2014 | 0 Komentar

Pandorasquad

Sebelum masuk ke inti tulisan ini, gw mau mengawalinya dengan beberapa buah pertanyaan buat lu semua, Ok?

“Pernah denger jurusan kuliah yang bernama DKV (Desain Komunikasi Visual) atau FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain)?”

“kalian tau  jurusan itu ada di mana aja?”

Yups, gw yakin kalo kalian  ditanya mengenai fakultas / jurusan itu, pasti otak kalian akan melayang ke BINUS atau mungkin ITB, atau ke universitas-universitas swasta lainnya.  “Kenapa di UIN Jakarta gak ada fakultas / jurusan tersebut?”.

Eiittsss kata siapa?

yakin?

Ok, di sini gw mau coba perkenalkan sebuah komunitas yang cukup unik. Komunitas yang bisa dibilang “DKV-nya UIN Jakarta”.

Komunitas di mana gw juga terlibat di dalamnya

Aliansi Grafis Pandorasquad adalah perkumpulan mahasiswa peminat dan penggiat seni visual yang bermarkas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Komunitas ini berdiri sejak 4 Februari 2010 atas dasar kesamaan minat terhadap kesenian, khusunya seni visual. “SENI VISUAL”, it means gak sebatas gambar aja, bisa berupa desain, street art, fotografi, video, yah pokoknya segala jenis seni yang berbentuk visual deh. Yang jelas cakupannya luas.

“Mereka ngapain aja sih?”

ok, di sini gw bakal jelasin beberapa kegiatan rutin yang biasa dilakukan.

1. Kelas PS: Sebuah kelas yang di dalamnya mempelajari dan mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan seni visual, mulai dari pengenalan, tutorial, diskusi, coaching clinic, kolaborasi, hingga mempresentasikan karya-karya yang dibuat para fightersnya (sebutan buat para anggotanya)

Suasana saat kelas PS

2. Pameran karya: tidak hanya mempelajari seni visual, mereka juga kerap melakukan pameran-pameran, baik dalam lingkungan kampus, maupun di luar kampus.

Pameran di event Earth Hour 2013

IMG-20140429-WA0012

Pameran di Event UKM FLAT

Pameran di event YCHI

Pandorasquad Street Party Exhibition

3. Hunting Foto/Instameet: buat lu yang suka dengan dunia fotografi, nih di pandorasquad juga ngadain kegiatan hunting foto bareng atau bisa disebut Instameet (buat lu yang maen Instagram).

Instameet #eksploretangsel

Ikut serta dalam World Wide Instameet 2014

untitled

Hunting foto ke kebun raya bogor

4. Bekerja sama dengan organisasi di dalam dan di luar kampus dalam mengadakan event: Yups, sebagai komunitas yang menggiati seni visual, tentunya pandorasquad seringkali diajak kerja sama dalam mengadakan sebuah event yang dilakukan oleh organisasi-organisasi baik dari dalam, maupun luar kampus. Biasanya mereka dipercaya untuk membuat desain yang eye caching agar event dari penyelenggara mendapat banyak antusias. Contohnya seperti yang di lihat pada foto di atas, di mana pandorasquad bekerja sama dengan Earth Hour membuat sebuah campaign mengenai Earth Hour, atau seperti pada event yang di adakan FLAT (lihat foto di atas) di mana pandorasquad diminta membuatkan desain media publikasi, dan sebagai timbal baliknya, kita dipersilahkan mengadakan pameran pada acara tersebut.

So, buat lu lu pada yang suka ngegambar, suka dengan fotografi, pengen belajar desain, or tertarik dengan dunia seni visual baik digital maupun manual, pandorasquad dengan senang hati menerima kalian para mahasiswa UIN jakarta untuk bergabung dengan kita. Gak usah takut, gak usah malu, gak usah minder, kita di sini sama-sama belajar, sama-sama mencoba membangun pandangan visual yang lebih baik untuk kampus kita tercinta.

Buat lu yang berminat bergabung dengan kita, langsung dateng aja tiap hari kamis jam 4 atau 5-an di cafe cangkir. Cari aja orang-orang yang menggunakan baju berlogo pandorasquad. Atau follow twitternya di @pandorasquad

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang qmjoy:
Love Me, Stalk Me

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top