banner ad Startup UIN

Tips sukses ujian

Yang nulis on di Mahasiswa | Okt 14, 2014 | 0 Komentar

Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuan dibidang keorganisasian dan bakat softskill, tapi bukan berarti membuat kegiatan belajar di kesampingkan. Kita harus ingat tujuan utama mahasiswa adalah menuntut ilmu sesuai bidang masing-masing. Jadi bukan cuma anak sekolahan aja yang mesti giat belajar, mahasiswa juga mestinya lebih tekun belajar. Untuk mendapatkan nilai akademis yang memuaskan, sudah seharusnya belajar dilakukan setiap hari apalagi ketika menjelang ujian.

Temen Yang Paling Nyebelin Ketika Ujian

Gambar diambil dari sini

Berikut adalah beberapa tips sukses ujian:

Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan agar tetap bugar salah satu faktor utama dalam menghadapi ujian. Ketika badan kurang sehat saat menjelang atau tengah berlangsungnya ujian akan sangat menganggu konsentrasi belajar. Agar tetap sehat sebagai contohnya untuk mahasiswa yang tinggal dikostsan, jangan pasrah perbaikan gizi cuma saat pulkam. kita harus tetap makan 4 sehat 5 sempurnya ya ^.^. Jangan lupa juga tetap bangun pagi, karena secara psikologis manusia yang bangun lebih pagi mempunyai daya ingat yang lebih kuat. Bisa juga dengan cara olahraga ringan untuk membuat tubuh tetap sehat. Oleh karena itu, agar dapat belajar secara maksimal maka haruslah kondisi badan dalam keadaan sehat dan prima.

Jauhi Galau dan Stres

Selesaikan masalah apapun sebelum menghadapi ujian. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar konsentrasi tidak terpecah sehingga dapat belajar secara maksimal. Tingkat konsentrasi belajar sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai. Semakin baik kualitas konsentrasi, maka pemahaman materi akan semakin baik pula. Oleh karena itu, usahakan tidak ada beban lain yang dipikirkan ketika menghadapi ujian. Intinya jangan sampai saat kita mengerjakan ujian lembar soal berubah jadi wajah mantan atau gebetan yang diserempet temen. :’-)

Buat Suasana Belajar Yang Nyaman

Suasana hati atau yang lebih dikenal dengan istilah mood merupakan hal ketiga yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar. Suasana hati yang buruk akan menyebabkan semangat belajar berkurang. Pada dasarnya ada penyebab disetiap hal yang terjadi, begitu juga dengan perubahan suasana hati. Untuk mengatasi hal ini, coba uraikan satu per satu yang membuat suasana hati tidak nyaman hingga menemukan sebab utamanya. Kemudian cari solusi dari masalah tersebut sehingga mood untuk belajar kembali. Namun terkadang mood juga berubah menjadi kurang baik tanpa sebab yang jelas (biasanya terjadi pada wanita yang sedang pms, karena faktor hormon yang tidak seimbang), kita dapat luangkan waktu untuk meditasi. Mediatasi dapat membuat kita lebih tenang hingga memperbaiki mood, bahkan dapat membuat kita lebih fokus. Bisa juga dengan cara tetap tersenyum, karena tersenyum dapat meningkatkan hormon bahagia (hormon endorphin) hingga dapat membuat mood kita kebih baik.

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain. Hal ini mengingat bahwa masing-masing orang memiliki gaya belajar sendiri-sendiri, sesuaikan dengan diri sendiri.

Siapkan Bahan Ujian

Langkah berikutnya adalah menyiapkan bahan ujian. Rekap seluruh catatan dan materi yang telah didapat dari semua mata kuliah, jika kurang lengkap bisa juga fotokopi catatan teman yang lengkap –tapi jangan sering-sering ya kita harus bisa biasa bekerja keras dan jangan baru fotokopi ketika ujian didepan mata– –hidup mahasiswa :D–. Kemudian pilah-pilah mana materi yang masuk ujian dan tidak. Buat ringkasan atau catatan khusus bila diperlukan. Hal tersebut akan memudahkan proses pemhaman materi ketika belajar.

Tentukan Jadwal Belajar

Agar penggunaan waktu lebih efektif, buatlah jadwal belajar khusus ujian. Hal ini bertujuan agar proses belajar lebih mudah dan teratur. Jadwal dapat dibuat dua minggu sebelum ujian berlangsung. Tentukan lamanya jam belajar setiap mata kuliah yang akan diujikan. Untuk mata kuliah yang lebih sulit jam belajar dapat ditambah sampai materi dapat benar-benar dipahami.

Tentukan Metode Belajar

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penentuan metode belajar sangat penting dalam menghadapi ujian. Ada orang tertentu yang merasa lebih fokus ketika belajar sambil mendengarkan musik, namun ada pula yang merasa lebih fokus ketika suasana belajar tenang. Nah, tentukan sendiri motede belajarmu! SEMANGKA….. Semangat Kakak-kakak… \(‘0’)/

Jangan Sombong, Berdoalah

Berdoa adalah langkah terakhir yang harus dilakukan. Setelah semuanya dipersiapkan dengan maksimal, jangan lupa berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam ujian, tapi bukan berdoa biar. Tidak lupa, mintalah restu orang tua sebelum ujian agar hati terasa lebih tenang dan nyaman. Kerjakan ujian dengan tenang dan fokus serta tetap jaga konsentrasi agar hasilnya memuaskan.

Sekian beberapa tips sukses ujian yang bisa saya bagikan. Semoga tips ini dapat bermanfaat yaa ^.^

Tags: , , ,

About the Author

Tentang mayang.purnama:
Seorang manusia biasa yang ditakdirkan menjadi orang biasa.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top