banner ad Startup UIN

Yuk Belajar Desain Grafis! (Part: Layouting)

Yang nulis on di Pojok Kreatif | Okt 20, 2014 | 0 Komentar

 

ronnestam.com

pic source: ronnestam.com

Sebelum memulai bahasan ini, kita pengen nanya dulu deh sama kalian, “kalian pernah gak diminta seseorang/organisasi untuk membuat poster/banner/spanduk?” Kita yakin sebagian besar dari kalian (apalagi yang jago gambar) pernah diminta buat bikin media-media publikasi seperti itu. Nah, pada pembahasan kali ini, kita mau share sedikit mengenai salah satu dasar pembuatan media publikasi tersebut yaitu layouting, Yuk disimak!

 

Layouting,

merupakan salah satu bagian penting dalam dunia desain grafis. Layouting sendiri bisa sendiri dikatakan sebagai usaha untuk mengatur/menata, tentunya jika berbicara dalam dunia grafis, yang diatur/ditata adalah elemen-elemen visualnya. Dalam layouting, ada 4 hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu Color (warna), Tone (penekanan), Shape (bentuk), dan Direction (alur baca). Yuk kita bahas satu persatu.

 

1. Color (Warna)

Warna merupakan elemen yang menentukan perasaan dari sebuah media publikasi karena di dalam tiap warna memiliki sifat psikologi masing-masing. Warna juga bisa digunakan sebagai identitas si penyelenggara/pembuat media.

warna dan psikologinya serta identitas perusahaan/organisasi.

 

Pemilihan warna dalam membuat media publikasi juga hendaknya menyelaraskan dengan logo si penyelenggara.

Berikut contohnya:

 

warna dominan pada poster mengikuti warna logo penyelenggara

warna dominan pada poster mengikuti warna logo penyelenggara

 

2. Tone (Penekanan)

Ketika mendesain sebuah media publikasi, hendaknya dipikirkan dahulu apa yang ingin dijadikan “Point of Interest”, apakah ilustrasinya? ataukah teksnya? Berikut contohnya.

macam-macam penekanan yang bisa dilakukan

macam-macam penekanan yang bisa dilakukan

 

3. Shape (Bentuk)

Shape juga bisa digunakan untuk melakukan penekanan sehingga mata pembaca terfokus pada informasi pada shape tersebut. Berikut contohnya.

penggunaan shape membuat mata terfokus pada informasi utama

penggunaan shape membuat mata terfokus pada informasi utama

 

4. Direction (Alur Baca)

Alur baca yang rapih dan jelas memudahkan pembaca untuk membaca mana informasi yang penting terlebih dahulu. Untuk menentukan dari mana titik agar si pembaca mulai membaca, bisa digunakan penekanan font yang besar/warna yang mencolok/ dengan shape. Berikut contohnya.

menentukan pembaca memulai membaca dari mana bisa dilakukan dengan menggunakan font tebal/besar, shape, atau warna yang mencolok.

menentukan pembaca memulai membaca dari mana bisa dilakukan dengan menggunakan font tebal/besar, shape, atau warna yang mencolok.

 

4.1 Alignment (Perataan teks)

Masih dalam bagian direction, alignment (perataan teks) juga membantu pembaca dalam memahami alur baca yang digunakan. Berikut macam-macam alignment dan contohnya

macam-macam alignment

macam-macam alignment

pengaplikasian alignment

pengaplikasian alignment

 

REPETITION (Pengulangan)

Tentunya ketika dalam membuat media publikasi, terkadang ada permintaan untuk membuatnya dalam berbagai ukuran/berbeda konten. Agar identitas dari event/hal yang ingin dipromosikan tidak hilang pada ingatan publik, maka diperlukan pengulangan ciri khas pada desain yang telah dibuat. Berikut contohnya.

pengulangan ciri khas pada desain yang telah dibuat

pengulangan ciri khas pada beberapa desain agar identitas acara/si pembuat tidak hilang dari ingatan publik

 

Ok, cukup segitu aja materi dari layouting @pandorasquad,  ketika kita belajar desain, ada baiknya ilmu yang didapatkan langsung dipraktekan karena pada dasarnya desain adalah ilmu praktis, dan satu-satunya cara untuk lebih dalam memahaminya adalah dengan mempraktekannya, sekian dan  semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

credit to @dwinucleo atas pdfnya

Tags: , , ,

About the Author

Tentang pandorasquad:
Komunitas Visual Arts yang bermarkas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Berkumpulnya para designer, illustrator & photografer. Visual Arts Are Everywhere Even in Islamic University ~ follow twitter @pandorasquad

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: