banner ad Startup UIN

Alasan kenapa kamu harus bekerja di perusahaan Startup

Yang nulis on di Pojok Usaha | Nov 29, 2014 | 0 Komentar

Beberapa waktu yang lalu perusahaan startup bidang Online Payment Gateway, Veritrans Indonesia mengundang para penggiat startup di kampus UIN Jakarta untuk berkumpul dan sharing-sharing bersama. terlebih saat ini, beberapa alumni Teknik Informatika & Sistem Informasi UIN Jakarta bekerja disana. tulisan ini adalah sebagian kecil review dari event tersebut.

Baca Juga: StartupUIN Kenalkan karya teknologi Mahasiswa

Reason to work at a Startup

Berikut ini terdapat 9 Alasan kenapa kamu harus bekerja di perusahaan Startup :

Alasan 1 – Bergabung dengan startup yang tepat akan memberikan dampak BESAR yang positif dalam hidupmu

Suatu ketika pacarmu (klo punya ;p) mau belanja online, lalu kamu bilang ke dia bahwa kamu yang membuat sistem pembayaran beberapa toko online besar di indonesia. Doi udah pasti klepek-klepek dan apa sih yg lebih penting di dunia ini selain cinta? :’) *oke skip. well, bukan hanya itu sebenernya. jika kamu seorang developer, kamu akan berbicara di depan banyak orang & bercerita tentang  produk yang kamu buat. tentu saja, kamu juga lah yang akan bertanggung jawab atas teknologi yang digunakan.

Alasan 2 – Kamu akan belajar BANYAK hal & mempelajarinya dengan CEPAT

Ketika masuk kedalam sebuah industri dan dunia kerja, terlebih dalam dunia startup, kamu akan dituntut untuk membuat sebuah produk dengan cepat. oleh karena itu, kamu akan belajar langsung dari ahlinya. jika dibutuhkan, kamu akan disuruh mengikuti berbagai seminar/conference di dalam dan diluar negeri (baca: jalan-jalan). tidak hanya sampai disitu, kegiatan Internal Sharing pun menjadi makanan sehari-hari, community gathering pun apalagi. kamu juga akan di fasilitasi untuk belajar materi/kursus berbayar. dari paparan diatas, sudah pasti kamu akan bertemu banyak orang & banyak belajar hal-hal baru.

Alasan 3 – Bekerja dengan teman-teman yang sudah lama kamu kenal

Perusahaan startup yang sedang berkembang biasanya akan mencari talent-talent perusahaan dengan cepat. jika dimungkinkan, perusahaan akan meminta kamu untuk merekomendasikan temanmu, dan tentu kalian akan berkerja bersama-sama sehingga kalian tidak perlu susah untuk menyesuaikan diri lagi dilingkungan kerja. tapi tidak disarankan kamu merekomendasikan pacar, karena klo nanti putus bisa bahaya :))

Alasan 4 – Melihat hasil pekerjaanmu dengan cepat

Seperti yang sudah kami paparkan pada alasan no 2, apalagi persaingan dengan kompetitor yang begitu ketat, kamu akan dituntut untuk membuat suatu produk dengan cepat. tenang saja, kamu akan bekerja dalam sebuah tim sehingga hasilnya pun bisa dilihat dengan cepat. klo pun ada hasil kerja yang kurang memuaskan/gagal, kamu  berserta tim akan mencari solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Baca Juga: Mengenal StartupUIN 

 Alasan 5 – Struktur organisasi  perusahaan yang flat

Biasanya dalam sebuah perusahaan konvensional, posisi dan struktur organisasi perusahan berbentuk segitiga pyramid, dimana pada bagian top level terdapat Direktur lalu dibawahnya Manager dst. lalu Jika kita ingin berbicara kepada atasan tentang gagsan maupun solusi harus melalui prosedur seperti melalui Manager dulu dst, sehingga tidak langsung didengar oleh direktur perusahaan. namun sedikit berbeda dengan perusahaan startup, struktur & posisi perusahaan tetap ada sebagai cerminan dari tugas & tanggung jawab kita. bedanya, kita tak perlu prosedur yang rumit untuk menyampaikan ide/gagasan/solusi. kita bisa langsung berbicara kepada atasan dan biasanya sang CEO sebuah startup pun terbuka pikirannya untuk semua masukkan, asalkan dengan tujuan memajukan perusahaan atau memecahkan suatu masalah.

Alasan 6 – Kerja yang Flexible

Bukan hanya dari segi jam kerja nya yang flexible (tidak harus masuk kantor), tapi juga dari cara bekerjanya. bisa dilakukan via online, atau juga jika bosan para tim bermain game terlebih dahulu supaya fresh. perusahaan startup lebih berorientasi terhadap goal-goal kecil untuk mencapai goal yang besar.

Alasan 7 – Punya kantor yang keren

Sudah pernah lihat kantor Google yang lebih terlihat seperti sebuah tempat bermain dari pada sebuah kantor?

tidak seperti kantor biasanya yang penuh dengan sekat/kubikel, dekorasi kantormu nanti akan lebih berwarna. kantor aja warna-warni, bisa kebayang apalagi hati kamu ya kan?

Alasan 8 – Jika kamu ingin membuat Startup, Gabung dengan perusahaan Startup!

Tidak perlu diragukan lagi. jika kamu ingin membuat perusahaan startupmu sendiri, kamu perlu belajar tentang hal tersebut dari perusahaan startup langsung. tidak jarang kerabat satu perusahaanmu nanti membuat startup yang bahkan berbeda jauh dengan perusahaan startup dimana kamu bekerja sekarang.

Alasan 9 – Bersenang-senang!

Perusahaan startup sangat menyadari bahwa aset terpenting perusahaan adalah sumber daya manusia nya yang akan membuat mereka berkembang. oleh karena itu, lingkungan perusahan dibuat senyaman mungkin. akan ada banyak hal-hal seru, unik, dan lucu yang akan terjadi di kantor. cinta lokasi juga pasti tidak akan ter-elak-kan (itu pun klo ada yg mau sama kamu ;p)

Pertanyaan nya, kamu sudah siap untuk masuk ke salah satu perusahaan startup?? Let’s Learn Together 🙂

Sumber Presentasi

 

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang startupuin:
a community for Technopreneur based at UIN Jakarta. competitive education environment based on creativity & innovation culture.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: