banner ad Startup UIN

Salam Duaribu Untuk Indonesia

Yang nulis on di Ekonomi | Nov 24, 2014 | 0 Komentar

 

Negara Indonesia juga dikenal dengan salah satu penghasil minyak dunia namun saat ini minyak di Indonesia semakin berkurang, sedangkan pemakaian BBM semakin bertambah terus menerus setiap tahunnya. Sehingga kenaikan harga minyak menjadi sangat menakutkan bagi rakyat kecil.

Selama ini pemerintahan harus menegeluarkan dana subsidi untuk BBM yang diambil dari APBN, sehingga kita dapat membeli BBM dengan harga murah akibatnya pengeluaran dana APBN yang terpakai untuk subsidi BBM semakin tinggi dan mengakibatkan perekonomian Indonesia semakin merosot. Maka pemerintah mengambil kebijakan untuk menaikkan harga BBM. Terkait rencana kenaikan harga BBM ini sudah cukup jelas, yaitu terus meningkatnya harga minyak internasional.

 

Antrian Panjang BBM

Gambar diambil dari sini

 

Kini pemerintah telah mengambil langkah awal untuk memajukan perekonomian Indonesia dengan cara menaikkan harga BBM. Dengan menaikkan harga BBM bersubsidi ini maka negara akan menghemat biaya pengeluaran APBN dengan demikian perekonomian Indonesia akan lebih maju dan meningkat dari pada sebelumnya.

Akan tetapi perekonomian rakyat Indonesia yang tergolong di dominasi menengah kebawah, akan merasakan pengaruh yang sangat tinngi. Dimana BBM merupakan salah satu mata pencaharian mereka, jika BBM naik maka sejumlah barang-barang kebutuhan pokok pun juga akan meningkat. Golongan masyarakat yang paling terkena dampaknya adalah masyarakat miskin.

Kebijakan pemerintah dalam memberikan bantuan langsung tunai sangat bermanfaat bagi golongan ini. Setidaknya dalamĀ  jangka pendek ekonomi mereka dapat terbantu. Selanjutnya anggaran tersebut harus mampu dipergunakan dalam meningkatkan ekonomi mikro. Kegiatan perdagangan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri perlu ditingkatkan dan dipenuhi sehingga mengurangi impor, kemudian jika bisa produk kita di ekspor ke negara lain. Janganlah kita menjadi ketergantungan dengan barang impor terus.

Kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga BBM merupakan kebijakan yang positif, karena dapat meningkatkan infrastuktur, perekonomian rakyat, penjaminan kesehatan, pendidikan rakyat. Inilah yang menjadi PR penting bagi pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia, melalui pengawasan-pengawasan yang ketat terhadap oknum-oknum yang dipilih rakyat untuk duduk dikursi pemerintahan.

Akan tetapi hal ini bisa menjadi negatif minimnya informasi masyarakat terkaitĀ  tujuan pemerintah mengambil kebijakan tersebut, dan masih banyaknya pihak yang pro dan kontra terhadap pengambilan keputusan tersebut. Hal ini yang akan menjadikan kerusuhan dan kekacauan di lingkungan sosial, politik bahkan dari pendidikan pun juga akan berpengaruh.

Dalam mengatasi kenaikan harga BBM pemerintah pasti memiliki tujuan yang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka kita sebagai masyarakat harus mendukung penuh terhadap rencana-rencana yang dilakukan oleh pemerintah. Dan pemerintah juga harus lebih tanggap dalam menghadapi masalah yang ada di dalam negeri, sehingga masyarakat aman, tenteram, makmur dan berbhineka tunggal ika. Maka dukunglah segala kegiatan dan rencana pemerintah baru kita ini dan salam dua ribu!!

 

 

Bagaimana dengan pendapat anda sendiri?

Silahkan berkomentar di bawah ini.

Tags: , , , , ,

About the Author

Tentang fayzaaveiroo:


rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: