banner ad Startup UIN

Tantangan Pemerintahan Baru

Yang nulis on di Mahasiswa, Sosial | Nov 28, 2014 | 0 Komentar

Joko Widodo Presiden Republik Indonesia pada periode 2015-2019 yang telah resmi dilantik pada 20 Oktober 2014. Dengan adanya pemerintahan baru maka ada pula tantangan yang harus dilewati pada masa Presiden Jokowi-Jusuf Kala. Permasalahan tantangan ini harus bercermin dari pemerintahan sebelumnya yang masih dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Jokowi akan membangun pemerintahan yang jujur, bersih dari korupsi dan orang yang memiliki kompetensi pada bidangnya untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Tantang tantangan yang harus dihadapi Jokowi-JK menurut Douglas Broderick dalam republika.co.id “Saya pikir tantangan terbesar saat ini (untuk pemerintah baru Indonesia) adalah ketimpangan sosial. Gini index (indeks pengukur tingkat ketimpangan) Indonesia meningkat dari 0,31 menjadi 0,41. Hal ini akan menjadi tantangan yang sangat besar”. Dengan meningkatnya ketimpangan sosial yang terjadi diberbagai wilayah Indonesia maka Jokowi harus membuat kinerja dalam pemerintahannya untuk memfokuskan tentang ketimpangan sosial karena ketimpangan sosial ini belum mendapat perhatian pemerintah dan belum mendapatkan langkah konkret dari pemerintah untuk mengatasi ketimpangan sosial ini.

Program lain yang harus dibenahi yakni dari sektor bahan bakar minyak (BBM). Subsidi BBM cukup besar maka pemerintah akan menaikkan bahan subsidi karena dengan adanya subsidi BBM akan mempengaruhi keuangan pemerintahan dan bila terus menerus maka akan terjadiya ketidakstabilan pengeluaran Negara dalam APBN. Jika subsidi telah dinaikkan maka Jokowi-JK akan memberikan anggaran untuk bidang pertanian dan memberikan kesehatan secara gratis.

Tantangan yang cukup besar yaitu dalam dunia pendidikan. Dalam globalisasi ini pendidikan seharusnya telah membantu calon penerus bangsa untuk melihat jendela dunia melalui buku atau pendidikan yang didapatnya. Namun kurangnya kesadaran, pendidikan tidak cukup penting bagi anak-anak yang kurang mampu, maka dengan ini pemerintah harus membuka kesadaran penerus bangsa untuk memliki pengetahuan yang lebih agar Indonesia menjadi lebih maju.

Selain itu dari dalam pemerintahan, baik menteri-menteri dan staff yang bekerja harus bersih dari korupsi serta kompetensi dalam bidangnya agar terwujudnya pemerintahan yang diharapkan dari rakyat terhadap pemimpin barunya dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Jika hal tersebut terjadi maka semakin besar dukungan dari rakyat untuk pemerintahan baru ini.

Dengan adanya semangat dan terus bekerja sama untuk membangun Indonesia hebat, rakyat akan terus mengawal pemerintahan yang baru. Rakyat akan menjadi pendukung pemerintahan yang pro rakyat yang bersih dari korupsi, sederhana serta pemimpin yang selalu bekerja untuk rakyat.

Harapan rakyat Indonesia untuk pemerintahan baru dapat membenahi seluruh sektor bidang mulai dari pendidikan, mensejahterakan rakyat, melindungi kebudayaan Indonesia serta politik yang bersih dari para koruptor. Maka dengan demikian Indonesia akan menjadi hebat dengan pemimpin yang hebat dan didukung oleh rakyat yang hebat!

Tags: , , ,

About the Author

Tentang fayzaaveiroo:


rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top