banner ad Startup UIN

Tempat-tempat dengan Sejarah yang Romantis

Yang nulis on di Umum | Nov 4, 2014 | 0 Komentar

Menara Eiffel, Paris. Jawaban rata-rata orang kalo ditanya mana tempat paling romatis di dunia. Seromatis itu kah? Mari kita telaah dari segi sejarah pembentukannya. Gustav Eiffel, awalnya gak terlalu tertarik sama proyek rancangan insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier ini. Sebelum akhirnya ia membeli hak paten dan dikenal sebagai pemilik rencana akhir. Hingga dinamakanlah proyek itu sesuai namanya, Menara Eiffel.

Rencana proyek dimulai tahun 1884. Rencana itu mendapat kecaman dan protes keras dari warga Paris, seniman hingga kalangan intelektual. Meskipun akhirnya pembangunan tetap dimulai pada tahun 1887 dan selesai pada tahun 1889. Dan tepatnya diresmikan pada 31 Maret 1889. Meskipun sudah berdiri, warga Paris awalnya tetap membenci Menara Eiffel. Mereka menilai menara Eiffel sudah merusak pemandangan. Guy de Maupassan, seorang novelis bahkan pernah berujar bahwa ia selalu makan siang disebuah restoran. Dimana restoran itu merupakan satu-satunya tempat dimana ia tidak bisa melihat Menara Eiffel.

Ngomong-ngomong soal tempat yang romantis, disini gua coba merangkum tempat-tempat romantis didunia berdasarkan sejarah hingga mitos terbentukannya. Cekidot!

1. Taj Mahal

Taj Mahal

pic from: www.hankered.in

Siapa yang gak tau bangunan yang terlekat di Agra, India ini. Dibangun selama 22 tahun oleh Shah Jehan sebagai mausoleum atau monumen makam untuk mengenang istri tercintanya Mumtaz ul Zamani atau lebih dikenal Mumtaz Mahal. Pembangunan melibatkan 20.000 pekerja, arsitek paling ahli, sejumlah ahli kaligrafi, ahli batu dari seantero India, Persia, hingga Turki.

Berawal dari sebuah janji, setelah melahirkan anak yang ke-14−Mumtaz terbaring lemah disisi Shah Jehan. Sebelum akhirnya meninggal, Mumtaz sempat meminta empat janji kepada Shah Jehan. Yang pertama ia meminta didirikan sebuah Taj. Kedua, Mumtaz meminta Shah Jehan tidak menikah lagi. Ketiga ia meminta anak-anaknya dirawat dengan baik. Dan yang terakhir Mumtaz meminta Shah Jehan mengunjungi makamnya secara rutin. Hingga ahkir ajalnya, Shah Jehan pun dimakamkan disamping istri yang paling dicintainya di dalam Taj Mahal.

 

2. Prasat Hin Phimai

Prasat Hin Phimai

pic from flickr.com

 

Terletak di provinsi Nakhon Ratchasima, Thailand. Bermula saat sang Raja ingin anaknya (Pangeran Pajitt) mempunyai seorang istri. Pergilah Pangeran Pajitt menyusuri desa guna mencari cinta. Hingga ia akhirnya jatuh cinta pada seorang wanita hamil dan berniat menikahinya. Namun sang Raja tidak merestui, sampai akhirnya Pangeran Pajitt berjanji akan menikahi anak dalam kandungan wanita itu saat sudah besar nanti.

16 tahun kemudian, Oparima (gadis dalam kandungan wanita itu) dan Pangeran Pajitt saling jatuh cinta. Tetapi sang Raja tetap tidak memberi restu. Pangeran Pajitt dan Orapima pun lari ke hutan. Saat dihutan, Pangeran Pajitt dibunuh oleh seseorang yang juga menyukai Orapima. Orapima membuat prasati untuk meluapkan rasa patah hatinya ditinggal selamanya oleh Pangeran Pajitt.

 

3. Kastil Kellie

Kellie’s Castle, Batu Gajah, Perak

pic from: avanoustic.blogspot.com

Terletak di Perak, Malaysia. Berkisah tentang William dan Agnes yang berpindah dari Eropa ke Malaysia. Berawal dari nazar William yang berniat akan membangun sebuah kastil jika memiliki seorang putera atau puteri. Sekaligus jadi hadiah untuk isteri tercintanya, Agnes Smith.
Selama proses pengerjaan kastil ini, ada banyak pekerjanya yang meninggal karena terserang penyakit aneh yang disebut dengan flu Spanyol. Pekerjaan kastil pun ikut mandet. Ditambah Perang Dunia I yang tengah bergejolak saat kastil itu dibangun. Namun akhirnya Kastil ini pun selesai dengan arsitektur yang begitu cantik.

 

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan

pic from: saka50ft.deviantart.com

Kalo ini Indonesia punya. Sekalipun kisah ini sangat menyakitkan. Bermula saat Bandung Bondowoso jatuh cinta kepada puteri Kraton Boko yang amat cantik bernama Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso pun coba mempersunting Roro Jonggrang. Karena Bandung Bondowoso adalah si pembunuh ayah Roro Jonggrang, ia mempunyai syarat Bandung Bondowoso harus membuat 1000 arca dalam satu malam guna menolak suntingan itu secara halus.

Dengan didasari rasa cinta yang besar, Bandung Bondowoso dengan gigih melakukan syarat yang diminta Roro Jonggrang. Saat Bandung Bondowoso telah berhasil membuat 999 arca, Roro Jonggrang meminta warga desa agar menumbuk padi dan membuat api besar sehingga ayam berkokok dan pagi dianggap datang lebih cepat.

Bandung Bondowoso pun merasa kesal karena ia mengira pagi belum tiba dan semua adalah akal-akalan Roro Jonggrang untuk membuat pagi lebih cepat. Dengan murka ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca melengkapi candi yang kurang. *pukpuk Bandung Bondowoso*

 

5. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

pic from: travellia.net

Meskipun ini kisah yang beda dari yang lainnya, tapi menurut gua ini kisah yang paling seru versi gua. Dalam kisahnya, Dayang Sumbi adalah anak dari Raja Sungging Perbangkara, dengan seekor babi hutan betina bernama Wayungyang. Dayang Sumbi sangat cantik dan cerdas, banyak para raja saling perang yang meminangnya, tetapi tak seorang pun diterima.

Dayang Sumbi mengasingkan diri di sebuah bukit ditemani seekor anjing jantan yaitu Si Tumang. Ketika sedang asyik bertenun, alat tenunnya jatuh. Dia berjanji bila yang mengambilkannya adalah lelaki, akan dijadikan suami. Si Tumang mengambilnya, lalu menikahlah mereka dan dikaruniai bayi laki-laki, bernama Sangkuriang.

Sangkuriang memiliki kekuatan sakti seperti ayahnya. Dalam masa pertumbuhannya, dia selalu ditemani oleh Si Tumang yang diketahui sebagai anjing, bukan ayahnya. Ketika Sangkuriang berburu di hutan, dia menyuruh Tumang mengejar babi betina yang bernama Wayungyang. Karena tidak menurut, Sangkuriang membunuh Si Tumang.

Dagingnya diberikan kepada ibunya untuk dimasak. Mengetahui yang dimakan adalah Si Tumang, Dayang Sumbi marah, memukul Sangkuriang dengan sendok dari tempurung kelapa, dan mengusirnya. Sangkuriang pergi mengembara, dan tanpa sadar kembali di tempat Dayang Sumbi, tanpa sadar itu ibunya. Terjalinlah kisah kasih. Luka di kepala Sangkuriang membuat Dayang Sumbi sadar dia adalah anaknya. Sangkuriang tetap memaksa untuk menikahinya. Untuk syarat, Dayang Sumbi minta dibuatkan perahu dan telaga dalam waktu semalam.
Sangkuriang kemudian membuat perahu dari sebuah pohon yang tumbuh di timur, yang menurut banyak orang tunggul dari pohon itu kini menjadi Gunung Bukit Tanggul. Sedangkan ranting pohon yang ditumpuknya di sebelah barat itu menjadi Gunung Burangrang. Karena dibantu makhluk halus, Sangkuriang hampir menyelesaikan semuanya. Tapi, Dayang Sumbi yang tidak ingin menikah dengan anaknya terus berdoa pada Sang Hyang Tunggal agar Sangkuriang tak bisa menyelesaikannya.

Dayang Sumbi pun mengibaskan kain boeh raring hasil tenunannya, dan seketika kain putih itu bercahaya seperti fajar yang terbit dari timur. Jin yang membantu Sangkuriang mengira bahwa hari telah mulai pagi dan mereka pergi ketakutan. Sangkuriang yang kesal karena hampir menyelesaikan semuanya itu langsung menjebol bendungan danau yang berada di Sanghyang Tikoro, sumbat danau itu ia lemparkan ke arah timur dan kini menjadi Gunung Manglayang. Perahunya sendiri yang telah dibuat itu ditendangnya ke arah utara dan kini menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Yapz, itu adalah beberapa tempat-tempat dengan sejarah romantis yang gua coba rangkum. Meskipun banyak juga yang bilang, “Romantis itu bukan masalah dimana, tapi sama siapa.” Sekalipun makan berdua di tukang pecel lele pas mati lampu itu romantisnya bagai candle light dinner direstoran mewah di Paris.

 

Jadi, adakah yang mau nemenin gua mengunjungi salah satu dari tempat-tempat diatas? lohabaikan*-_-

Tags: , ,

About the Author

Tentang dimassatriowib:
Juara I lomba CaLisTung tingkat Nasional tahun yang tak pernah ada.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top