banner ad Startup UIN

Tips-Tips Untuk Perokok Pasif

Yang nulis on di Kesehatan | Nov 25, 2014 | 0 Komentar

“Karena hak menghirup udara bersih adalah hak setiap bangsa.”

Tips-Tips Untuk Perokok Pasif

pic from youtube

Oke, kalimat itu merupakan yang paling sering dilayangkan oleh mereka yang gak suka banget sama asap rokok. Udara bersih yang dimaksud bukan saja terbebas dari polusi kendaraan bermotor atau pabrik, tetapi juga asap rokok. Bahkan tidak sedikit juga orang-orang terdekat kita menjadi perokok aktif. Mulai dari bapak, teman-teman, sampai pacar (eh punya gak lu pada?). Atau biasanya juga kita sering bertemu dengan para perokok aktif di tempat-tempat umum dan angkutan-angkutan umum.

Nah menjadi perokok aktif itu ternyata bahayanya 3 kali lipat gaes. Menurut Setyo Budiantoro dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengatakan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke dalam tubuh si perokok aktif, sedangkan 75 persennya beredar diudara bebas yang beresiko masuk ke dalam tubuh orang di sekelilingnya.

Nah berikut gua coba kasih sedikit tips untuk kalian-kalian yang sering menjadi perokok pasif.

Cekidot!

  • Pertama-tama biasakanlah membawa masker, sapu tangan, tissue atau apapun yang dapat digunakan untuk menutupi hidung anda dari asap rokok yang dikeluarkan oleh si perokok aktif di sekitaran anda. Atau bisa juga buat kalian mahasiswi UIN menggunakan kerudungnya untuk menutupi hidung anda.

 

  • Jika radar jangkauan penciuman hidung anda itu sangat luas, biasanya tips pertama agak kurang berhasil. Cobalah kibas-kibaskan tangan anda layaknya tukang sate sekuat mungkin agar asap rokok pergi menjauh. Bisa juga dilakukan sambil memisuh-misuh sebagai senjata bantuan untuk menjauhkan asap rokok tersebut.

 

  • Kalau masih gak berhasil juga, karena sekarang kita hidup di zaman kode-kodean cobalah kalian berikan kode. Berpura-pura batuk bisa menjadi kode yang ampuh untuk menegur halus si perokok aktif. Sambil anda berdo’a, semoga si perokok aktif disekitar anda itu bisa jauh lebih peka dari gebetan anda.

 

  • Dan kalau si perokok masih belum peka juga, coba lah jurus nyindir ala anak-anak gaul sosmed jaman sekarang dengan “no mention”. Apabila anda kebetulan sedang bersama teman anda yang juga bukan perokok dan disekitar anda ada seorang yang sedang merokok, cobalah berpura-pura ngomong ke teman anda dengan nada yang agak keras supaya terdengar: “Ih gua males banget tau sama cowok perokok.” Sehabis berbicara itu usahakan bahasa tubuh anda seolah menunjukan bahwa si perokok itu tidak sedang berada disekitaran anda. Pura-pura cuek.

 

  • Nah ini merupakan jurus pamungkas, namun dibutuhkan keberanian yang besar. Cobalah tegur si perokok aktif tersebut secara langsung. Usahakan tegurlah dengan cara yang sopan dan santun. Tapi siapkan juga berbagai macam senjata debat. Si perokok yang agak batu biasanya suka nyeletuk: “Duit-duit gua, apa hak lu ngelarang gua?”. Nah kalo udah sampe ngomong gitu, balikin lagi aja pake pasal para non-perokok seperti yang udah disebutin pertama tadi.

Nah itu tadi beberapa tips yang coba gua kasih untuk kalian yang suka menjadi perokok pasif. Semoga bermanfaat untuk kalian para perokok, baik itu yang aktif maupun yang pasif.

kalau kamu suka dengan artikel ini, bantu share ya 🙂

Tags: , ,

About the Author

Tentang minjun:


rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: