banner ad Startup UIN

Keistimewaan al-Quran

Yang nulis on di Pojok Motivasi | Des 29, 2014 | 0 Komentar

Assalamualaikum, Akhies dan Ukhties ^_^

Kali ini, LDK Syahid mau share mengenai Keistimewaan Al-Quran ah.

Pake gaya Twitter gak papa ya. Soalnya ini diambil dari kultwit @alqolam_pena, Forum Angkatan 2011 LDK Syahid. Hehe.

Baca Quran

Al-Qur’an sebagai landasan hidup manusia memiliki keistimewaan yang tak dimiliki oleh Kitab-Kitab yang lain. Keistimewaan Tilawah (Membaca) – Keistimewaan Tadabbur (Merenungkan) – Keistimewaan Hifzh (menghafal).

Al-Qur’an adalah sebuah kitab yang harus dibaca, bahkan sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai bacaan harian. Allah SWT menilainya sebagai ibadah bagi siapapun yang membaca Al-Qur’an. Pahala yang Allah berikan tidak dihitung per ayat atau per kata, melainkan per huruf.

Rasulullah bersabda,

“Aku tak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu 1 huruf, tapi Alif 1 huruf, Lam 1 huruf, dan mim 1 huruf”

Al-Qur’an mampu menjadi ruh (penggerak) bagi kemajuan kehidupan manusia manakala dibaca dan ditadabburi kandungannya. Firman Allah mengenai Keistimewaan Tadabbur Asy-Syuuraa [42]: 52 & Shaad [38]: 29

dan Demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah kami. sebelumnya kamu tidaklah mengetahui Apakah Al kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui Apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan Dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba kami. dan Sesungguhnya kamu benar- benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. Asy-Syuuraa [42]: 52

 

ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. Shaad [38]: 29

Al-Qur’an selain dibaca & direnungi juga perlu ‘tuk dihafal. Menghafal Al-Qur’an adalah ciri khas orang-orang yang diberi ilmu, juga sebagai tolok ukur keimanan dalam hati seseorang.

Allah berfirman,

“Sebenarnya Al-Qur’an itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada-dada orang yang diberi ilmu, dan tidaklah mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” (Al-‘Ankabuut [29]: 49)

“Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak terdapat sebagian ayat dari pada Al-Qur’an, bagai rumah yang tak berpenghuni”

Sekian share mengenai Keistimewaan Al-Quran. Semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang mendapat syafaat dari al-Quran :”)

“Be Insan Mulia. Be Ahlul Quran” – @ltqsyahid #KeistimewaanQuran

Keistimewaan Baca Quran 1

Tags: , , ,

About the Author

Tentang ldksyahid:
Lembaga Dakwah Kampus Syahid | Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta | 28 Mei 1996 | #KitaAdalahSaudara

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top