banner ad Startup UIN

Shalat Lewat Karena Tidur

Yang nulis on di Mahasiswa | Jan 26, 2015 | 0 Komentar

Shalat Lewat Karena Tidur

Assalamualaykum…

Pernah ga sih UINers tidur sampai ngelewatin waktu shalat? Pasti pernah dong.. Apalagi setelah melakukan aktivitas yang sia-sia ataupun tidak. Pasti males banget untuk ngelakuin itu, dan kadang mau shalat suka tanya-tanya “boleh ga sih shalat jam segini??” kalau udah tau jawabannya baru deh shalat, itupun kalau lagi bener. Tapi kalau setannya lagi beraksi malesnya nauzubilleh… hehehe

Gw sendiri kadang suka begitu, makanya gw mau nulis dan berbagi dengan kalian… (bahasanye lu raab, sok tuaa) ^.^

Ternyata bukan kita aja loch UINers yang suka ngalamin itu, namun Rasulullah dan sahabat pernah ngalamin juga karena kelelahan yang amat sangat.. (Baru tau kan lo? gw juga… :D)

Sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Qatadah radhiyallahu‘anhu, ia berkata;

“Kami berjalan bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu malam. Sebagian orang yang ikut rombongan berkata, ‘Seandainya Anda berhenti sebentar untuk beristirahat dengan kami, wahai Rasulullah!’
Beliau menjawab;

‘Aku khawatir kalian akan ketiduran dari mengerjakan shalat.’

Bilal berkata;

‘Aku yang akan membangunkan kalian.’

Maka para sahabat yang lain pun berbaring tidur sedangkan Bilal menyandarkan punggungnya ke tunggangannya. Namun ternyata ia dikuasai oleh kantuk hingga tertidur. Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam terbangun sementara matahari telah terbit. Beliau pun bersabda;

‘Wahai Bilal, apa yang tadi engkau katakan? Katanya engkau yang membangunkan kami?’

Bilal menjawab;

‘Aku sama sekali belum pernah tertidur seperti tidurku kali ini.’

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Sesungguhnya Allah menahan ruh-ruh kalian kapan Dia inginkan dan Dia mengembalikannya pada kalian kapan Dia inginkan. Wahai Bilal! Bangkit lalu kumandangkan azan untuk memanggil manusia guna mengerjakan shalat.”

“Beliau lalu berwudhu, tatkala matahari telah meninggi dan memutih, beliau bangkit untuk mengerjakan shalat.” (HR. Al-Bukhari no. 595)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

Sesungguhnya tertidur dari mengerjakan shalat bukanlah sikap tafrith (menyia-nyiakan). Hanyalah merupakan tafrith bila seseorang tidak mengerjakan shalat hingga datang waktu shalat yang lain (dalam keadaan iaterjaga dan tidak lupa). Maka siapa yang tertidur (atau lupa) sehingga belum mengerjakan shalat, hendaklah ia mengerjakannya ketika terjaga/ketika sadar/ingat.” (HR. Muslim no. 1560)

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata menyampaikan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam;

Siapa yang lupa dari mengerjakan shalat, maka hendaklah ia mengerjakannya ketika ingat, karena Allah berfirman: ‘Tegakkanlah shalat untuk mengingat-Ku.” (HR. Muslim no. 1558).

Jadi kesimpulan dari kisah di atas, Kalau UINers bangun dari tidur kepluk dan telah ngelewatin waktu shalat. Cepet-cepet deh ambil air wudhu, terus langsung shalat. (jangan bangun liat jam berapa, terus tidur lagi. Itu ga baik !!)

Semoga aja khususnya gw dan UINers bisa ngerubah sifat buruk yang udah menempel setelah baca coretan ini, dan bisa mulai mengatur jam tidur supaya gak susah bangun tidur lagi

 

Wassalam..

Tags: ,

About the Author

Tentang Arab:
Pertama kenal si malu-malu, tapi kalau udah kenal malu-maluin.. Tidak ada yang sempurna ciptaan-Nya.. Karena Indah itu ada dirumahnya.. *GARING Lu RAB

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top