banner ad Startup UIN

Tips Mengatur Jam Tidur

Yang nulis on di Kesehatan | Jan 16, 2015 | 0 Komentar

Wah mahasiswa .. masih semangat-semangatnya dong. Sampe-sampe ga cuma baca buku yang sampe pagi.. tapi juga maen PS-nya ampe pagi.. 😀 tapi kalo di kelas namanya ngantuk datengnya ga nentu. Otomatis banyak mahasiswa seperti berlomba gede-gedean kantong mata. Padahal kantong mata sendiri harusnya ga bisa buat jadi satu hal yang dibanggakan selain tanda bahwa orang itu kurang tidur dan stress. (Stress mikirin tugas gara-gara begadang ga ngerjain tugas) tapi ga dimana-mana, kurang tidur itu sudah umum terjadi. Tercatat dalam data sejarah bahwa beberapa kecelakaan besar seperti kebocoran nuklir di Chernobyl (1986), Three Mile Island (1979), dan ledakan pesawat ulang-alik Challenger (1986) terjadi karena pelakunya kekurangan tidur. nah.. apalagi lo yang di dalem kelas kan.. ngencess.. 😀

So buat lo yang kurang tidur.. gue bakal bagi-bagi tipsnya gimana sih biar nggak ngences di ruang kuliah tidur teratur. Seperti yang gue tulis tentang terapi tidur, jam tidur, dan pr minum air. ternyata emang semua itu berhubungan..

Tapi karena ada dua sebab fisiologis atau psikologis. Coba dulu aja asumsikan kalo ini masalah fisiologis. biar ga mumet kalo ada yang mau discuss soal psikologisnya monggo di komentar ya..

Nah sampe sini, ternyata badan manusia yang sebagian besar air itu butuh asupan cairan yang cukup setiap harinya.. sebelum kita merapikan jadwal tidur, coba dulu rapikan PR minum airnya. Nah secara umum kebanyakan dokter bilang kalo kita butuh 8-9 gelas air berharinya. Kalo itu dah lewat, kita siap tempur.. :D. langkah berikutnya ketika abis begadang.. kita jangan tidur sampai jam 10 malam ke esokan harinya, kemudian tidur deh. setelah dilakukan 1-3 kali kebanyakan orang otaknya akan menset jam tidur ke waktu yang lo tentukan.

Nah kalo buat yang ga berhasil ayo coba ke psikolog di klinik ada psikolog tuh kalo ga salah 😀 lumayan bisa make KTM haha.. ,bisa jadi susah tidur lo bukanlah semata-mata permasalahan fisiologis, bisa banyak faktor tapi ada baiknya lo langsung konsultasi ke psikolog. nah berikut tabel jam tidur orang kebanyakan.. kalo lo jam tidurnya ga kayak gitu .. jangan anggap diri lo ga normal yaa.. waakkaka..

tabel jam tidur orang kebanyakan

 

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang Pandi Merdeka:
Laki-laki. Tinggal di Ciputat. Tiga perempat sarap. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Senang dengan, langit biru, Asap Rokok sambil minum Kopi kental, tertawa keras-keras. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung mood. Baginya, merekam adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Sampai Bertemu di dunia nyata ^^

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: