banner ad Startup UIN

Yuk mengenal Jepang bersama Komunitas JFUIN (Japan Freak UIN)

Yang nulis on di Pojok Komunitas | Jul 23, 2015 | 1 Komentar

Mengenal Jepang bersama Komunitas JFUIN

Logo Komunitas JFUIN

 

Konnichiwa!

Merasa tidak asing dengan kata di atas ? Atau mungkin tahu arti dari kata di tadi ? Ya, kata di atas adalah bentuk sapaan dalam bahasa Jepang yang berarti ‘Selamat siang,’ atau umumnya juga digunakan untuk mengatakan ‘hello.’ Nah, jika kalian tergolong orang-orang yang merasa familiar dengan kata tadi, selamat, kalian ada di artikel yang tepat.

Kenapa saya bilang kalian berada di artikel yang tepat ? Karena pada tulisan ini kita akan coba mengenal sebuah komunitas yang bukan hanya tahu arti ‘konnichiwa,’ tetapi juga memiliki hobi dan minat pada hal-hal berbau Jepang. Dan jika kalian juga memiliki ketertarikan pada budaya Jepang, di sinilah kalian akan menemuka wadah yang tepat.

Komunitas ini bernama JFUIN atau Japan Freak UIN. Sebuah komunitas yang menauingi kalian-kalian yang memiliki hobi dan ketertarikan pada budaya negeri Sakura, baik kebudayaan tradisional maupun modern. Sederhanannya, JFUIN adalah tempat kumpulnya para pecinta J-pop Culture, Anime, Manga, J-Dorama, J-Music, Idol, Japan Festival, dsb, yang berbasis di UIN Jakarta.

#KopdarJF Ennichisai 2015#KopdarJF di event Ennichisai 2015

 

Komunitas yang awalnya dibentuk setelah mengetahui banyaknya mahasiswa UIN yang memiliki ketertarikan pada kebudayaan Jepang ini, kini telah memiliki puluhan anggota yang berasal dari berbagai fakultas dan semester. Mereka rutin mengadakan gathering (#KopdarJF) setiap Rabu sore di depan Perpustakaan Utama.

Dan dalam setiap #KopdarJF terdapat beberapa kegiatan yang biasa dilakukan, seperti :

1. Kelas bahasa Jepang

Di kelas bahasa Jepang ini kita akan berbagi pengetahuan-pengetahuan dasar dalam berbahasa Jepang dengan cara yang menyenangkan dan tidak kaku.

Kelas Bahasa JFUIN 1

Kelas Bahasa Jepang JFUIN

 

2. Belajar Budaya

Di komunitas ini kita tidak hanya sebatas menjadi pecinta Jepang, tetapi sedikit-banyaknya kita akan diajak terjun menjadi pegiat budaya Jepang dengan mempraktekkan beberapa kebudayaannya, seperti menarikkan bermacam odori (tarian-tarian Jepang), memasak makanan Jepang, menggambar manga, menjadi seiyuu (pengisi suara anime) dan masih banyak lagi.

Odori & Flashmob - ICFest 2015 Menari Bon Odori & Flashmob Koisuru Fortune Cookies di event ICFest FLAT 2015

Membuat Sushi & OnigiriMembuat Sushi & Onigiri

3. Membuat kerajinan tangan khas Jepang

Mungkin kalian pernah tahu tangan kahs Jepang seperti origami atau teru-teru bozu (boneka penangkal hujan) atau  beberapa kerajinan khas Jepang lainnya. Nah, di sini kita  akan mencoba untuk mebuatnya secara langsung.

Membuat Teru-teru bozuMembuat Teru-teru Bozu

 

4. Kegiatan di luar kampus

Selain mengadakan kegiatan rutin di kampus, JFUIN juga sering melakukan kegiatan di luar kampus. Kegiatan ini bisa berupa pergi ke event kebudayaan Jepang bersama-sama, Nonton bareng (#NobarJF) film-film atau anime-anime Jepang yang tayang di bioskop tanah air, bahkan ikut serta di event yang diadakan instansi atau organisasi lain, seperti ketika JFUIN ikut meramaikan acara ICFest (International Culture Festival) yang diselenggarakn oleh UKM Bahasa FLAT, atau ketika JFUIN ikut serta mengangkat Omikoshi (kuil berjalan khas Jepang) di berbagai event.

#NobarJF Stand by me Doraemon#NobarJF Stand by me Doraemon di Blitzmegaplex Teraskota, BSD.

JFUIN di ICFest 2015JFUIN di event ICFest FLAT 2015

5. Kegiatan lainnya.

Selain melakukan kegiatan-kegiatan tadi, mereka juga sering berkumpul untuk bermain permaina sederhana khas Jepang, sharing tentang apa yang sedang hits di Jepang. sekedar temu-kangen, atau bahkan untuk sekedar saling bertukar koleksi anime, dorama, film dsb.

#NobarJF - Kampus#NobarJF di kampus

 

 

Jadi, buat kalian, para mahasiswa UIN yang memiliki kecintaan pada budaya Jepang seperti teman-teman JFUIN, atau kalian-kalian yang tertarik dengan apa yang mereka lakukan, JFUIN dengan senang hati menyambut kalian untuk bergabung menjadi bagian dari JFUIN. Tidak perlu takut, tidak perlu minder ataupun malu, karena disinilah wadah yang tepat bagi kalian untuk mengekspresikan kecintaan kalian pada budaya Jepang, dan di sinilah tempat kalian menemukan teman-teman dengan minat dan kecintaan yang sama dengan kalian. Karena punya teman yang se-hobi itu rasanya benar-benar menyenangkan.

Buat kalian yang berminat bergabung dengan JFUIN, kalian bias langsung datang ke #KopdarJF, setiap hari Rabu mulai jam 4 sore di depan Perpustakaan Utama UIN Jakarta. Atau kalian juga bisa follow twitter-nya terlebih dahulu di @JFUIN dan bergabung di Grup Facebook-nya JFUIN.

 

Oke, kami sangat menunggu kalian untuk menjadi bagian dari JFUIN.

Arigatou Gozaimasu.

JFUIN.

Tags: ,

About the Author

Tentang Japan Freak UIN:
Komunitas Jepang Mahasiswa & Mahasiswi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tempat pecinta anime, manga, culture, event dll ∥ kopdar setiap Rabu 16:30 WIB Pelataran PU (Perpustakaan Utama) UIN JKT. Mari Gabung di Group FB

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top