banner ad Startup UIN

Pastikan Dulu 5 Hal Ini Saat Memilih Travel Umroh

Yang nulis on di Umum | Jul 27, 2016 | 0 Komentar

umroh2

 

Pergi ke tanah suci makkah merupakan dambaan bagi setiap kaum muslimin. Bisa beribadah haji maupun umroh di baitullah, serta mengunjungi tempat-tempat bersejarah terkait sejarah islam di Timur Tengah diharapkan mampu meningkatkan kadar kekhusyukan dalam beribdah kepada Sang Maha Pencipta.

 

Menjalankan ibadah di tanah suci tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sebagaian dari kita mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan biaya dengan cara menabung. Alangkah bahagianya bila keinginan tersebut bisa terwujud sesuai yang diharapkan. Namun, tak jarang kita jumpai travel umroh menawarkan harga relatif murah, nyatanya jamaah malah tertipu sehingga keinginanannya tidak bisa tercapai.

 

Tekait masalah tersebut, Muhajirin Yanis sebagai Direktur Pembina Haji dan Umroh minta calon jamaah umroh untuk memastikan 5 hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dalam beribadah. Nah berikut hal-hal yang perlu dipastikan sebelum memilih travel umroh:

 

Pastikan Travel Berizin

umroh1

 

 

 

 

 

 

 

Memastikan travel tersebut memiliki izin atau tidak sangatlah mudah. Kini, calon jamaah bisa mengecek di http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu . Bila tidak terdaftar, berarti travel tersebut tidak berizin dari Kementrian Agama.

 

Pastikan Waktu Keberangkatan Serta Kepulangannya

Kementrian mengharapkan jamaah teliti untuk mengecek waktu keberangkatan serta kepulangan. Hal ini dikarenakan jamaah umrah yang tidak bisa kembali ke tanah air karena tidak ada tiket kepulangan dari travel tersebut. Travel tersebut lepas tanggungjawab. Normalnya, perjalanan dari Indonesia ke arab Saudi selama sembilan jam, jika pesawat harus transit pastikan waktunya sesuai.

 

Pastikan Harga dan Fasilitas Pelayanannya

Harga tentunya akan berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan. Maka jangan tergiur dengan paket umroh dengan harga yang murah. Hal tersebut kemungkinan tidak memikirkan pelayanan yang prima selama ibadah, misalnya jarak penginapan yang jauh dari tempat ibadah. Harga yang dibayarkan jamaah melalui paket umroh tersebut tentunya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, transportasi, akomodasi, guide, asuransi dan manasik. Maka pastikan hal tersebut sebelum memilih travel umroh.

 

Pastikan Hotel atau Penginapannya

Standart yang ditetapkan oleh kementrian adalah hotel atau penginapan dengan fasilitas minimal bintang tiga. Sedangkan untuk jarak dari penginapan ke tempat ibadah yaitu satu kilometer. Namun, jika jamaah adalah orang yang lanjut usia diharapkan memilih paket umroh yang lebih mahal agar jarak ke penginapan lebih dekat.

 

Pastikan Visa Umroh

Terakhir, pastikan visa umroh. Visa umroh hanya dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi yang ada di Indonesia. Hanya travel yang resmi dan berizinlah yang bisa mengurus visa umroh bagi calon jamaahnya. Visa minimal sudah ada tiga hari sebelum keberangkatan. Jika visa tersebut tidak resmi atau kadaluarsa, maka jamaah berpotensi ditangkap atau dipulangkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

 

Dengan memastikan hal-hal berikut sebelum kita memilih travel umroh, kelak bisa semakin meningkatkan rasa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah di tanah suci. Semoga niat baik kita akan dilapangkan oleh Sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aamiiin.

Tags:

About the Author

Tentang Dewi Maryam:
Akun twitternya @dewimarmar, lagi meneruskan sisa-sisa perjuangan sebagai mahasiswa tingkat akhir.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top