banner ad Startup UIN

Sudah Tahu? Ini Lho Istimewanya Al-Quran!

Yang nulis on di Event Internal Kampus, UIN | Mar 14, 2017 | 0 Komentar

UINers, Al-Quran sebagai landasan hidup manusia memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh Kitab-kitab yang lain. Apa aja sih istimewanya? Cekidot bro!

KEISTIMEWAAN TILAWAH (MEMBACA)

Al-Quran adalah sebuah Kitab yang harus dibaca, bahkan sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai bacaan harian. Allah menilainya sebagai ibadah bagi siapapun yang membacanya. Pahala yang Allah berikan tidak dihitung per ayat atau per kata, melainkan per huruf! Sebagaimana dijelaskan Rasulullah:

“Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif adalah satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.”

Quran Tilawah

Pembacaan ayat Suci Al-Quran menjelang sholat Jumat di Masjid Fathullah UIN Jakarta (via LTTQ Fathullah)

 

KEISTIMEWAAN TADABBUR (MERENUNGKAN)

Al-Quran mampu menjadi ruh (penggerak) bagi kemajuan kehidupan manusia manakala selalu dibaca dan ditadabburkan makna yang terkandung dalam setiap ayat-ayatnya. Allah berfirman:

“Ini adalah sebuah Kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka mentadabburkan ayat-ayat-Nya dan supaya mereka menjadi peringatan bagi orang-orang yang berakal.” (Shaad [38]: 29)

Quran LTTQ

Salah satu pengurus LTTQ sedang membaca Al-Qur’an bil Ghaib dengan disimak oleh pengurus yang lain. (via LTTQ Fathullah)

 

KEISTIMEWAAN HIFH (MENGHAFAL)

Al-Quran selain dibaca dan direnungkan juga perlu untuk dihafal. Dipindahkan dari tulisan ke dalam dada, karena hal ini merupakan ciri khas orang-orang yang diberi ilmu, juga sebagai tolok ukur keimanan dalam hati seseorang. Allah berfirman:

“Sebenarnya Al-Quran itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada-dada orang yang diberi ilmu, dan tidaklah mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” (Al-‘Ankabuut [29]: 49)

Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak terdapat sebagian ayat dari pada Al-Quran, bagaikan rumah yang tidak berpenghuni.” (HR. at-Tirmidzi)

Olimpiade Quran

 

Nah UINers, Lembaga Tahfizh & Ta’lim al-Qur’an (LTTQ) Fathullah UIN Jakarta punya agenda yang membuat kamu dapat menikmati keistimewaan Al-Quran: “Olimpiade Qur’an Se-Indonesia Jilid 2”!

Lembaga Tahfizh dan Ta’lim al-Qur’an (LTTQ) adalah salah satu Lembaga yang berada di bawah naungan Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Olimpiade Qur’an (OQ) se-Indonesia Jilid 2 merupakan kegiatan perlombaan tingkat nasional yang akan diikuti oleh santri dari pondok pesantren se-Indonesia. OQ kali ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya, yang sebelumnya telah diselenggarakan Olimpiade Qur’an se-Indonesia Jilid 1 pada tahun 2014.

Perhelatan akbar kali ini insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal: 21-23 April 2017, dengan mengangkat tema: “Meraih Cita, Menggapai Cinta bersama Al-Qur’an“. Penghargaan berjumlah total puluhan juta rupiah siap diberikan kepada para pemenang, dengan hadiah utama berupa Paket Umrah!

Apa aja sih cabang perlombaannya? Apa saja syarat-syaratnya? Download Panduan Teknis Olimpiade Qur’an, klik disini!

Pendaftaran secara online dibuka mulai 13 Februari sampai 10 April 2017. Isi Pendaftaran Online, klik di sini!

Untuk pendaftaran secara offline (langsung), kamu bisa mengisi formulir pendaftaran di stand OQ yang berlokasi di halaman parkir Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pendaftaran Offline dibuka tanggal 13 Maret 2017.

Buat kaka-kaka mahasiswa UIN se-Indonesia yang merupakan alumni pondok pesantren, bisa banget nih ajak adik-adiknya untuk ikutan Olimpiade Qur’an (OQ) se-Indonesia Jilid 2! Informasi selengkapnya bisa buka Website LTTQ Fathullah; dan kalo mau tanya-tanya secara personal bisa hubungi Kak Umi di 085733504605 atau Kak Aldi di 085778512715 ya 😀

Tags: , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: