banner ad Startup UIN

Kampanye Anti Cyberbullying Lewat Kompetisi Kreatif

Yang nulis on di Event Internal Kampus, Featured | Mei 16, 2017 | 0 Komentar

Belakangan ini penggunaan sosial media di kalangan anak muda semakin meningkat. Data yang dirilis oleh APJII pada tahun 2016 menunjukkan bahwa penggunaan internet paling banyak didominasi oleh anak muda yang berada dalam rentang usia 10-34 tahun dan presentase penggunaannya mencapai 42.8% dari total pengguna internet di Indonesia. Kebanyakan anak muda menggunakan media sosial untuk melakukan  interaksi sosial dengan pengguna lain di dunia cyber.

Berbeda dengan interaksi sosial di dunia nyata yang memiliki berbagai macam aturan mengikat, di dunia cyber tidak mengenal aturan yang mengikat bagi penggunanya. Hal tersebut membuat para pengguna media sosial memiliki kebebasan sehingga tidak mempedulikan etika dalam berinteraksi dengan orang lain di media sosial.

Akibatnya, saat ini di media sosial muncul berbagai masalah  baru seperti cyberbullying dan hatespeech yang ditunjukkan untuk orang atau kelompok tertentu. Cyberbullying merupakan aktivitas mengejek atau menghina yang dilakukan di media sosial. Sedangkan hatespeech merupakan umpatan kasar yang ditujukan lewat media sosial.

Di Indonesia sendiri banyak orang yang sudah tercatat menjadi korban dari cyberbullying maupun hatespeech. Baru-baru ini kasus cyberbullying menimpa artis cilik Cinta Kuya dimana dia di-bully oleh netizen di akun  instagramnya. Kejadian tersebut menjadikan beban psikologis bagi Cinta Kuya.

Kejadian cyberbullying dan hatespeech tersebut tak hanya dialami oleh artis saja, namun di luar sana masih banyak korban lainnya yang mengalami hal serupa. Longgarnya aturan berinteraksi dalam dunia cyber dan kurangnya edukasi bagi pengguna media sosial menjadikan kasus seperti yang diungkapkan diatas semakin banyak terjadi.

Menyikapi permasalahan tersebut, mahasiswa Ilmu Komunikasi jurusan Advertising UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengangkat tema cyberbullying dan hatespeech dalam event tahunan mereka yang bernama Aduin. Rangkaian acara dalam ADuin 2017 ini berupa kompetisi kreatif, seminar kreatif, pameran karya, serta awarding night. Acara yang ditujukan sebagai kampanye dalam memerangi cyberbullying dan hatespeech ini didukung oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda DIY. Melalui acara ini, mahasiswa Advertising UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga ingin mengedukasi masyarakat untuk beretika ketika berinteraksi dengan orang lain di media sosial.

Acara pertama dalam ADuin yaitu berupa Kompetisi kreatif yang sudah dibuka sejak tanggal 23 Maret-25 April 2017. Dalam kompetisi kreatif tersebut telah terkumpul berbagai macam karya yang berbentuk PrintAd, TVC, dan Digital Activation yang berasal dari partisipasi ratusan mahasiswa dari berbagai macam Universitas di Indonesia. Selanjutnya, karya yang masuk akan dinilai oleh dewan juri dan akan dipamerkan dalam acara pameran karya pada tanggal 3-5 Mei 2017.

 

CYBERBULLYING (1)

 

Pada tahun ini ADuin juga menyelenggarakan seminar kreatif yang dibuka untuk umum dengan mengangkat tema “Creative Empowerment”. Seminar kreatif yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2017 tersebut akan menghadirkan pembicara yang sudah lama berkecimpung di dunia kreatif seperti Handoko Hendroyono (Content Creator, Producer, dan Creative Storyteller) dan Budiman Hakim (Coprywriter, Penulis, Creative Advisor at MACS909).

 

CYBERBULLYING ADUIN AWARDING

 

Untuk mengapresiasi karya-karya yang sudah masuk diadakan pameran karya seluruh peserta diadakan selama 2 hari 17-18 Mei 2017 dan  pada tanggal 18 Mei 2017 akan digelar Awarding Night. Malam puncak dari seluruh rangkaian acara ADuin 2017 tersebut juga menjadi ajang berkumpulnya mahasiswa dan seluruh kalangan yang tertarik dalam dunia kreatif serta menjadi pertanda berakhirnya seluruh rangkaian ADuin 2017.

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: