banner ad Startup UIN

Fatwa Haram Merokok bagi Umat Islam

Yang nulis on di Kesehatan | Jun 1, 2017 | 0 Komentar

Dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2017, UIN Community bersama dengan Al-Qolam Pena dan Coretan Muslim meluncurkan campaign Fatwa Haram Merokok.

 

Fatwa Haram Merokok 1

 

Merokok hukumnya adalah haram karena agama Islam (syariah) menghalalkan segala yang baik dan mengharamkan segala yang buruk, sebagaimana ditegaskan dalam surat Al-A’raaf ayat 157: “… dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk…”

 

Fatwa Haram Merokok 2

 

Perbuatan merokok mengandung unsur menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan. Hal itu bertentangan dengan larangan Al-Quran dalam surat Al-Baqarah ayat 195: “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang yang berbuat baik.”

 

Fatwa Haram Merokok 3

 

Perbuatan merokok merupakan perbuatan bunuh diri secara perlahan sehingga bertentangan dengan larangan Al-Quran dalam surat An-Nisaa ayat 29: “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu”

 

Fatwa Haram Merokok 4

 

Perbuatan merokok membahayakan diri dan orang lain yang terkena paparan asap rokok, sebab rokok adalah zat adiktif dan berbahaya sebagaimana telah disepakati oleh para ahli medis dan para akademisi. Oleh karena itu, merokok bertentangan dengan prinsip syariah dalam hadis Rasulullah saw yang melarang menimbulkan mudarat atau bahaya pada diri sendiri dan pada orang lain. “Tidak ada bahaya terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain.” [HR. Ibnu Majah, Ahmad dan Malik]

 

Fatwa Haram Merokok 5

 

Rokok diakui sebagai zat adiktif dan mengandung unsur racun yang membahayakan walaupun efeknya tidak seketika, melainkan baru muncul dalam beberapa waktu kemudian. Sehingga oleh karena itu perbuatan merokok termasuk kategori melakukan suatu yang melemahkan, sehingga bertentangan dengan hadis Rasulullah saw yang melarang setiap perkara yang memabukkan dan melemahkan. “Dari Ummi Salamah bahwa Rasulullah saw melarang setiap yang memabukkan dan setiap yang melemahkan.” [HR. Ahmad dan Abu Daud]

 

Fatwa Haram Merokok 6

 

Oleh karena merokok jelas membahayakan kesehatan bagi perokok dan orang sekitar yang terkena paparan asap rokok, maka pembelanjaan uang untuk rokok berarti melakukan perbuatan mubazir (pemborosan) yang dilarang dalam Al-Quran surat Al-Israa ayat 26-27: “… dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Karena sesungguhnya para pemboros adalah saudara-saudara setan, dan setan itu sangat ingkar pada Tuhannya.”

Silahkan dishare. Mari bersama-sama, bersinergi dan berkolaborasi untuk menghancurkan hegemoni industri rokok di Indonesia!

Sumber: Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 6/SM/MTT/III/2010 tentang Hukum Merokok

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: