banner ad Startup UIN

Serangkaian Acara PBAK Pendidikan Kimia 2017 UIN Jakarta

Yang nulis on di Event Internal Kampus, Mahasiswa | Agu 24, 2017 | 0 Komentar

P. Kimia

P.kimia ada di UIN Jakarta

yang siap untuk ikut PBAK

jadi ayo kita semangat semua

P.Kimia 

 

Coba dinyanyiin pake lirik lagu Despacito diulang dua kali ya. Nah, itu salah satu yel-yel dari PBAK Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2017. Selalu asyik dan seru ketika maba serempak nyanyin yel-yel!

PBAK Jurusan Pendidikan Kimia di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan berlansung pada hari Rabu, 23 Agustus 2017. Diawali dengan penjemputan maba pada pukul 07.30 WIB di Lobi Timur FITK untuk kemudian diajak menuju Lobi Lantai 4 FITK. Agenda pertama PBAK Jurusan adalah mentoring. Kemudian kegiatan memperkenalkan materi akademik, keprodian (program studi), dan sharing pengalaman menjadi mahasiswa dan praktikan laboratorium oleh kakak-kakak mentor. Kelompok mentoring dibagi menjadi delapan kelompok dengan total maba Pendidikan Kimia berjumlah 55 orang. Selain itu, maba juga diajak berkeliling gedung FITK, khususnya lantai-lantai dan ruangan yang sering digunakan untuk proses belajar, seperti ruang kelas, ruang Ketua Program Studi, Perpustakaan Tarbiyah, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, dan ruangan untuk urusan akademik.

 

PBAK Pendidikan Kimia 2017 UIN Jakarta 1

 

Pukul 08.30 WIB maba diarahkan untuk masuk ke ruang kelas 4.15. Agenda selanjutnya yaitu penyampaian materi-materi, di antaranya adalah materi Keprodian dan Pengenalan Dosen oleh Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, Bapak Burhanudin Milama, M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan ACE (Association of Chemistry Education) oleh Syarif Hidayat selaku Ketua HMPS Pendidikan Kimia tahun 2015 dan pengenalan Himpunan Program Studi (HMPS) Pendidikan Kimia oleh Andini Novitasari selaku ketua.

 

PBAK Jurusan Pendidikan Kimia FITK UIN Jakarta

 

Agar tidak jenuh, maba diajak kembali ke Lobi Lantai 4 FITK untuk penampilan yel-yel kelompok yang sudah dipersiapkan. Sebelum penampilan yel-yel kelompok, maba diajak menyanyikan keseruan yel-yel Pendidikan Kimia yang dipandu oleh panitia dan dimeriahkan oleh kakak senior. Kemudian agenda dilanjutkan dengan Pengenalan Laboratorium oleh Laraswati sebagai praktikan dan Sarah sebagai narator praktikum. Pada materi pengenalan lab, dua mahasiswi cantik semester lima ini menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memasuki lab, mulai dari sepatu, jas lab, APD (Alat Pelindung Diri), dan kebutuhan kelompok. Setelah memasuki lab, Laraswati dan Sarah mencontohkan melakukan pretest, memakai APD dan melakukan praktikum. Sebagai contoh praktikum sederhana Laraswati dan Sarah melakukan pembuatan CuSO4 dan Tower Carbon. Selesai praktikum dilanjutkan dengan promosi jas lab dan APD oleh divisi Badan Usaha Milik Organisasi (BUMO) HMPS Pendidikan Kimia.

 

PBAK Pendidikan Kimia 2017 UIN Jakarta 2

 

Setelah Pengenalan Lab, acara selanjutnya yaitu penampilan yel-yel kelompok. Setiap kelompok memiliki keunikan yang berbeda-beda dan mengundang gelak tawa. Ada yang terlalau pede sampai joget-joget, ada yang malu-malu bahkan lupa lirik. Di akhir acara ada pengumuman Kelompok dan Peserta Terbaik. Kategorinya adalah Yel-yel Terbaik untuk kelompok dan keaktifan yang menjadi kriteria Peserta PBAK P. Kimia Terbaik.

Acara diakhiri dengan doa lalu makan siang. Maba kembali ke Lobi Timur FITK untuk kembali mengikuti serangkaian agenda Fakultas. Aditiya Ratu Hanifah, Ketua Pelaksana PBAK Pendidikan Kimia 2017 sangat berterimakasih kepada seluruh panitia dan pengurus HMPS Pendidikan Kimia yang sudah turut andil dalam menyukseskan acara.”Harapan untuk maba semoga lebih aktif baik, di kepengurusan atau kepanitiaan HMPS Pendidikan Kimia,” ucap Adit mewakili harapan seluruh panitia pelaksana.

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: