banner ad Startup UIN

Ayo Mengajar, Solusi Pendidikan DEMA FITK UIN Jakarta

Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (DEMA FITK) telah sukses melaksanakan program Ayo Mengajar. Program ini adalah bukti kepedulian mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap pendidikan di Indonesia. Digagas oleh kawan-kawan pengurus di bawah pimpinan Adi Raharjo, program Ayo Mengajar diselenggarakan pada liburan semester genap lalu, tanggal 29 Juli – 6 Agustus 2017. Para relawan berasal dari beberapa fakultas yang mengikuti seleksi berkas dan wawancara. Kriteria relawan Ayo Mengajar ialah mahasiswa aktif minimal semester 3 dan memiliki IPK minimal 3.00. Para relawan juga harus mengikuti karantina sebagai pembekalan selama satu bulan.

 

Ayo Mengajar Solusi Pendidikan DEMA FITK UIN Jakarta 01

 

Ayo Mengajar adalah gerakan kultural yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam membangun pendidikan di Indonesia. Tidak hanya menyampaikan aspirasi, tetapi juga memberikan bukti nyata dengan membangun desa yang dirasa butuh perhatian dalam mengembangkan pendidikannya. Yang menjadi target wilayah Ayo Mengajar kali ini adalah SDN 01 Cikarang, Lebak, Banten. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih lokasi ini, di antaranya ialah kurangnya motivasi belajar dalam mengenyam pendidikan, fasilitas yang belum memadai sebagai media belajar,  minimnya guru, dan mudahnya birokrasi perizinan di wilayah tersebut. Sehubungan dengan alasan-alasan di atas, DEMA FITK memberikan solusi dengan mengirimkan 35 orang relawan yang dibagi menjadi 5 kelompok. Para relawan ini datang dengan membawa inovasi-inovasi untuk mengurangi permasalahan yang ada. Mereka juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan kepolisian setempat.

 

Ayo Mengajar Solusi Pendidikan DEMA FITK UIN Jakarta

 

Selain menjadwalkan belajar di sekolah, relawan Ayo Mengajar juga mengisi siang harinya dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya. Setiap kelompok memiliki kegiatan yang berbeda, sehingga murid-murid SDN 01 Cikarang merasa senang. Teman-teman relawan juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat setempat. Malam harinya, kegiatan diisi dengan belajar mengaji dan silaturahim ke rumah penduduk sekitar. Untuk lebih merasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat, relawan Ayo Mengajar membangun perpustaakan dan melayani cek kesehatan secara gratis.

 

Ayo Mengajar Solusi Pendidikan DEMA FITK UIN Jakarta 03

 

Mus’ad Al-Habib, salah satu relawan dari Jurusan Pendidikan Fisika angkatan 2015, mengungkapkan rasa syukur karena diberikan kesempatan untuk mengikuti program pertama DEMA FITK ini. Dia mengaku mendapatkan pengalaman baru yang berharga. “Habib senang bisa berada di sekitar anak-anak di sana karena Habib  bisa banyak belajar dan bersyukur” tuturnya.

 

Ayo Mengajar Solusi Pendidikan DEMA FITK UIN Jakarta 04

 

Program Ayo Mengajar diselenggarakan selama 7 hari. Menurut Adi Raharjo yang merupakan Ketua DEMA FITK, kurun waktu tersebut merupakan waktu yang singkat. Maka dia berharap agar kepengurusan selanjutnya dapat meneruskan program Ayo Mengajar. Jika pun tidak demikian, Adi dan kawan-kawan relawan akan terus berusaha untuk meneruskan gerakan yang bermanfaat ini. “Masih banyak wilayah yang membutuhkan bantuan pendidikan. Maka saya berharap agar 35 relawan Ayo Mengajar memiliki gerakan inovasi dan menjadi pelopor kebaikan dalam pendidikan yang tersebar di 35 wilayah yang berbeda,” ucap Adi penuh harap.

Tags: , , , , , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: