banner ad Startup UIN

FGD: Menumbuhkembangkan Wirausaha di UIN Jakarta

Yang nulis on di Mahasiswa | Sep 14, 2017 | 0 Komentar

Dilatarbelakangi oleh permasalahan perekonomian bangsa Indonesia yang 70% ekonominya dikuasai oleh negara asing dan kurangnya motivasi anak bangsa untuk memulai wirausaha, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion bersama Prof. Dr. H. Abuddin Nata pada hari Kamis, 14 September 2017 di Teater lantai 3 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

 

FGD: Menumbuh Kembangkan Wirausaha UIN Jakarta

 

Focus Group Discussion ini mengundang seluruh delegasi Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan Himpunan Program Studi (HMPS) UIN Jakarta. Diksusi dimulai dengan pengisian angket dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang komperhensif, holistik, dan mendalam tentang pengembangan wawasan, penghayatan, dan pengamatan entrepreneurship di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini juga sebagai penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. H. Abuddin Nata yang nantinya akan diterbitkan menjadi buku sebagai pedoman mahasiswa UIN Jakarta dalam berwirausaha.

Ada beberapa pertanyaan yang menjadi fokus diskusi. Antara lain ialah wawasan mengenai kewirausahaan yang dimiliki mahasiswa, mengenai pentingnya berusaha, bidang usaha yang dibutuhkan oleh mahasiswa khususnya mahasiswa UIN Jakarta, dan fasilitas yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mengembangkan wirausaha di kampus.

Guru Besar Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini menyampaikan betapa pentingnya seorang muslim untuk berwirausaha, karena dalam Islam pun wirausaha mendapatkan tempat yang mulia. Hal tersebut menjadi salah satu ibadah dan ganjaran pahala dari Allah. Karena dengan berwirausaha, menyumbang kepada sumber rezeki dan menawarkan kesempatan kerja kepada masyarakat sehingga mengurangi pengangguran dan kemiskinan. “Islam pun sangat memperhatikan wirausaha. Nabi Muhammad adalah pedagang. Seharusnya, UIN terdepan dalam berwirausaha,” tutur Prof. Dr. H. Abuddin Nata.

Selain itu, beliau pun memaparkan mengenai kebutuhan wirausaha mahasiswa UIN Jakarta. Melihat kurangnya warga Indonesia yang terjun di dunia wirausaha, beliau mengharapkan benih-benih wirausaha tumbuh dari mahasiswa UIN Jakarta. “Yang terpenting adalah fasilitas dan dukungan dari pihak kampus. Mahasiswa perlu berkreasi menghasilkan suatu produk; yang nantinya berguna setelah masuk ke dalam dunia kerja dan membantu menumbuhkan perekonomian bangsa,” tegas beliau.

Selain mendengarkan penjelasan dari Prof. Dr. H. Abuddin Nata, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya mengenai cara menumbuhkan wirausaha di kampus UIN Jakarta. Kebanyakan mahasiswa yang hadir mengaku mendapatkan pengetahuan tentang wirausaha dari seminar-seminar di luar. Mereka berharap agar materi kewirausahaan masuk ke dalam kurikulum perkuliahan di UIN Jakarta. Mahasiswa juga menyampaikan harapan agar pihak kampus memberikan peluang untuk berwirausaha. Mereka meminta kampus mendukung mahasiswa dalam proses berwirausaha, karena beberapa kali ditemukan larangan berjualan di sebagian fakultas.

Tags: , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: