banner ad Startup UIN

Petualangan Maba UIN SGD Bandung 2017 (Bagian Ketiga)

Assalamualaikum! Kembali lagi bersama Tata! Ini dia bagian ketiga dari Petualangan Maba UIN SGD Bandung! (Kalo bagian pertama, bisa dibaca di sini. Kalo bagian kedua, bisa baca di sini.) Aku akan cerita tentang PBAK hari kedua dan ketiga. Baca sampai habis ya ^^

 

Petualangan Maba UIN SGD Bandung 2017 (Bagian Ketiga) 01

 

PBAK UIN SGD Bandung Hari Kedua

Kegiatan PBAK UIN SGD Bandung masih berlangsung dengan aturan yang sama, atribut yang sama dan aku pun datang pada jam yang sama. Namun yang berbeda, sekarang kegiatanku bukan di Gedung Anwar Musaddad lagi. Kami maba fakultas Psikologi diarahkan menuju ke gedung Fakultas Psikologi. Kami mengambil tempat di Ruang Auditorium Fakultas Psikologi.

 

Petualangan Maba UIN SGD Bandung 2017 (Bagian Ketiga) 02

 

Pada sambutannya, Pak Dekan bahwa fakultas Psikologi merupakan fakultas percontohan se-UIN Bandung. Alhamdulillah juga menjadi fakultas terfavorit :3 Bikin merinding dan nambah syukurku sama Allah. Terima kasih, Ya Allah..

Selanjutnya, para Wadek menyampaikan berbagai hal sesuai proporsinya. Wadek I menjelaskan sistem akademik. Seperti apa itu perkuliahan reguler, semester pendek, sks, bagaimana sistem belajar, aturan belajar, IPK dan sebagainya. Wadek II menjelaskan administrasi dan perihal keuangan. Beliau memaparkan sistem UKT dan lain sebagainya. Wadek III menjelaskan tentang kemahasiswaan dan alumni; seperti UKM dan organisasi tingkat fakultas.

 

Petualangan Maba UIN SGD Bandung 2017 (Bagian Ketiga) 03

 

Selain para wakil dekan, para koordinator unit pun memperkenalkan diri mereka sekaligus mensosialisasikan agar kita tidak salah saat memanfaatkan fasilitas tersebut. Contohnya unit laboratorium. Sebelumnya sempet mikir, psikologi itu rumpunnya IPS dan gak mungkin main ke Lab. Aku merasa pasti bakal kangen Lab (karena aku di SMA jurusan IPA dan aktif di eskul kimia yang maennya Lab mulu). Eh ternyata aku salah besar. Psikologi juga punya Laboratorium dan bakal sering praktikum di sana katanya. Ya meski nanti yang ditemukan bukan lagi gelas ukur, biuret dan kawan-kawan :v Terus, nanti ketika kita masuk Lab, penampilan kita bakal bener-bener berpengaruh. Ada aturan tersendiri agar terlihat good looking dan mungkin saat itu juga kita semua seketika bakal jadi manusia super perfectionist, rapi terus deh.

PBAK fakultas benar-benar buat dedek lelah :’D Ice breakingnya dikit. Mungkin karena materi yang harus disampaikan banyak dan penting. Oya, sebelum istirahat kami juga kedatangan Pengurus ILMPI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) wilayah II dalam rangka ILMPI GOES TO SCHOOL. Secara gak langsung, kita sebagai mahasiswa psikologi pasti sudah otomatis menjadi anggota mereka katanya. Berdirinya ILMPI dilatarbelakangi karena inginnya kita sebagai future psychologist mampu mengabdikan diri pada masyarakat. ILMPI dideklarasikan 26 januari 2011 melalui MUNAS. Pada waktu itu BEM Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menjadi tuan rumah. (Hai kakak-kakak UIN JKT ^^)

 

Petualangan Maba UIN SGD Bandung 2017 (Bagian Ketiga) 06

 

Jam menunjukan pukul 4 sore tapi acara belum kunjung selesai. Dikira jam 4 sudah bubar seperti kemarin. Eh taunya, masih ada kegiatan. Setelah perkenalan organisasi-organisasi tadi (ditambah perkenalan akang teteh SEMA-U, SEMA-F dan DEMA-F Psikologi), kegiatan dilanjutkan dengan mentoring oleh kakak-kakak tingkat yang tujuannya mungkin agar kita nanti gak kaget dengan betapa ketatnya perkuliahan di jurusan ini. Berbagi dari hati ke hati (eh). Alhamdulillah kami selesai kegiatan sekitar Maghrib.

 

PBAK UIN SGD Bandung Hari Ketiga

Hari terakhir, yuhu! Jadwal hari ini seru gak akan bikin kantuk atau bosen. Kenapa? Karena jadwalnya UKM-UKK berinaugurasi. Pantas saja, kampus hijau jadi lautan manusia hijau yang lebih antusias di pagi buta. Manusia hijau??? Iyups, sebab guys, di hari terakhir ini kita tidak lagi memakai pakaian putih-hitam seperti 2 hari ke belakang. Sekarang kita memakai kaos PBAK yang sangat cantik dengan lengan hijau khas UIN SGD Bandung. Aku dan teman-teman sejurusan ikut antri menunggu pintu gedung aula baru dibuka, persis seperti hari pertama.

Namun, hari ini lebih berdesakan sampai sulit bernafas. Hingga saat pintu gedung tersebut di buka, maba masuk menyerbu tak terkendali. Alhasil, ada yang terjatuh dan terinjak.. termasuk diriku 🙁 Karena terdorong-dorong, diri ini gak kuat dan roboh. Untung masih ada stamina untuk bangkit dengan menarik lengan orang yang entah siapa itu. Alhamdulillah, aku lolos dan mencari temanku yang sudah lebih dulu masuk karena terbawa arus.. Huhuhu.. Please, ini pelajaran untuk kita semua. Budayakan antri dan bersabar ya.. Jangan dorong-dorong. Untung gak makan korban jiwa..

 

Petualangan Maba UIN SGD Bandung 2017 (Bagian Ketiga) 04

 

Inagurasi UKM diawali oleh penampilan seru dari PRAMUKA yang dabestnya gakuna! Setelah itu dilanjut oleh LPB, TADJIMANELA, LIKM, MENWA, TAEKWONDO, UPTQ, TEATER AWAL, LIGA,FABIS, GAHAKI, lalu break untuk beristirahat shalat dzhur dan makan. Setelah stamina terkumpul kembali.. Aku kembali menonton inagurasi ini. Diawali oleh MAHAPEKA, LPIK,PERBAMA, SUAKA,KOPMA UIN, PSKM, PSM, IVMU, LDM/LDK, PSPB, LSLK,WSC dan terakhir BKC. Banyak bukan Unit Kegiatan Mahasiswa di UIN SGD ? Sampai aku dilema sendiri milih yang mana karena segala mau ikut :’D wkwk

Setelah acara inagurasi selesai, PBAK UIN SGD 2K17 ditutup oleh Wakil Rektor III dengan mengucapkan:

“SELAMAT KALIAN RESMI MENJADI MAHASISWA
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG”

Alhamdulillah!!!

Huwaaah, tasya pegal pemirsa. Jadi ada baiknya, cukup sekian ya. By the way, mohon maaf atas keterbatasan ingatanku padahla baru-baru ini selesai PBAK hoho. Maklum, diriku hanyalah manusia biasa yang tak luput dari lupa :p

 

Petualangan Maba UIN SGD Bandung 2017 (Bagian Ketiga) 05

 

Dear kalian, teman seperjuanganku yang sama-sama merasakan PBAK UIN SGD 2017, semoga di Gedung Aula Anwar Musaddad ini kita tidak hanya pakai name tag PBAK bareng ditahun 2017. Tapi kita juga bisa pakai toga bareng di 2021 di tempat yang sama ini! aamiin.

Sekian cerita dariku, dede emesh UIN SGD Bandung 2K17. Sampai bertemu di lain kesempatan! Xoxo

Tags: , , ,

About the Author

Tentang tasya augustiya:
Namaku Tasya Augustiya, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jurusan Psikologi dari Fakultas Psikologi, Angkatan 2017.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: