banner ad Startup UIN

PSU LDK Syahid Berbagi Kurban di Kampung Pemulung

Ibadah kurban menjadi media takwa seorang hamba kepada Tuhannya. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran surat Al-Maidah ayat 27 yang artinya, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa.” Maka berkurban menjadi semangat tersendiri bagi masyarakat muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Berkurban tidak hanya bisa dilakukan oleh perseorangan, namun juga bisa dilakukan oleh komunitas atau organisasi yang melakukan iuran. Hal tersebut dilakukan sebagai sarana melatih kesiapan para anggota komunitas atau organisasi tersebut.Banyak pula instansi atau lembaga filantropi yang menjadi penyalur hewan kurban. Begitu pula dengan Pos Solidaritas Umat (PSU), sebuah Lembaga Semi Otonom (LSO) milik Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

PSU LDK Syahid Berbagi Kurban di Kampung Pemulung 01

 

PSU LDK Syahid melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Sabtu, 11 Zulhijah 1438H (2 September 2017) di Desa Binaan LDK Syahid yang merupakan Kampung Pemulung di Jalan Mawar, Ciputat, Tangerang Selatan. Mayoritas profesi para warga di daerah ini selain pemulung adalah kuli bangunan dan buruh cuci. Pada Idul Adha kali ini, PSU menerima penyaluran kurban sebanyak 8 ekor kambing. 4 ekor kambing merupakan kurban dari perseorangan, 4 ekor kambing lainnya merupakan iuran dari beberapa forum angkatan LDK Syahid.

 

PSU LDK Syahid Berbagi Kurban di Kampung Pemulung 2

 

Sebelum agenda pemotongan hewan kurban di pagi hari, panitia membagikan 100 kupon daging kurban. Selepas salat Zuhur, panitia mulai menimbang dan membagikan daging kurban kepada warga. Selain daging kurban yang berasal dari pemotongan pada pagi hari, warga juga mendapatkan 80 kornet Superqurban dari Rumah Zakat. Panitia yang merupakan mahasiswa relawan dari UIN Jakarta juga mengajak anak-anak di Kampung Pemulung untuk membakar sate dan makan bersama. Alhamdulillah, suasana Kampung Pemulung begitu ceria pada hari itu.

 

PSU LDK Syahid Berbagi Kurban di Kampung Pemulung 3

 

Tasya yang merupakan Koordinator Akhwat PSU mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa berbagi dengan warga kampung pemulung. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadi ajang belajar berkurban dan meningkatkan semangat untuk berkurban bagi teman-teman mahasiswa, khususnya anggota LDK Syahid yang terlibat. “Semoga kurban ini mendapatkan keberkahan dan bermanfaat untuk masyarakat lapak pemulung. Penerima bersyukur karena menerima, pemberi bersyukur karena bisa memberi. Kurban merupakan amalan yang paling dicintai Allah di Idul Adha ini,” tutur Tasya mewakili harapan relawan kurban PSU LDK Syahid.

Tags: , , , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: