banner ad Startup UIN

Terungkap! Inilah 3 Alasan Kamu Harus Bisa Public Speaking!

Duh, jangan sampai udah jadi mahasiswa, masih suka grogi tampil depan kelas deh!  Apa lagi nih, kalau sudah beralih dari predikat Siswa menjadi Mahasiswa, tentu gaya belajar di kelasnya udah beda. Sering banget harus presentasi dan dituntut untuk aktif dalam kelas. Harus bisa public speaking! Kamu masih suka malu-malu ya? Nah, Komisariat Dakwah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Komda FITK) memberikan solusi buat teman-teman, khususnya mahasiswa baru FITK!

Komda FITK menggelar Training Public Speaking dengan tema, “Let’s Show Your Action.” Kegiatan ini digelar pada hari Jumat, 29 September 2017 di Teater Lantai 1, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Narasumber atau trainer dalam kegiatan ini adalah Ka Ahmad Dimyati, M.Pd, Cgt, IBH-CI. Beliau adalah Jawara Motivasi No.1 Banten, Certified Instructur (CI) the Indonesian Board Hypnotherapy IBH, dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang, CEO Bintang Joeara Foundation, dan Promotor STIFIn Institute.

 

Terungkap! Inilah Alasan Kamu Harus Bisa Public Speaking!

 

Kegiatan yang merupakan Open House Komda FITK ini dihadiri oleh sekitar 103 orang peserta. Kebanyakan merupakan mahasiswa baru dan bukan hanya berasal dari FITK. Selain menyampaikan Training Public Speaking, kegiatan ini juga merupakan ajang pengenalan Lembaga Dakwah Kampus Komda FITK dan promosi open recruitment LDK Syahid yang disebut EKSPRESI (Eksplorasi Potensi Diri Islami), serta dilakukan juga penggalangan dana untuk Rohingya.

 

Terungkap! Inilah Alasan Kamu Harus Bisa Public Speaking!

 

Ka Dim selaku trainer tidak hanya menyampaikan materi untuk berbicara di depan umum. Beliau juga memberikan motivasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta yang hadir. Sampai kemudian Ka Dim memberikan pertanyaan, “Kenapa kita harus bisa public speaking?”

Nah, menurut Ka Dim, ada tiga alasan kenapa harus bisa public speaking.

Yang pertama, public speaking adalah tuntutan semua profesi. Tidak semua orang bisa berbicara depan umum tapi semua profesi butuh kemampuan itu.

Yang kedua, kondisi dunia yang selalu naik level.  Dunia terus berubah. Tantangan jadi semakin berat saat memasuki MEA sejak 2015. Itulah alasan pentingnya mampu berbicara di depan umum.

Yang ketiga, public speaking adalah salah satu kunci kesuksesan. Awal yang harus dimulai untuk mengembangkan kemampuan public speaking adalah memperbanyak kosakata dengan membaca buku.

 

Terungkap! Inilah Alasan Kamu Harus Bisa Public Speaking!

 

Alhamdulillah, antusias peserta terlihat sangat baik. Salah satunya adalah Tasya Salsabila. Tasya mengungkapkan rasa bahagianya karena mengikuti kegiatan ini. “Pokoknya acaranya seru, apa lagi tema yang diangkat tentang public speaking. Sangat membantu kita, khususnya mahasiswa baru, buat berani maju ke depan kelas tanpa ragu lagi,” Mahasiswa baru Pendidikan Matematika ini juga mengungkapkan kebahagiannya karena bisa bertemu banyak teman baru di luar jurusan dan fakultasnya dari kegiatan ini. “Acara Komda FITK Mantap!” ujarnya.

Ayu Nurfitria, Ketua Keputrian Komda FITK sangat bersyukur sekali karena Open House berjalan dengan lancar dan berharap agar acara ini dapat bermanfaat bagi peserta yang hadir. “Semoga senantiasa kita merindukan acara-acara yang dapat menambah wawasan serta kelimuan untuk dapat memperbaiki diri dan dapat bermanfaat bagi negara, agama, dan tentunya kampus kita tercinta, bersama menjadi agen of change” ungkap Ayu mewakili seluruh panitia dan keluraga besar Komda FITK

FYI teman-teman, LDK Syahid dalam open recruitmentnya memiliki beberapa Kelas Minat dan Bakat, lho. Salah satunya adalah Kelas Public Speaking. Buat teman-teman yang baru mau ikutan, atau kamu yang sudah ikut Open House Komda FITK tapi masih ingin belajar lagi, bisa banget ikutan open recruitment LDK Syahid yaitu EKSPRESI.

Tentu, masih ada kelas lain lagi dalam EKSPRESI. Semua bisa kamu kepoin lebih lanjut di media sosial LDK Syahid ya ^_^

 

Terungkap! Inilah Alasan Kamu Harus Bisa Public Speaking!

 

 

Tags: , , , , , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: