banner ad Startup UIN

Seru! Ternyata Begini Makrab Anak Pendidikan Kimia UIN Jakarta!

Assalamu’alaikum, hai hai UIN-ers! Kali ini aku akan bercerita keseruan CATION (Chemistry’s Inauguration)! Apa sih CATION? CATION adalah acara ta’aruf bagi mahasiswa baru Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2017. Mungkin lebih familiar disebut dengan Malam Keakraban alias Makrab kali ya. Acara ini diperuntukan khusus untuk menumbuhkan solidaritas keluarga Pendidikan Kimia, khususnya mahasiswa baru seangkatan.

Makrab CATION kali ini diselenggarakan pada hari Sabtu dan Ahad, 30 September dan 1 Oktober di Villa Pendawa, Bogor. Makrab kali ini juga dihadiri oleh beberapa dosen Pendidikan Kimia, senior dan alumni, dan keluarga besar Pendidikan Kimia lainnya.

Kami memulai perjalanan pada pukul 07.00 WIB dari kampus UIN Jakarta dan sampai pada lokasi makrab sekitar pukul 08.30 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan apel pembukaan dan penyimpanan barang bawaan. Agenda selanjutnya adalah sharing dari Mahasiswa Pendidikan Kimia Berprestasi, yaitu Ka Ahmad Hamdani.

Kaka satu ini merupakan mahasiswa terbaik FITK. Peraih FITK Award 2017, Duta Dewantara FITK Angkatan 3 periode (2016-2017). Beliau juga menerima penghargaan dari Gubernur Provinsi Banten tahun 2016, menerima Student Achivement Award dari Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2014, 2015, dan 2016. Selain itu si Kaka juga jadi Juara di 9 Kompetisi Tingkat Nasional sejak tahun 2014-2017.

Ya ampun itu satu paragraf isinya prestasi kak Hamdani! Dan masih banyak lagi lho ._. Maa syaa Allah ya, sangat menginspirasi. Panutan banget nih! Selain sharing dengan Ka Hamdani, dihadirkan pula mahasiswa berprestasi lainnya yaitu Ka Pardiana sebagai Juara Esai Nasional dan Ka Silvy penerima Student Achivement Award mewakili Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UIN Jakarta.

 

Makrab Pendidikan Kimia UIN Jakarta

 

Kegiatan Sharing Mahasiswa Berprestasi ini memberikan inspirasi bagi mahasiswa Pendidikan Kimia. Bukan hanya kecerdasan akademik saja yang dimiliki mahasiswa P.Kimia, tetapi kita perlu mengasah kemampuan lainnya untuk bisa menjadi mahasiswa berprestasi!

Oya, selain menghadirkan mahasiswa berprestasi, panitia pun menghadirkan alumni sukses yang sudah menjelajah dunia. Dia adalah Ka Febri Ariska, mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2008 dan lulus pada tahun 2013. Ia adalah Relationship Manager di PT Bank Mega, dan aktif di Piety Student Community dan Educare Learning Center.

Pada kesempatan ini, Ka Feri memberikan 7 kunci untuk sukses; bersiap, bekerja, menumbuhkan kebiasaan baik, menyiapkan dan mencapai tujuan, menggunakan imajinasi yang kreatif, percaya kepada diri sendiri, dan terakhir adalah memiliki teman dan lingkungan yang baik. Wah, ternyata tidak semua lulusan Pendidikan Kimia harus menjadi guru ya ^_^

Selain sharing dengan mahasiswa dan alumni berprestasi, pada sore harinya makrab dilanjutkan dengan sharing dengan Dosen Pembimbing Akademik oleh Ibu Dila Fairusi, M.Pd dan Bapak Munasprianto Ramli, Ph.D. Kegiatan ini dilakukan agar Mahasiswa 2017 lebih mengenal dosen pembimbing akademik dan penyampaian motivasi kuliah bagi mereka.

“Lulus Tepat Waktu + Imbangi Waktu Belajar dan Berorganisasi + Kuliah ke Luar Negeri,” itulah inti motivasi dari dosen-dosen kita

Penyampaian motivasi dari dosen pembimbing akademik sangat memberikan semangat. Tidak kalah pula penyampaian dari Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, Bapak Burhanudin Milama, M.Pd. Sharing dilengkapi dengan hadirnya kakak-kakak dari Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia (IKAHIMKI)  dan pengenalan dari pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia (HMPS P.Kimia). Malam harinya, yaitu malam puncak adalah malam yang ditunggu-tunggu, yaitu penampilan dari mahasiswa Pendidikan Kimia 2017 dengan berbagai penampilan drama dan musik.

 

Makrab Pendidikan Kimia UIN Jakarta

 

Malam itu aula Villa Pendawa dalam keadaan gelap. Panitia berjajar di samping kanan kiri ruangan memberikan pencerahan dari botol minum  yang sumber cahayanya berasal dari handphone yang dipantulkan dari botol minum berwarna-warni. Mereka menyambut mahasiswa 2017 dengan menyanyikan lagu Laskar Pelangi yang membuat takjub pada malam itu. Malam yang meriah, menyenangkan, dan penuh rasa kekeluargaan.

Penampilan-penampilan drama dan musik dari masing-masing kelas sangat menghibur. Ada drama tentang kegalauan mahasiswa kimia dengan tugas laporan praktikum, juga drama tentang seorang mahasiswa yang menyesal karena telah memberikan beban kepada bapaknya. Lalu dilanjutkan dengan penampilan musik yang semua bertemakan persahabatan dan kekeluargaan. Ah, sungguh indah malam itu! 🙂

 

Makrab Pendidikan Kimia UIN Jakarta

 

Pagi harinya kita melaksanakan qiyamulail dan shalat subuh berjamaah. Lalu sekitar pukul 06.00 WIB kita senam dan dilanjutkan outbound. Nah, ini nih yang bikin rame! Basah-basahan, teriak-teriak, loncat-loncat, ketawa-ketawa. Pokoknya jadi lebih mengenal dan memahami satu sama lain ya. Sekitar 8 kelempok diadu menjadi pemenang outbound hingga terpilihlah 1 kelompok terbaik. Hahaha.. Semuanya baik ko, panitianya aja yang hanya menyediakan 1 hadiah. Setelah lelah bermain, panitia dan peserta CATION berkumpul. Menyampaikan kesan dan pesan dari mahasiswa baru Pendidikan Kimia 2017.

 

Makrab Pendidikan Kimia UIN Jakarta

 

Semua memberikan kesan yang baik tanpa terkecuali. Karena CATION memang menjadi ajang membangun kekompakan angkatan. Dan perbedaan kebersamaan yang lebih erat terlihat dari mereka. Menurut Zaqiyatul Ningsih, Ketua Pelaksana Cation 2017, acara ini berjalan dengan lancar dan sukses. Bahkan ia mendapati mahasiswa baru yang meminta agar CATION diperpanjang. Widiiih! “Alhamdulillah suatu kepuasan yang tiada banding ketika mendapatkan respon baik dari peserta,” tutur Zaqi.

 

Makrab Pendidikan Kimia UIN Jakarta

 

Ahmad Raup, salah satu peserta CATION juga sangat bahagia karena bisa mengikuti acara hingga akhir. Raup menyampaikan banyak terima kasih kepada kakak panitia dan pengurus HMPS P.Kimia karena telah menyelenggarakan acara makrab seperti CATION.

“Acara ini membangkitkan semangat saya lagi setelah saya merasa minder pas masuk kuliah,” ujar Raup.

Kesan yang baik juga terlontar dari Aulia Rahma Dita yang akrab disapa Uli. Baginya, acara CATION ini merupakan ajang untuk mengenal lebih jauh keluarga besar Pendidikan Kimia. Setelah mengikuti acara ini, Uli lebih bersemangat untuk aktif organisasi HMPS P.Kimia.

“Di acara ini banyak pelajaran, sampai ke gamesnya. Apa lagi kita seangkatan. Kata Bu Dila, kita jadi air yang liquid. Karena pada air, kecil sekali celah yang kita miliki,” ucap Uli

Alhamdulillah ya semoga kekompakan Angkatan 2017 bisa menjadi contoh untuk angkatan-angkatan sebelumnya. Agar terus menjaga kekeluargaan seperti jargon HMPS P.Kimia, “We Are Family!”. Zaqi  pun menambahkan pesan, khususnya untuk peserta Cation 2017, “Ambil semua pelajaran dari setiap event. Semua memiliki arti. Belajarlah untuk bertanggung jawab, jaga kekompakan, jaga tali persaudaraan, tumbuhkan rasa solidaritas tinggi terhadap sekeliling kita,” tegas Zaqi mewakili pengurus HMPS P.Kimia dan seluruh panitia CATION 2017.

Selamat datang di Pendidikan Kimia ya!
Kami tunggu kontribusi terbaikmu untuk himpunan ^^

Tags: , , , , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: