banner ad Startup UIN

Tips dari Peraih Juara di 9 Kompetisi Tingkat Nasional Ini Dapat Membantumu Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Selasa, 3 Oktober 2017. Mahasiswa baru memenuhi Ruang Teater Lantai 2, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mereka hadir untuk mengikuti kegiatan Sharing and Motivation Lounge yang diselenggarakan oleh Komisariat Dakwah FST, UKM LDK Syahid. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dr. Sutrisno selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.

 

Tips Mahasiswa Berprestasi 01

 

Berkonsep talkshow, kegiatan ini berisi obrolan seputar beasiswa, aktivis organisasi, dan kehidupan kampus yang sukses. Hadir sebagai bintang tamu di kegiatan ini adalah Ahmad Hamdani. Ia adalah penerima Beasiswa Bidikmisi, penerima Student Achievement Award 2014 – 21016, dan berhasil menjuarai 9 Kompetisi Tingkat Nasional.

Selain Hamdani, hadir juga sebagai bintang tamu adalah Devi Adia. Ia merupakan penerima Beasiswa Kepemimpinan Kita Gerak, Beasiswa LAZIS NU Care, menjadi Inspirator Pengajar Peduli Indonesia dan Inspirator Kuliah Tak Gentar. Saat ini Devi juga aktif di UKM LDK Syahid.

 

Tips Mahasiswa Berprestasi 04

 

Hamdani menceritakan bahwa motivasinya untuk bisa berprestasi dalam berbagai bidang muncul sejak ia menerima beasiswa Bidik Misi. “Saya gak mau jadi mahasiswa Bidikmisi yang biasa-biasa saja,” katanya. Kemudian Devi, motivasinya untuk berprestasi di kampus muncul setelah mengikuti UKM LDK Syahid dan Beasiswa Kepemimpinan Kita Gerak.

Kedua narasumber menyampaikan pentingnya untuk mengikuti organisasi di kampus. Devi menyatakan bahwa organisasi itu penting dan menjadi kebutuhan. “Banyak hal-hal yang tidak diajarkan di kelas; bisa didapatkan di organisasi. Menjadi mahasiswa yang memperjuangkan hak-hak rakyat Indonesia. Di LDK Syahid juga saya belajar manajemen diri,” ungkap mahasiswi cantik itu.

Hamdani menambahkan, bahwa organisasi menjadi bahan untuk belajar bagaimama berkomunikasi, bersentuhan dengan banyak orang. “Saya memaknai Surat Al-Hujurat Ayat 13. Belajar berorganisasi adalah belajar memahami Indonesia seutuhnya,” ujar mahasiswa berkacamata itu.

 

Tips Mahasiswa Berprestasi 03

 

Banyak mahasiswa yang bingung bagaimana bisa mengatur waktu kehidupan kampus. Hamdani memotivasi teman-teman untuk siap dengan resiko atas pilihan hidup. Terkadang, memang tidak mengenakkan. “Saya sering menyingkatkan waktu tidur. Saya percaya itulah konsekuensi bagi orang yang ingin sukses,” imbuhnya.

Kedua kakak ini juga memberikan tips-tips agar teman-teman mahasiswa bisa sukses menjalani kehidupannya di kampus. Beberapa tips di antaranya untuk menuliskan impian atau target-target yang ingin dicapai. “Saya selalu me-list target-target yang harus saya lakukan dan capai. Kita harus menulisnya supaya tidak lupa. Supaya tidak berganti dengan fokus target yang lain,” ucap Hamdani.

Devi juga berbagi pengalamannya untuk bisa fokus saat belajar. “Ketika belajar, kita harus jauhkan diri dari hal-hal yang men-distract; seperti misalnya, handphone. Bahkan saya punya skema reward and punishment bagi diri sendiri,” ujar Devi.

Hamdani turut berpesan kepada teman-teman agar yakin dengan impian-impiannya. “Bagaimana Allah akan yakin akan memberikan sesuatu pada kita, kalau kita tidak yakin akan mimpi kita sendiri,” katanya.

Ia juga mengajak untuk selalu menjalin komunikasi dengan guru-guru yang sudah lebih dulu memberikan ilmu, seperti guru-guru di sekolah dulu. “Apa yang kita capai, sejatinya juga termasuk peran serta orang lain. Kita tidak tau doa siapa yang akan dikabulkan. Maka penting menyertakan orang lain dalam perjuangan kita,” ungkap pemuda asal Serang itu.

 

Foto: Muhammad Alvin Herdyansyah

Tags: , , , , , , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: