banner ad Startup UIN

Makmurkan Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam Rahmatan lil ‘Alamin

Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin; menjadi rahmat dan kebaikan bagi semesta alam. Namun ternyata, saat ini nuansa tersebut belum sepenuhnya dirasakan oleh umat islam; seiring berkembangnya tantangan zaman dan permasalahan yang muncul dari umat itu sendiri. Maka, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menghadirkan wajah islam yang dapat membawa manusia pada kebaikan dan kebenaran.

 

Makmurkan Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam Rahmatan lil 'Alamin 01

 

Pada masa sekarang jumlah kaum muslimin tidaklah sedikit. Tetapi kenyataannya, jumlah yang banyak itu tiada artinya dalam menghadapi terjangan musuh-musuh Islam. Betapa tidak? Mereka (musuh-musuh) berusaha merusak moral generasi muda muslim melalui media sosial dan segala aspek kehidupan lainnya. Mereka menggambarkan kerusakan moral dan kerendahan akhlak dengan bumbu-bumbu seakan itu adalah wujud generasi muda yang modern. Itu semua adalah cara mereka dalam upaya merusak generasi muda saat ini.

“Dan sesungguhnya mereka hampir memalingkan kamu dari apa yang telah Kami wahyukan kepadamu, agar kamu membuat yang lain secara bohong terhadap Kami; dan kalau sudah begitu tentulah mereka mengambil kamu jadi sahabat yang setia.” (QS. Al-Israa: 173)

Sebagai generasi muda yang masih memiliki kepedulian terhadap nasib agama Islam saat ini, mari bergerak bersama untuk menegakkan kembali wibawanya yang telah lama hilang. Salah satu cara untuk mengembalikan jiwa pemuda Islam adalah dengan memakmurkan masjid dan menjadikan Alquran sebagai rujukan utama dalam pergaulan.

 

Makmurkan Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam Rahmatan lil 'Alamin 02

 

Di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Lembaga Dakwah Kampus Syahid (LDK Syahid) memiliki program ‘Back to Masjid.’ Program ini bertujuan untuk menjadikan masjid sebagai pusat peradaban kampus. Selain untuk beribadah, Masjid Al-Jamiah yang terletak di Student Center UIN Jakarta diperuntukkan sebagai tempat istirahat dan kajian Islam mahasiswa.

Alhamdulillah, guna meningkatkan kenyamanan masjid, pihak kampus terus berupaya menghadirkan fasilitas yang baik bagi mahasiswa. Selain itu, pada tanggal 20 November 2017, LDK Syahid bekerja sama dengan Yayasan Askar Kauny dari Badan Wakaf Sejuta Qu’an juga menghibahkan 150 mushaf Alquran .

Semoga teman-teman mahasiswa UIN Jakarta semakin gemar membaca dan mengkaji Alquran. Pun, semoga upaya yang dilakukan oleh LDK Syahid dalam memakmurkan masjid ini menjadi salah satu sarana untuk mengembalikan nilai-nilai keislaman yang hampir pudar akibat derasnya Gazwul Fikr yang dilancarkan oleh musuh-musuh Islam.

“Bacalah Al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat menjadi pembela pada orang yang mempelajari dan mentaatinya.” (HR. Muslim)

Tags: , , , , , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: