banner ad Startup UIN

Menjadi Ilmuwan Muslim bersama FRESH UIN Jakarta

Yang nulis on di Mahasiswa | Nov 14, 2017 | 0 Komentar

Fatahillah Research for Science and Humanity (FRESH) adalah kelompok studi mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam menghimpun mahasiswa yang memiliki ketertarikan untuk penelitian dan menulis. Komunitas yang bergerak aktif dalam bidang keilmuan di kampus UIN Jakarta ini telah menyelenggarakan Muslim Prophetic Camp (MPC) sebagai ajang training anggota baru FRESH. Dilaksnakan pada hari Sabtu-Ahad, 11-12 November 2017 di Villa Parung, Bogor yang diikuti oleh sekitar 40 Mahasiswa UIN Jakarta dari berbagai fakultas dan jurusan.

Pada acara Muslim Prophetic Camp yang bertemakan “Stand Out Your Selves in Your Research Passion” ini dihadiri oleh pemateri-pemateri muda berprestsi dalam bidang penelitian dan karya ilmiah, di antaranya Muhammad Nikmatullah, S.Pd, beliau adalah mahasiswa magister Biologi Universitas Indonesia dan Staff Ahli Wilayah JaBaJa (Jakarta, Banten, dan Jawa Barat) Masyarakat Ilmuan dan Teknologi (MITI), Izzatul Silmi, S.Pd, adalah peneliti muda berprestasi dan  Staff Ahli Departemen Media MITI,  dan  Agung Maulana, yang merupakan presiden FRESH 2017 yang memiliki banyak prestasi dalam bidang karya tulis ilmiah.

Pada metri pertama, yang disampaikan oleh Muhammad Nikmatullah. Beliau menyampaikan  materi tentang Training Keroganisasian Keilmuan. Pada materi ini, beliau menyampaikan, bahwa dalam meneliti terdapat komitmen yang perlu dijaga. Ketika semangat menurun; ingat kembali tujuan baik yang ditanam diawal. Terdapat tiga proses dalam menumbuhkan nilai diri untuk menjadi peneliti; kompeten, profesional, dan kontributif. “Tekunilah (hayati) hal yang kamu minati, setelah kamu punya passion, berbagilah dengan orang lain” Ujarnya.

Materi yang kedua adalah training motivasi yang disampaikan oleh Izzatul Silmi. Beliau menceritakan pengalamannya  selama proses penelitian hingga saat ini menjadi tutor bagi peserta didiknya dalam karya tulis Ilmiah. Wanita yang merupakan mahasiswa megister UIN Jakarta jurusan Manajemen Pendidikan ini mengatakan, bahwa dalam penelitian, terdapat tiga poin awal yang sangat penting untuk calon peneliti; pertama adalah menyukai ilmu, kedua explore, dan ketiga adalah produktif. “Seorang peneliti hendaknya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terkait apa yang sedang ia teliti. Dari sikap inilah, ia akan terdorong agar bisa terus belajar sehingga wawasannya menjadi luas.” Ujar Silmi.

Materi ketiga, yang disampaikan oleh Agung Maulana mengenai Trining Riset dan KTI. “Mahasiswa dilihat dari karya dan prestasi.” Ujar Agung Maulana. Pada penyampaiannya, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini berbagi cerita pengalamannya dalam mengikuti lomba karya tulis dan meberikan kiat-kiat dalam membuat karya tulis ilmiah dan esai. Pada penulisan karya ilmiah yang bertujuan dalam menciptakan solusi, KTI dan esai harus memiliki kerangka sesuai dengan tema yang solutif, masuk akal, dan bersifat implementatif.

Selain materi-materi, terdapat pula rangkaian acara Focus Group Discussion yang dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan tingkat semester. Pada FGD ini, masing-masing kelompok membahas mengenai permasalahan up to date di lingkungan masyarakat; mulai dari beras pelastik hingga hoax yang beredar di sosial media dan mempersentasikan hasil dari diskusi masing-masing kelompok.

Selain materi-materi mengenai keilmuan dan kepenulisan, pada acara MPC ini, peserta diajak untuk mampu menjadi peneliti yang memiliki integritas sebagai muslim. Karena, sesuai yang disampaikan oleh Izzatul Silmi salah satu pemateri, bahwa meneliti yang diimbangi dengan ibadahlah seseorang akan mendapatkan ide-ide yang orang lain tidak dapatkan. Seperti ilmuan Indoensia, yaitu Bapak B.J Habibie yang disetiap malamnya melakukan shalat Tahajud,  itulah resep beliau sehingga menjadi ilmuwan yang mendunia.

 

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: