banner ad Startup UIN

Mengenal Palestina Lebih Dekat bersama LDK Syahid dan LDK Al-Birru

Assalamualaikum, saudaraku. Tahukah kita bagaimana kondisi saudara muslim di Palestina? Bagaimana kabar tempat tinggalnya? Keluarganya? Sejauh apa kita peduli terhadap kondisi mereka?

Saudara kita itu harus terbiasa dengan bombardir senjata oleh Zionis Israel. Mereka juga harus terbiasa dengan aliran darah di setiap pojok jalan. Hingga harus tega membiasakan diri melihat anggota keluarga tertembus peluru keji Yahudi?

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus Syahid (LDk Syahid) bekerja sama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI menyelenggarakan KABITA (Kajian Bareng Kita-Kita) edisi spesial, yaitu Kajian Internasional Kepalestinaan dengan tema “Mengenal Palestina Lebih Dekat.” Kajian ini diselenggarakan guna mengingatkan kaum muslimin dan dan merefleskikan kembali perjuangan saudara-saudara kita di Palestina.

 

Mengenal Palestina Lebih Dekat

 

KABITA edisi Palestina ini diselenggarakan pada hari Kamis, 23 November 2017 di Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hadir sebagai narasumber adalah Syekh Nashif Nashir yang merupakan ulama Palestina.

Syekh Nashif Nashir mengakatkan bahwa Al-Aqsha merupakan inti dari dunia. Al-Quds adalah mahkota dunia. Baitul Maqdis adalah Al-Quran yang sering dibaca umat manusia.

“Manusia lebih membutuhkan Al-Quran daripada paru-paru yang membutuhkan oksigen dan mata yang membutuhkan cahaya.”- Syekh Nashif Nashir

Banyak sekali gambaran mengenai Al-Aqsha, Al-Quds, dan Palestina di dalam Al-Quran. “Al-Aqsha bukan hanya milik Palestina. Bukan pula milik orang Arab. Al-Aqsha adalah milik umat Islam,” jelas Syekh Nashif Nashir. Lebih lanjut, beliau mengabarkan bahwa Palestina saat ini sedang mengalami musim dingin hingga bulan Februari mendatang. Masyarakat butuh bantuan berupa baju hangat dan selimut.

 

Mengenal Palestina Lebih Dekat

 

Syekh Nashif Nashir kemudian menceritakan kisah Siti Maryam dan Nabi Yusuf. Maryam adalah wanita yang Allah berikan kemuliaan. Kisahnya diabadikan di dalam Al-Qur’an. “Allah berbicara tentang Maryam, tapi tidak secara langsung. Karena ia sudah meninggal setelah Al-Qur’an turun. Oleh karena itu ketika Anda para wanita membaca surat Maryam, artinya Allah berbicara kepada kalian,” terang Syekh Nashif.

Beliau pun melanjutkan dengan kisah Madrasah Nabi Yusuf. “Ketika Nabi Yusuf diuji oleh Allah dengan pengkhianatan saudaranya, digoda oleh wanita, dan dipenjara; beliau tetap bersabar dan tetap menjadi orang baik. Inilah yang harus diteladani oleh lelaki masa kini,” ujar Syekh Nashif Nashir. Ia pun menambahkan, bahwa pemuda yang akan menjadi menteri atau pejabat negara harus belajar dari ‘Madrasah Nabu Yusuf’ sehingga kokoh kepribadiannya saat menjadi orang penting di negaranya.

 

Mengenal Palestina Lebih Dekat

 

Muhammad Malik Sayyid Ahmad, Staff Departemen Sebi Solidarity for Palestine mengungkapkan bahwa tujuan dan harapan dari kajian ini adalah untuk memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Jabodetabek. “Kami juga ingin menyampaikan informasi terkait kondisi Palestina saat ini yang sedang mengalami musim dingin. Maka kami mengajak semua yang hadir untuk dapat memberikan donasi,” ungkap Sayyid.

Alhamdulillah, pada hari itu terkumpul donasi sebesar Rp. 2.109.800,00. Donasi tersebut akan disalurkan melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina.

Pada akhir acara, dilakukan peluncuran lembaga semi otonom (LSO) baru dari LDK Syahid, yaitu LSO Remaja Masjid Syahid. Peluncuran ini diresmikan oleh ketua LDK Syahid, Mus’ab Izzudin mewakili ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Jami’ah, Bapak Drs. Syamsul Arifin, M.Pd. “Alhamdulillah, peluncuran LSO Remaja Masjid Syahid ini turut didoakan oleh Syekh Nashif Nashir dari Palestina. Semoga membawa keberkahan bagi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” ujar Mus’ab.

Tags: , , , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: