banner ad Startup UIN

Inilah Bukti Mahasiswa UIN Berprestasi Hingga Tingkat Internasional

Assalamualaikum, UINers! Tahu gak sih? Mahasiswa UIN itu, penuh prestasi di tingkat internasional, lho! Mau bukti? Bacalah buku: A Journey of Thousands Miles: Antologi Kisah Perjuangan Meraih Mimpi ke Luar Negeri dalam Program Internasional” karya temen-temen dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta!

 

Ini Bukti Mahasiswa UIN Berprestasi Hingga Tingkat Internasional

 

Berawal dari obrolan 2 orang mahasiswi cantik nan teladan, Robiatul Adhawiyah dan Gita Andini; terkumpullah 22 orang mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berinisiatif untuk mengumpulkan dan membukukan kisah perjuangan mereka ke luar negeri.

“Iya, jadi awalnya ini tuh obrolan santai antara aku sama Gita. Kita pengen kasih suatu kenang-kenangan / kontribusi buat UIN Jakarta. Alhamdulillah, buku inilah jawabannya,” kata Wiya, sapaan akrab Robiatul Adhawiyah. Jadi, dari obrolan santai lah justru muncul ide-ide luar biasa ya, genks!

Terus, apa ya yang memotivasi teman-teman ini untuk mewujudkan obrolan santai tersebut? Peserta KKN Kebangsaan 2016 dari UIN Jakarta ini menjawab, “Kita pengen banget buku ini jadi inspirasi dan motivasi bagi teman-teman mahasiswa di UIN secara khusus, dan seluruh Indonesia secara umum; untuk terus berprestasi membawa nama baik almamater dan Indonesia di level internasional.”

Oiya. Wiya juga cerita, ternyata proses pembuatan buku ini lumayan cepat, lho. Udah sejak Agustus 2017! Hingga dieksekusi secara serius pada pertengahan bulan November. Buku ini resmi diluncurkan saat acara Harun Nasution Memorial Lecture dan Penghargaan Mahasiswa Berprestasi (Student Achievement Award) di bulan Desember 2017.

 

Ini Bukti Mahasiswa UIN Berprestasi Hingga Tingkat Internasional (2)

 

Kalo kamu baca buku ini, akan diketahui bahwa para penulisnya adalah teman-teman yang pernah ke luar negeri. Tapi, gak hanya sekedar ke luar negeri buat jalan-jalan backpackeran atau travelling biasa ya genks!

“Teman-teman ini ialah mereka yang mengikuti kegiatan atau program semisal kongres internasional, menjadi relawan, magang, program kerja sama pemerintah Indonesia dengan negara lain, lomba internasional, dan semisalnya,” kata Wiya.

Lalu, apakah sudah selesai dengan membuat buku saja? Ternyata nggak, lho! Teman-teman juga berniat untuk membangun komunitas sebagai rencana jangka panjang. “Supaya bisa menularkan semangat ikut program internasional dan jadi wadah untuk mahasiswa bertanya seputar kegiatan internasional,” jelas Wiya yang juga menjadi Duta FISIP UIN Jakarta ini.

So, bukan nggak mungkin nih, akan ada buku “A Journey of Thousands Miles Jilid 2” ya kan! Teman-teman baru dengan cerita-cerita yang juga baru pastinya. Hihihi.

Btw, ada hal yang menarik dari penerbitan buku ini. 100% royalti penjualannya akan didonasikan untuk social project, yaitu Sekolah Anak Bahari!

Sebagai informasi, Sekolah Anak Bahari merupakan pendidikan non-formal untuk anak-anak pesisir yang mempunyai fokus dalam mengembalikan jiwa kebaharian atau kemaritiman anak-anak dalam mengembangkan potensi diri, kreativitas dan keterampilan.

Didirikan pada tanggal 14 Februari 2016 di Desa Tanjung Anom Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Sekolah Anak Bahari dimotori oleh 60 relawan sebagai tenaga pengajar dan diketuai oleh Bagus Muhamad Rijal. Kamu bisa kepoin akun Instagram @sekolahbahari untuk tahu kegiatan-kegiatan mereka ya genks!

 

Ini Bukti Mahasiswa UIN Berprestasi Hingga Tingkat Internasional (3)

 

FYI, in syaa Allah teman-teman ini akan menggelar bedah buku A Journey of Thousands Miles di setiap fakultas di UIN Jakarta, lho! Keren ya? Jadi semacem roadshow. Hehehe. Buku ini juga sudah dikirim ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, serta ke Pusat Perpustakaan dan seluruh Perpustakaan Fakultas di UIN Jakarta.

So, buat kamu yang ingin memiliki buku ini untuk pribadi (yang berarti kamu juga secara otomatis berdonasi untuk pengembangan Sekolah Anak Bahari tadi), bisa membelinya dengan harga pre-order sebesar Rp65.000 saja melalui narahubungnya di nomor 081299308268, ya!

Gimana? Sudah termotivasi belum? Yuk, sama-sama jadi mahasiswa Universitas Islam Negeri yang berprestasi di dunia dan akhirat ^_^

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: