banner ad Startup UIN

Begini Serunya Kalo Anak UIN Jalan-Jalan ke Taiwan!

Siapa yang tidak suka jalan-jalan? Apalagi dibiayai penuh dan ditambah uang jajan! Sebagai mahasiswa, kesempatan seperti ini selalu menjadi incaran. Saya pun begitu, kok. Kalo gak begitu, mungkin kisah anak UIN main ke Taiwan ini gak bisa temen-temen baca. Hehehe.

Menjadi delegasi Indonesia pada Program Pemuda Magang Luar Negeri (PPMLN) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, memberi saya kesempatan mencicipi nikmatnya traveling di Taiwan. Negara pulau yang terkenal dengan Bubble Milk Tea, Beef Noodle dan berbagai wisata menarik.

Di Taiwan, kamu dapat menemukan pasar malam di setiap pusat kota dengan mudah. Wisata kuliner dan belanja tentu jadi aktivitas yang dinanti. Namun, sebagai muslim, tentu ada hal-hal yang kita berikan perhatian ekstra. Apa saja? Saya ceritakan di sini ya!

 

UIN Taiwan 01

 

Pertama, Makanan Halal

Di negara berpenduduk mayoritas non-muslim ini, kita akan menemukan minyak babi di berbagai olahan makanan dan jajanan. Restoran halal adalah pilihan tepat agar terhindar dari hal-hal yang meragukan. Di sisi lain, jumlah restoran halal di Taiwan dapat dihitung dengan jari dan harga makanannya relatif mahal. Kebanyakan muslim di Taiwan pun lebih memilih memasak makanannya sendiri. Ketika berada di sana, saya lebih memilih menjadi vegetarian. Guna menghindari daging ayam dan sapi yang tidak dipotong secara hal

Kedua, Masjid

Jangan kaget jika hidup di Taiwan sama sekali tidak terdengar azan. Jangankan azan, untuk menemukan masjid saja kamu harus menempuh jarak yang jauh. Bagi wanita memang lebih nyaman shalat di kamar. Namun bagi pria yang harus shalat Jumat di masjid, kudu mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Gunakan aplikasi di smartphonemu yang dapat membantu untuk menenutukan waktu shalat dan arah kiblat, ya!

Ketiga, Toilet

Berbeda dengan Indonesia, toilet di Taiwan hanya menggunakan tisu sebagai alat pembersih. Buat teman-teman yang harus menggunakan air untuk bersuci, persiapkanlah botol kosong untuk menampung air. Isi botol di wastafel sebelum masuk ke bilik toilet.

 

UIN Taiwan 02

 

Hmm.. Ternyata susah-susah gampang ya melakukan gaya hidup halal di negeri non-muslim. Namun jangan khawatir. Kita tetap bisa menemukan komunitas muslim di wilayah-wilayah tertentu! Salah satunya adalah FORMMIT, Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan. Ibarat LDK di kampus, organisasi ini tidak hanya menjadi tempat untuk bersilaturahmi, tapi juga mengasah keislaman para mahasiswa dan mencetak kader dakwah yang menyiarkan Islam di Taiwan.

Wah, rasanya seperti menemukan rumah kedua! Apalagi saat diajak ikut dalam kegiatan kajian pekanan mereka. Bagi saya, FORRMIT memberikan kesempatan untuk merasakan indahnya ukhuwwah islamiyyah di luar negeri saat jauh dari sanak saudara.

Alhamdulillah, saya berkesempatan pula untuk mengikuti kegiatan Rihlah FORMMIT 2017. Saya merasakan sebuah jejak perjalanan halal bersama mahasiswa muslim lainnya ke destinasi wisata Taiwan di daerah Ruifang. Di sana terdapat pegunungan Bitou dan kota tua Jiufen yang sangat ramai dikunjungi oleh turis mancanegara.

Selama sehari penuh dalam agenda rihlah tersebut, saya tidak perlu memikirkan waktu shalat, lokasi masjid dan makanan halal. Karena semuanya telah diatur dan disediakan oleh panitia dengan sangat baik. Sebagai peserta, saya dan rekan-rekan mahasiswa hanya cukup mengikuti arahan dari panitia.

Menariknya, kami menjadi pusat perhatian disebabkan oleh hijab yang dikenakan, saat wudhu bersama di wastafel, dan ketika shalat berjamaah di pom bensin. Bersama teman-teman FORMMIT, membuat kita menjadi ringan dalam melakukannya. Alhamdulillah.

So, buat teman-teman yang ingin traveling, khususnya ke Taiwan, sudah tahu ya apa saja yang harus dipersiapkan. Mari jadikan agenda traveling kita sebagai sarana untuk menyiarkan Islam di negeri-negeri yang dijelajahi. Keep traveling, keep inspiring!

Tags: , , , , , , ,

About the Author

Tentang Humaira Azzahra:
A little fire from Aceh

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top