banner ad Startup UIN

Alumni Agribisnis UIN Jakarta Rintis Usaha Kerang Jeletet Pedas, Siap Bikin Abang Penjual Kerang Naik Kelas

Yang nulis on di Ekonomi, Featured, Mahasiswa, Pojok Usaha, UIN Jakarta | Feb 6, 2018 | 0 Komentar

Banyak dari alumni UIN yang memulai bisnis selepas kuliah, bahkan dari sejak kuliah. Salah satunya adalah Fathimah Himmatina. Alumni Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini merintis usaha makanan, Kerang Jeletet Pedas.

Kenapa kerang? Himmatina mengaku, pilihannya didasari karena kesukaannya terhadap seafood, terutama kerang. “Dulu suka beli kerang di abang-abang yang keliling gitu,” ujarnya.

Dirinya mengaku, usaha ini juga diawali dengan keresahannya terhadap masalah abang-abang kerang. “Dulu pas beli kerang di abang-abang, keliatan gerobaknya agak kotor. Sebelum itu pun saya sudah berpikir untuk membuat usaha jualan kerang. Mau bikin tukang kerang abang-abagn naik kelas,” ungkapnya.

Berangkat dari keresahannya, ia mulai mencoba-coba resep memasak kerang. Akhirnya, ditemukanlah resep untuk membuat Kerang Jeletet Pedas. “Sempat diujicoba ke orang-orang terdekat, dan pada suka. Katanya enak banget. Jadilah aku coba jualan kerang,” jelas Himmatina.

 

Kerang Jeletet Pedas 01

 

Himmatina menjalankan usaha tersebut dari kediamannya di Jalan Haji Gandun, Cilandak, Jakarta Selatan. Kerang Jeletet Pedasnya itu memiliki beberapa varian rasa, seperti Saus Keju, Saus Padang, Saus Barbeque, Saus Seblak.

Setiap hari, rumah produksi Kerang Jeletet Pedas selalu ramai dengan kehadiran ojek online. Karena memang saat ini Himma hanya melayani Delivery Service dan Take Away saja. “Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada abang-abang ojek. Semoga mereka sehat selalu untuk bisa mengantarkan Kerang Jeletet Pedas ke seluruh pelanggan,” ujarnya.

Jika melihat dari postingan di Instagramnya, Kerang Jeletet Pedas selalu sold out. Bahkan, sering full-booked untuk 1-2 hari berikutnya. “Saat ini jumlah pesanan yang diterima masih sangat dibatasi. Hal itu dilakukan mengingat produksinya yang masih dilakukan sendiri,” jelas Himmatina.

Dengan keterbatasan produksi, apakah Himmatina tidak mau menambah tim? “Kita mau banget punya tambahan personel. Tapi mengingat ini masih dirintis, rasanya terlalu gegabah untuk mempekerjakan pegawai sekarang,” jawabnya.

Himmatina yang semasa kuliah juga aktif di UKM LDK Syahid ini mengatakan, ia dan suami masih memantau prospek usaha ini selama 1 bulan ke depan terlebih dahulu, sebelum melakukan ekspansi yang lebih besar. “Jika prospeknya bagus, in syaa Allah kami akan segera membuka perekrutan.”

Ia bercerita, awal ketertarikannya menggeluti bisnis ini disebabkan dirinya yang memang tidak tertarik bekerja kantoran atau lembaga terikat lainnya setelah menikah. “Saya ingin fokus di rumah, karena banyak mimpi yang ingin kami bangun dari rumah.”

Selain itu, suaminya (yang juga alumni UIN Jakarta dan Ketua LDK Syahid) pun menasihatinya untuk mencoba membahagiakan orang tua yang telah memberikan pendidikan hingga selesai S1, yaitu dengan mengaplikasikan ilmu yang diapat selama perkuliahan. “Saya lulus S1 Agribisnis di UIN Jakarta. Maka bisnis ini adalah cara terdekat saya untuk membalas peluh keringat yang dikeluarkan oleh orang tua demi membiayai studi saya.”

 

Kerang Jeletet Pedas 02

 

Banyak komentar positif dari para pelanggan. Seperti yang diucapkan oleh Karima, “Enak sampe ke kuah-kuah. Buat aku yang makan karbonya milih-milih, tertolong banget ada jagungnya.”

Kemudian ada Putri Islamiyati, yang memesan Kerang Jeletet Pedas level 30. “Behhh. Pedesnya mantep banget. Bener-bener pedes! Udah gitu kuahnya enak banget. Bisa dimakan pakai nasi. Hehe.”

Lain lagi dengan Dewi Hana Pertiwi, ia mengaku bahwa kerangnya serasa bikin ketagihan. “Enak banget. Mantap. Bumbunya berasa. Pokoknya gak mau berhenti makan. Bikin nagih!”

 

Kerang Jeletet Pedas 03

 

Hmm.. Kenapa banyak yang suka Kerang Jeletet Pedas ya? “Mungkin yang bikin enak itu paduan rempahnya dan cara memasaknya yang pas,” jawab Himmatina penuh percaya diri.

So, buat temen-temen yang mau pesan Kerang Jeletet Pedas ini, kamu bisa memesannya melalui WhatsApp di nomor 0896-9826-8302. Cek juga Instagramnya @kerang_jeletet. Banyak promo menarik! Seperti Hafizh 30 Juz Bayar Pakai Doa, gratis KJP untuk yang Ulang Tahun, 50 Ribu untuk 2 Pack, Beli 2 Dapet 3, dan lain-lain.

Semoga memotivasi teman-teman UINers sekalian untuk melakukan hal yang serupa ya! Kerang Jeletet Pedas: Rasanya Pass, Pedesnya Yass!

Tags: , , , , , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top
%d blogger menyukai ini: