banner ad Startup UIN

10 Tips Bagi Mahasiswa untuk Berkarya dengan Menjadi Penulis dari Nia Naypril

Hai UINers! Sudah baca Muskurane Bulan April dan kisah perjuangan Nia Naypril dalam melahirkannya? Kali ini, Nia akan berbagi tips bagaimana kita bisa menjadi mahasiswa aktif dengan berkontribusi dalam cipta karya, khususnya tulisan, dan menjadi seorang penulis.

 

10 Tips Bagi Mahasiswa untuk Berkarya dengan Menjadi Penulis dari Nia Naypril 01

 

1 – Kalau kamu benar-benar suka dengan dunia tulis, kamu harus tetap istikamah untuk menulis. Terkadang bagi pemula memang banyak rintangannya, kamu harus mampu keluar dari zona nyamanmu.

2 – Jika “Your Passion” di dunia tulis-menulis, maka teruslah gali dan kembangkan. Jangan ragu. Jika banyak orang-orang yang meragukanmu, dan itu tidak mungkin baginya, maka teruslah berjalan. Jadikan itu sebuah kemungkinan yang positif.

3 – Sebelum kamu menerbitkan buku, kamu bisa membuat Fan Page atau Blog yang berisi cerita buku-bukumu agar bisa dibaca dan direspon oleh pembaca. Dari situ kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan yang harus diperbaiki dalam tulisan. Kamu juga harus membuat akun media sosial, baik Twitter, Instagram, Facebook dan lain sebagainya tentang cerita isi bukumu.

4 – Kalau kamu sedang menulis, maka jangan lupa untuk menulis dengan hati dan pikiran yang positif, dan keikhlasan. Supaya enjoy kamu bisa menulis sambil ditemani cemilan yang kamu suka. Itu akan membangkitkan mood.

5 – Bacalah buku-buku yang kamu sukai. Misalnya kamu ingin menjadi penulis novel, maka kamu harus mempunyai referensi novel. Kamu ingin menjadi penulis inspirator, kamu banyak membaca buku-buku yang menginspirasi dan buku-buku yang memotivasi untuk bisa dijadikan referensi dan membangkitkan semangat diri.

 

10 Tips Bagi Mahasiswa untuk Berkarya dengan Menjadi Penulis dari Nia Naypril 04

 

6 – Menerbitkan buku bukan hal yang sulit dan bukan pula hal yang mudah. Kamu harus menabung untuk jaga-jaga jika ada pengeluaran untuk bukumu. Jika ingin mencapai sesuatu, kita harus totalitas. Semua sudah harus dipersiapkan dengan matang, agar jalannya dan prosesnya juga baik. Terkadang kita berpikir lebih baik lambat tapi pasti. Kenapa kita tidak berpikir cepat tapi pasti? Yang mana itu bisa kita lakukan. Setiap orang bisa melakukannya, tergantung semangat dan pola pikir yang mereka tanam.

7 – Banyak-banyaklah mencari informasi tentang dunia kepenulisan. Kamu bisa mencari informasi dengan teman-temanmu yang sudah sukses, agar bisa membangun semangat dirimu. Kamu bisa mengikuti seminar maupun kegiatan eksternal lainnya untuk menambah pengetahuanmu di dunia tulis-menulis.

8 – Setelah kamu sudah siap untuk menerbitkan buku, carilah informasi dan berbagai ide untuk mempromosikan bukumu. Bisa mulai dari akun media sosial, atau kamu bisa buat book trailer. Buat acara jumpa penulis di sekitar lingkungan kampusmu, dan rajin-rajinlah share tentang bukumu di akun media sosial. Banyak hal yang bisa dilakukan, kamu hanya perlu membuat ide semenarik mungkin.

9 – Jangan lupa untuk tetap rendah hati. Banyaklah bersedekah agar rezeki kita lancar dan semua dimudahkan. Jangan pernah menyerah dengan kerasnya dunia ini, lakukan semuanya dengan ikhlas. Tetaplah menjadi orang yang sejuk di tempat panas, tetaplah jadi orang yang manis meskipun di tempat yang pahit dan tetaplah merasa kecil ketika sudah menjadi besar.

10 – Jangan lupa untuk selalu berdoa yang terbaik. Sertakan Allah dalam setiap perjalananmu. Ia akan jadi keberkahan dan penyejuk hati kita di setiap langkah. Itulah yang saya temukan selama belajar menjadi mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

10 Tips Bagi Mahasiswa untuk Berkarya dengan Menjadi Penulis dari Nia Naypril 02

 

Oke kawan-kawan muda, jadilah mahasiswa yang bukan hanya berprestasi ya! Jadilah aktif, siap berkontribusi dan menginspirasi kawan lainnya untuk terus maju, berkembang dan berkarya!

Buat kamu yang ingin memiliki buku Muskurane Bulan April, silakan kirimkan Nama Lengkap, Alamat Lengkap, Nomor Telepon, dan Jumlah Buku yang dipesan ke nomor 0852-3013-1211. Harga, Rp46.000,00.

Tags: , , , , ,

About the Author

Tentang Kresna Widyasti:
Alumni : Youth Entrepreneur Symposium Singapore 2017 | Jambore Kebangsaan & Kewirausahaan 2017 | Intercultural Friendship from Indonesia to Vietnam 2017

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top