banner ad Startup UIN

Dies Natalis 50 Tahun UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Yang nulis on di Event Internal Kampus, News, UIN Bandung | Apr 14, 2018 | 0 Komentar

Dies Natalis UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang ke-50 sukses digelar pada Selasa, 10 April 2018 dengan tema “Bersinergi Membangun Peradaban Bangsa.” Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Kementrian Agama RI, dan Ketua IKA UIN SGD Bandung Reni Marlinawati serta seluruh Sivitas Akademika UIN SGD Bandung.

 

Dies Natalis 50 Tahun UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2)

 

Sidang Senat Terbuka Dies Natalis UIN SGD Bandung diawali dengan pemutaran sejarah berdirinya kampus (IAIN SGD Bandung). Hal ini jelas membuka mata kita bahwa berdirinya UIN SGD Bandung tidak semudah membalikkan telapak tangan. UIN SGD Bandung merupakan hasil perjuangan tokoh ulama di Jawa Barat, yakni KH Anwar Musaddad, KH A Muiz Sudja’i dan Arthata. Sunan Gunung Djati, yang menjadi nama UIN Bandung, merupakan salah satu wali sanga dari Jawa Barat yang bernama asli Syarif Hidayatullah.

IAIN SGD Bandung berubah menjadi UIN SGD Bandung pada tahun 2005. Perubahan ini didasarkan pada persiapan untuk menghadapi era kemajuan sains dan teknologi serta globalisasi. Sivitas akademika IAIN SGD Bandung sangat mengapresiasi pengembangan IAIN dari institut menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) yang mencakup bukan hanya fakultas-fakultas agama, tetapi juga fakultas-fakultas umum.

 

Dies Natalis 50 Tahun UIN Sunan Gunung Djati Bandung (1)

 

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa prestasi UIN SGD Bandung semakin hari semakin maju. Saat ini UIN SGD Bandung menduduki peringkat ke-4 sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik dan peringkat ke-2 sebagai PTKIN yang produktif dalam penulisan jurnal dan karya tulis di Indonesia. UIN SGD Bandung juga menjadi bagian dalam daftar 140 Perguruan Tinggi Terbaik se-Indonesia.

Selain itu Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin beserta Kepala Kementerian Agama RI turut mengucapkan Selamat kepada UIN SGD Bandung atas pencapaiannya hingga usia yang ke-50 tahun ini.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk UIN Bandung yang ke-50 tahun, di mana saat ini sudah semakin tua.” Pungkas Kepala Kementerian Agama RI, di akhir orasi ilmiahnya.

 

Dies Natalis 50 Tahun UIN Sunan Gunung Djati Bandung (3)

 

Di penghujung acara, dibacakan pengumuman penghargaan rektor bagi dosen dan mahasiswa berprestasi dari berbagai fakultas. Salah satu peraih penghargaan Dosen Berprestasi, N Kardinah mengungkapkan bahwa ia sangat bersyukur dengan peraihannya ini dan keyakinanlah yang menjadi kuncinya.

Begitu pun dengan peraih penghargaan Mahasiswa Berprestasi, Widiantoro. Ia mengaku amat senang dan tidak pernah disangka sebelumnya dapat menjadi salah satu mahasiswa berprestasi. “Yang pasti senang sekali. Awalnya gak nyangka karena baru dikasih tahu tadi malam. Saya kira bohong. Bersyukur dan senang banget,” tuturnya saat ditemui seusai acara di Gedung Aula Anwar Musaddad.

Dirgahayu UIN Sunan Gunung Djati yang ke-50! Semoga dapat selalu bersinergi membangun peradaban bangsa dan mampu menciptakan lulusan yang berakhlakul karimah. Bravo UIN-ku!

Tags: , ,

About the Author

Tentang tasya augustiya:
Namaku Tasya Augustiya, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jurusan Psikologi dari Fakultas Psikologi, Angkatan 2017.

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top