banner ad Startup UIN

Niya Naypril dan Muskurane Bulan April

Hai good people, rekan-rekan setia pembaca uincommunity.com! Kali ini Nia Listiani Aprilliani (Nia Naypril) akan berbagi kepada rekan-rekan, bagaimana Nia bisa memulai karier menjadi seorang penulis sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, hingga menerbitkan buku Muskurane Bulan April.

Jangan lupa baca artikel ini dengan bahagia, hati dan pikiran yang positif. Semua asa (mimpi) dilakukan dengan perjuangan, tapi jangan lupa untuk selalu tersenyum bahagia.

 

Niya Naypril dan Muskurane Bulan April 04

 

29 Maret 2018 lalu akhirnya buku Nia terbit. Berjudul, Muskurane Bulan April. Banyak yang mengajukan pertanyaan apa arti dari judul buku tersebut. Nia adalah pencinta film India. Muskurane dalam bahasa India artinya tersenyum. Bulan april, adalah hari istimewa kelahiran Nia. Isi dari Muskurane Bulan April adalah love and motivation quotes.

Nia menulis buku ini untuk dunia pendidikan. Dunia di mana Nia bisa melakukan kunjungan sekolah dengan penyuluhan, dan kegiatan-kegiatan talkshow untuk dapat membangkitkan motivasi dan inspirasi bagi remaja, serta cinta. Dari sisi yang lain, dengan menulis buku ini Nia berharap agar dapat menginspirasi bagi siapa saja untuk terus maju dan berkembang menjadi orang yang sukses sesuai passionnya.

 

Niya Naypril dan Muskurane Bulan April 01

 

Banyak yang bertanya mengapa Nia bisa menjadi penulis di usia semua ini. Semua berawal dari asa (mimpi) dan passion, “Your Passion.”

Banyak sekali rintangan yang Nia hadapi dalam menulis buku ini. Banyak yang mengatakan itu tidak mungkin. Bahkan ada teman yang menjauhi Nia karena mimpi yang begitu tinggi. Namun itu semua tidak masalah bagi Nia. Manusia harus tetap berusaha dan berikhtiar sambil berdoa. Biarlah hasilnya ditentukan oleh Allah SWT .

Nia tetap menjadi diri sendiri, “Your Self.” Nia yakin bahwa Nia mampu, “Your Believe.” Ada Allah SWT yang akan membimbing setiap hamba-Nya. Hanya satu yang menjadi keyakinan Nia dan itu berlaku hingga hari ini, ialah bahwa semua asa (mimpi) itu merupakan bentuk rasa syukur untuk melanjutkan pendidikan yang lebih baik dan menata masa depan dengan jalan yang diridai-Nya.

Terkadang, malas dan lelah, adalah yang meredupkan mimpi kita. Malas bangun pagi atau bosan dan jenuh akan kehidupan yang saat ini kita lakukan. Begitulah mahasiswa. Kemudian Nia berpikir, bahwa mimpi itu harus diraih,  bukan menjadi sekedar angan atau khayalan belaka. Jangan hanya mudah menjadi pemimpi handal, atau membuat konsep. No, kita harus melakukannya, “The Action.”

Nia selalu mengatakan bahwa kesuksesan kita lahir dari sebuah proses. Apapun yang ingin kita capai harus melalui proses, tidak ada yang instan. Menulis bukanlah hal yang sulit, tetapi hal yang mudah dilakukan jika kamu terus ingin melakukannya, menyukainya dan mencintainya. Sesuai dengan passion yang kamu suka, kamu bisa maju dan berkembang sesuai dengan passionmu, “Your Passion.”

Ketika Nia menulis lembar demi lembar buku, Nia menulis dengan semangat. Nia memang menyukai dunia tulis-menulis. Nia berpikir, mengapa tidak dikembangkan saja? Nia cukup berusaha dan berdoa, biarlah Allah SWT yang memberi jalan-Nya. Selama liburan semester 3 Nia luangkan waktu untuk menulis. Nia menulis di pagi dan sore hari, dengan cemilan biskuit dan teh hangat yang menemani.

Sebelum Nia menjadi seorang penulis, banyak kisah haru, sedih maupun senang yang Nia alami. Setelah lulus Madrasah Aliyah Negeri 14 di Jakarta Timur, Nia tidak diperbolehkan untuk melanjutkan pendidikan oleh Ayah Nia karena keadaan ekonomi saat itu. Alhamdulillah, Allah SWT membimbing Nia dan memberi jalan melalui tes Beasiswa Bidikmisi UIN Jakarta 2016. Alhamdulillah Nia lolos dan akhirnya bisa melanjutkan kuliah.

Semester 1, 2 dan 3 Nia banyak belajar proses menjadi mahasiswa yang mandiri. Terkadang muncul dalam benaknya, apa yang bisa Nia lakukan sebagai seorang mahasiswa? Apa yang bisa Nia berikan untuk Indonesia dalam sebuah karya? Mampukah? Pada saat itu Nia senang membaca berbagai buku yang isinya membangun, yaitu buku-buku motivasi. Ketika galau, Nia suka baca buku yang menginspirasi dan membangkitkan semangat.

 

Niya Naypril dan Muskurane Bulan April 03

 

Dalam acara Student Achievement Awards 2017, Nia bertemu dengan Direktur Penerbit Dapur Bukumu. Dari sanalah Nia berbincang dengannya, sehingga bisa menerbitkan Muskurane Bulan April. 

Untaian kata yang indah dan inspiratif dapat memberikan motivasi dan makna yang positif terhadap kenyataan yang dihadapi atau kejadian yang ada di sekitar kita. – Neneng Tati Sumiati, M.Si., Dosen Psikologi Kepribadian Fakultas Psikologi UIN Jakarta

 

Niya Naypril dan Muskurane Bulan April 02

 

Buat kamu yang ingin memiliki buku Muskurane Bulan April, silakan kirimkan Nama Lengkap, Alamat Lengkap, Nomor Telepon, dan Jumlah Buku yang dipesan ke nomor 0852-3013-1211. Harga, Rp46.000,00. Selamat membaca!

Tags: ,

About the Author

Tentang Kresna Widyasti:
Alumni : Youth Entrepreneur Symposium Singapore 2017 | Jambore Kebangsaan & Kewirausahaan 2017 | Intercultural Friendship from Indonesia to Vietnam 2017

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top