banner ad Startup UIN

Sholihatunnisa: Merokok di Tempat Umum Mengganggu Orang Lain

Assalamualaikum, UINers! Kamu tau kan, bahwa rokok sudah menjadi permasalahan global yang memprihatinkan? Apalagi di Indonesia. Masih butuh perjuangan untuk terbebas dari jerat industri rokok! 85% sekolah di kota besar, dikelilingi iklan rokok. Beasiswa terkait industri rokok, masih tersedia di banyak kampus. Bahkan Indonesia jadi satu-satunya negara di ASEAN yang masih memperbolehkan iklan, promosi dan sponsor rokok di berbagai media.

 

Sholihatunnisa Merokok di Tempat Umum Mengganggu Orang Lain 1

 

Tapi tenang, kita masih punya stok anak muda yang mau berjuang menghadapi itu semua. Kali ini, kita akan kenalan sama salah satu pendukung gerakan #KampusTanpaRokok dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sholihatunnisa Nur Maulid alias Atun! Nah kemarin ini Atun sempet ngeshare kuesioner penelitiannya terkait gambaran regulasi emosi pada perokok pasif. Akhirnya jadi sekalian deh ngobrolin terkait pengendalian tembakau. Hehe.

Bagi Atun, asap rokok itu bikin sesak dan bau. Apalagi kalo ada yang merokok di tempat umum. Duh, ganggu banget! “Paling gak suka sama yang sembarangan merokok di kendaraan umum. Bau rokoknya sampe nempel ke pakaian! Udah dikode dengan nutup hidung, batuk dan buka jendela, tetap aja gak peka.”

Atun punya pesan nih buat para perokok aktif, “Harap memiliki kesadaran, bisa melihat situasi dan kondisi kalau mau merokok.”

Bener banget ya apa kata Atun. Merokok di tempat umum itu sangat mengganggu orang lain. Kan kasihan ya teman-teman yang ingin menghirup udara tanpa asap rokok.

“Kemudian buat teman-teman non-perokok, harus berani menegur perokok yang memang mengganggu orang lain, baik itu di lingkungan kampus, atau di Kawasan Tanpa Rokok lainnya.” Tentunya, tegur dengan baik dan sopan ya!

FYI, Kampus Tanpa Rokok adalah gerakan yang bertujuan menyadarkan sivitas akademika dan masyarakat bahwa kampus adalah #KawasanTanpaRokok. Kawasan Tanpa Rokok adalah lingkungan atau area yang tidak diperbolehkan untuk merokok, menjual, memproduksi serta melarang segala bentuk iklan, promosi dan sponsor rokok.

Hal tersebut sudah ditetapkan melalui UU Kesehatan No. 36 Th. 2009 dan Peraturan Pemerintah No. 109 Th. 2012, lho.Maka apabila kampus sudah ditetapkan sebagai Kawasan Tanpa Rokok, harusnya gak ada tuh kantin kampus yang jual rokok, orang yang merokok sembarangan di kampus, dan keterlibatan kampus dengan beasiswa atau bentuk kerja sama lainnya dengan industri rokok.

 

Sholihatunnisa Merokok di Tempat Umum Mengganggu Orang Lain 2

 

So, sebagai langkah awal, buat kamu yang mau ikutan kayak Atun, bisa juga pasang frame Kampus Tanpa Rokok yang dapat diunduh di bit.ly/KampusTanpaRokok

Oiya, buat kamu yang punya tugas kuliah yang mengharuskan ngisi kuesioner, bisa banget share ke kita. Nanti kita bantu broadcast di LINE@ dan kita update di media sosial ^_^

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top